Wisata Gunung Bromo, si Gagah yang Mempesona

Wisata Gunung Bromo, si Gagah yang Mempesona

Wisata Gunung Bromo masuk di provinsi Jawa Timur. Gunung yang masih aktif ini memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan berada dalam empat wilayah kabupaten.

Diantaranya wilayah Kabupaten Probolinggo, yang kedua masuk ke dalam wilayah kabupaten Pasuruan, yang ketiga gunung ini masuk kedalam wilayah kabupaten Lumajang serta yang terakhir gunung ini masuk kedalam wilayah kabupaten Malang.

Masyarakat Jawa Timur kebanyakan mengetahui tentang wisata Gunung Bromo.

Gunung yang sangat terkenal ini masuk dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Gunung Bromo terkenal dengan lautan pasirnya yang sangat luas mencapai sekitar 10 kilometer persegi.

Daftar Isi

    Spot Menarik di Wisata Gunung Bromo

    Mengingat area yag sangat luas, Gunung bromo memiliki banyak hal yang bisa dinikmati untuk melepas penat.

    Savana

    Selain wisata Tengger yang terkenal di Gunung Bromo, kita juga bisa menikmati padang savana dan bukit Teletubbiesnya serta tidak ketinggalan keindahan sunrise yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

    Padang rumput savana yang sangat luas di kawasan Gunung Bromo memanjakan mata para wisatawan. Sejauh mata memandang yang terlihat hanya hamparan rumput hujau yang indah.

    savana gunug bromo

    Waktu terbaik untuk mengunjungi Padang Savana adalah diantara Januari sampai bulan Juli. Karena pemandangannya akan kelihatan sempurna sekali hal dikarenakan Jawa Timur masih terkena musim penghujan.

    Sehingga rerputan yang ada dikawasan ini akan terlihat hijau semua. Ini sangat kontras sekali apabila kita datang kesana pas usim kemarau.

    Di musim kemarau rumput-rumput akan kelihatan kering malah biasanya ada yang sengaja dibakar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    Kunjungi juga Taman Nasional Baluran.

    Bukit Teletubbies

    Dinamakan Bukit Teletubbies karena bukit ini menyerupai perbukitan di film anak-anak Teletubbies.

    Di bukit ini terdapat berbagai macam pohon ilalang, tumbuhan pakis, lavender serta rerumputan.

    Bukit Teletubbies

    Kalau dilihat seperti kawasan puncak di daeraklh Skotlandia.

    Disini juga dilengkapi fasilitas lengkap diantara area untuk camping ground, menunggang kuda maupun untuk outbond.

    Memburu sunrise

    Sedangkan untuk menikmati sunrise di kawasan puncak Gunung Bromo spot yang paling menarik adalah di Bukit Cinta.

    Untuk naik menuju ke kawasan ini, sebelumnya kamu harus menaiki anak tangga yang jumlahnya sekitar 250 buah anak tangga. Jangan khawatir karena anak tangga ini tidak melelahkan.

    Usahakan kita harus sampai di Bukit Cinta pagi sekali. Sehingga tidak akan melewatkan sedetikpun ketika matahari mulai menyemburat keluar.

    Setelah menikmati keindahan sunrise, pelan-pelan awan mulai kelihatan. Seperti lautan bantal yang luas sekali.

    Hamparan warna putihnya membuat kita semakin bersukur betapa Allah Maha Besar dan Maha segala-galanya.

    Pemandangan seperti ini jelas merupakan suatu kemewahan bagi para pengunjungnya. Hal ini membuat kita ingin kembali lagi untuk menikmatinya.

    Tidak akan pernah menyesal jauh-jauh ke kawasan wisata Gunung Bromo. Karena keindahan pemandangannya sangat sebanding dengan tenaga yang kita keluarkan.

    Lelah dan penat akan tergantikan apabila sudah sampai dikawasan puncak Bromo. Yuuk mari teman kita ke kawasan puncak Gunung Bromo… Lets go!!

    sunrise wisata gunung bromo

    Sejarah

    Gunung Bromo ini telah mengalami erupsi berkali-kali. Letusan yang terbesar terjadi sekitar tahun 1974. Dan letusan yang terakhir sekitar tahun 2015.

    Disebut sebagai gunung suci oleh masyarakat suku Tengger. Oleh karena itu mereka juga menyebutnya dengan Gunung Brahma.

    Kebanyakan orang Jawa populer dengan sebutan Gunung Bromo. Nama Tengger bermula dari cerita percintaan yang fenomenal.

    Cerita antara seorang laki-laki yang bernama Joko Seger dan seorang perempuan yang memiliki nama Roro Anteng.

    Teng’ akhiran dari Roro Anteng dan ‘Ger’ sendiri berasal dari Joko Seger. Digabungkan menjadi Tengger.

    Sudah lama sekali dalam setahun diadakan acara tradisi Kasada. Kawah Gunung bromo adalah tempat di adakannya upacara tersebut.

    Kisah cerita upacara Kasada adalah kisah antara sworang lelaki yang bernama Joko Seger dan seorang perempuan yang cantik bernama Roro Anteng.

    Pada awalnya mereka berdua hidup rukun dan damai di kawasan Tengger. Namun sayang kehidupan mereka tidak juga dikaruniai anak.

    Oleh karena itu mereka lalu bersemedi naik keatas puncak Gunung Bromo untuk meminta agar segera dikaruniai keturunan.

    Secara tidak sengaja mereka berdua mendengar ada yang bersuara yang mengatakan bahwa anak terakhir yang akan mereka miliki harus di korbankan di Gunung Bromo.

    Pasangan Joko Seger dan Roro Anteng pun dikaruniai 25 orang anak.Sebagai orang tua, mereka tidak tega apabila anaknya ada yang dikorbankan.

    Akhirnya mereka mengingkari janjinya. Karena itu sang Dewa marah. Akhirnya terjadi malapetaka yang sangat besar di kawasan Gunung Bromo.

    Pada saat terjadi malapetaka, putranya yang bernama Kusuma lenyap. Tiba-tiba Kusuma terkena api sehingga ia ditarik menuju kawah Gunung Bromo.

    Pada saat bersamaan terdengarlah suara ghaib yang menyatakan bahwa masyarakat Tengger harus selalu memohon kepada Sang Hyang Widi agar hidupnya damai, aman dan tenteram.

    Sampai sekarang masyarakat Tengger pun masih melakukan upacara Kasada setiap tahun untuk memyembah Sang Hyang Widi.

    Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo

    Untuk sampai di kawasan Gunung Bromo,pengunjung dikenakan membayar tiket seharga Rp 29.000 ini naik per 1 Juli 2019. Dari yang tadinya Cuma membayar Rp 27.500.

    Sedangkan untuk wisatawan mancanegara tiket masuknya Rp 210 ribu di hari kerja. Dan Rp 310 ribu di hari libur.

    Tarif diatas sudah termasuk premi asuransi kecelakaan jiwa dari PT Asuransi Jiwa Syariah Amanah Sejahtera Jiwa Giri Artha.

    Jadi tarif masuk yang naik hanya berlaku untuk wisatawan lokal saja.

    Naiknya premi asuransi ini karena banyaknya wisatawan yang meninggal, jadi dengan kenaikan tarif ini maka wisatawan yang terkena musibah maka jumlah santunan yang diberikan akan naik.

    Kawasan puncak Bromo dibuka setiap hari selama 24jam, kecuali pada saat nyepi.

    Saat merayakan nyepi, hotel-hotel dikawasan Bromo tetap buka seperti biasa. Tetapi wisatawan tidak diperbolehkan naik keatas puncak Bromo ataupun menuju kaldera.

    Kawasan Gunung Bromo juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk wisatawan yang mau ginap.

    Disini terdapat berbagai tipe penginapan dan homestay. Pengunjung juga dapat memyewa Jeep ataupun kuda untukenikmatai kawasan wisata Gunung Bromo.

    Jangan khawatir penginapan disini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ini sangat memanjakan para wisatawan untuk lebih berlama-lama di kawasan Gunung Bromo.

    Kunjungi juga Gunung Tangkuban Perahu.

    wisata gunung bromo

    Rute Perjalanan Wisata Gunung Bromo

    Kita boleh memilih dari 4 jalur pendakian yang ada apabila ingin mendaki Gunung Bromo. Jalur yang pertama masuk dari arah barat melalui Pasuruan.

    Google maps.

    Masuk melalui desa Tosari untuk menuju kaldera (lautan pasir). Medan yang sulit hanya bisa dilewati oleh kendaraan Jeep.

    Ini karena medannya cukup berat. Tapi jangan khawatir untuk menuju kaldera ini kita bisa menyewa kendaraan Jeep yang telah disediakan.

    Jalur yang kedua ini,kamu bisa melewati pintu utara yang arahnya sebelum kamu memasuki kota Probolinggo. Melewati daerah Tonggas dan menuju ke desa Cemoro Lawang.

    Jalur selanjutnya bisa juga lewat kota Malang. Kamu akan sampai ke daerah Pronojiwo melewati Tumpang. Apabila melewati jalur ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah.

    Perjalanan ke arah utara, kita akan menemui lautan pasir Bromo yang sangat luas.

    Sedangkan jalur terakhir yang dapat kita lewati adalah dengan mengitari Gunung Bromo selama kurang lebih 3 jam. Jalur ini bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

    Apabila melewati jalur ini diusahakan siang hari dan dalam kondisi tidak berkabut. Hal ini disebabkan karena pada jalur ini jarang sekali ada rumah-rumah penduduk.

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar