Wisata Ngawi Paling Populer yang Menarik dan Unik

Wisata Ngawi Paling Populer yang Menarik dan Unik

Rekomendasi 10 tempat wisata Ngawi terpopuler dan menarik serta unik. Sebagian hanya ada di kabupaten Ngawi.

Ngawi ialah sebuah kabupaten yang berada di bagian barat Provinsi Jawa Timur, Indonesia dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Dengan luas wilayah 1.298.58 kilometer persegi, Ngawi dianugerahi dengan pesona alam yang eksotis yang tentunya menjadi nilai jual untuk mendatangkan wisatawan.

Seperti di kabupaten lain nya di Pulau Jawa, Kabupaten Ngawi juga banyak memiliki tempat wisata menarik dan populer untuk dikunjungi.

Di tempat wisata kabupaten Ngawi kamu dapat menikmati keindahan Air Terjun Pengantin, mengunjungi situs Purbakala Trinil atau mengunjungi Benteng Van Den Bosch peninggalan Belanda yang masih berdiri megah hingga sekarang.

Berikut ini akan dibahas 10 tempat wisata paling populer di Ngawi yang dapat kamu kunjungi dan nikmati keindahannya bersama teman atau keluarga saat berlibur ke Kabupaten Ngawi.

Kunjungi juga Wisata Museum Terbaik di Indonesia.

Daftar Isi

    Museum Situs Purbakala Trinil

    Tempat wisata paling populer di Ngawi yang dapat kamu kunjungi ialah Museum Situs Purbakala Trinil yang berada di lembah sungai Bengawan Solo.

    Situs ini merupakan hunian manusia purba sejak zaman Pleistosen sekitar 1 juta tahun yang lalu.

    wisata ngawi Museum Situs Purbakala Trinil

    Trinil ialah situs purbakala paleoantropologi Indonesia yang terletak di Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

    Situs yang ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 saat ini dijadikan Museum Trinil dengan koleksi berbagai macam fosil.

    Fosil tersebut diantaranya:

    • Tengkorak Pithnecantrophus
    • Ttulang rahang bawah macan purba (felis trigis)
    • Gading dan gigi geraham atas gajah purba (stegodon trigonocephalus)
    • Tanduk banteng purba (bibos palaesondaicus)

    Situs Purbakala Trinil dibangun dan diprakasi oleh Prof. Teuku Jacob, seorang ahli antropologi ragawi dari Universitas Gajah Mada.

    Tempat wisata ini layak untuk kamu kunjung bersama keluarga saat berkunjung ke Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

    Mengunjungi Situs Purbakala Trinil kamu dan keluarga tidak hanya berwisata tapi juga belajar dan menambah wawasan mengenai manusia purba.

    Air Terjun Pengantin

    Tempat wisata air terjun Pengantin ialah salah satu tempat wisata Ngawi yang belum banyak dikenal luas oleh wisatawan.

    Air Terjun Pengantin yang berada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe merupakan salah satu air terjun unik di Jawa Timur.

    Air Terjun Pengantin

    Lokasi.

    Destinasi wisata air terjun Pengantin ini terbentuk dari aliran sungai lahar Gunung Lawu sementara yang lainnya merupakan sumber mata air setempat.

    Sepasang air terjun yang mengalir deras kebawah setinggi 12 meter ini akan mendamaikan hati kamu apalagi saat penat menyerang.

    Selain dapat menikmati kesegaran air terjun Pengantin, kamu juga bisa mampir ke area hijaunya perkebuna teh Jamus dan Gua Jepang yang menjadi ikon wisata Ngawi.

    Kunjungi juga: Taman Nasional Baluran.

    Air Terjun Srambang

    Berlokasi di kaki Gunung Lawu, Kecamatan Jogorogo, kamu bisa melihat kemegahan air terjun Srambang setinggi 25 meter.

    Dengan suasana pegunungan berhawa sejuk dan dingin yang akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.

    Air Terjun Srambang

    Kamu bisa berenang dan bermain air atau hanya sekedar duduk-duduk santai dipinggiran untuk menikmati aroma alam yang menyegarkan pikiran.

    Perkebunan Teh Jamus

    Tempat wisata cenderung ramai saat liburan atau pun akhir pekan. Tempat yang satu ini bisa dijadikan alternatif buat kamu yang ingin berlibur dengan kondisi yang tenang.

    Perkebunan Teh Jamus

    Berlokasi di Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, perkebunan teh Jamus bisa membuat kamu yang datang kesini merasakan kedamaian dan ketenangan jiwa.

    Hal ini dikarenakan udara di tempat ini berhawa sejuk dan tenang jauh dari hiruk pikuk keramaian.

    Selain bisa menikmati panorama indah perkebunan teh, di perkebunan teh Jamus ini juga terdapat kolam pemandian yang tentunya menarik sekali untuk kamu coba.

    Gunung Liliran

    Tempat wisata Gunung Liliran merupakan wisata sejarah yang populer bagi masyarakat Jawa.

    Di tempat ini setiap bulan Muharam (Syura) selalu didatangi oleh para peziarah ke puncak bukit pada siang dan malam hari.

    Gunung Liliran

    Sebagian mereka yang datang bersemedi di beberapa gua dan sebagian lainnya datang berziarah ke Makam Joko Buduk.

    Selain sebagai tempat berziarah, di tempat ini kamu juga akan disuguhkan dengan panorama indah berupa pesawahan dan sungai-sungai yang meliuk ke arah utara menuju Sungai Bengawan Solo.

    Benteng Van Den Bosch

    Tempat wisata Benteng van Den Bosch yang lebih dikenal dengan sebutan Benteng Pendem ialah salah satu situs sejarah peninggalan Belanda.

    Tempat ini digunakan sebagai benteng strategi Benteng Steesel dalam upaya mempersempit ruang gerak Pangeran Diponegoro dalam perang gerilya.

    wisata ngawi Benteng Van Den Bosch

    Benteng yang terletak di Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi memiliki ukuran 165 meter x 80 meter dengan luas sekitar 80 hektar.

    Sekarang ini tempat wisata Benteng van Den Bosch terbuka untuk umum dan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Ngawi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

    Air Terjun Watu Jonggol

    Pesona wisata Ngawi yang eksotis lainnya yang dapat kamu kunjungi ialah air terjun Watu Jonggol. 

    Untuk mengunjungi air terjun ini, kamu harus melewati jalan pedesaan dimana kanan dan kiri jalannya sebagian besar ialah persawahan dan perkebunan.

    Kamu juga harus menyelusuri lereng Gunung Lawu yang kondisi jalannya agak sedikit curam dan terjal.

    Tetapi selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang eksotis dengan melewati sederetan batu yang tertata alami dan artistik.

    Seperti keluar dari permukaan tebing dengan air terjun yang mengalir deras kebawah yang terlihat begitu indah untuk dinikmati.

    Selondo Village

    Destinasi wisata Selondo Village ialah salah satu tempat wisata Ngawi yang berada di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

    Di Tempat wisata seluas 3 hektar ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti:

    • Tempat pertemuan
    • Kolam renang
    • Restoran

    Berbagai macam kios yang menjajakan hasil kerajinan masyarakat Ngawi termasuk hasil agrobisnis.

    Hargo Dumilah

    Dapatkan suasana yang asri di Hargo Dumilah yang berada di lereng utara Gunung Lawu atau tepatnya berada di Desa Setono, Kecamatan Ngrambe sekitar 30 kilometer dari pusat kota Ngawi.

    Keindahan pohon jati yang berjejer di tepi kolam akan menambah anggunnya suasana kolam pemandian Hargo Dumilah.

    Dengan latar belakang Gunung Lawu dan areal persawahan, kamu akan mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dari alam yang natural.

    Pastinya akan memberikan nuansa tersendiri bagi kamu dan keluarga saat berkunjung ke tempat ini.

    Waterpark Tirtonirmolo

    Tempat wisata Waterpark Tirtonirmolo terletak di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi.

    Waterpark Tirtonirmolo yang diresmikan pada tahun 2012 ini memiliki wahana yang cukup komplit untuk kamu dan keluarga kunjungi.

    wisata ngawi Waterpark Tirtonirmolo

    Waterpark Tirtomolo Ngawi ini menawarkan wahana kolam renang seluncur, kolam renang laba-laba, kolam renang anak, Bom-bom boat, kolam renang mancur kabut, taman air serta ember tumpah.

    Selain memiliki wahana air, Waterpark Tirtonormola juga dilengkapi dengan kereta Ganrung (Mono Rail), becak family, kereta family, Bom-bom Car, Bianglala, Motor ATV dan banyak lagi yang lainnya.

    Dengan tiket seharga 12.500 – 15.000/orang, tempat wisata Waterpark Tirtonirmolo ini layak untuk Kamu kunjungi saat berlibur ke Kota Ngawi, Jawa Timur.

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar