Rekomendasi 11 Tempat Wisata di Wonogiri yang Menarik untuk Dikunjungi

Rekomendasi 11 Tempat Wisata di Wonogiri yang Menarik untuk Dikunjungi

Pada artikel ini akan dibahas berbagai macam daftar tempat tempat wisata di Wonogiri. Yuk simak ulasan dan informasinya di bawah ini.

Kabupaten Wonogiri ialah bagian dari wilayah Provinsi Jawa Tengah. Terletak di bagian selatan dari kota Solo serta berbatasan langsung dengan samudera Hindia.

Wonogiri menawarkan berbagai pesona dan destinasi wisata yang cukup menarik dan harus dikunjungi.

Selain berbatasan dengan daerah yang kaya akan destinasi wisata seperti Solo, Wonogiri juga bersebelahan wilayah dengan Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Ponorogo, Pacitan, Magetan, dan Gunung Kidul.

Berbatasan dengan daerah-daerah tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi berbagai daerah di Wonogiri terutama akses ke tempat wisata.

Pantai Nampu

Dengan karakteristik pasir putih dan bebatuan karang yang indah, pantai Nampu merupakan destinasi yang wajib dikunjungi oleh pengunjung saat berkunjung ke Wonogiri.

pantai nampu wonogiri

Pemandangan sekitar pantai juga tak kalah menawannya. Angin khas pantai juga menjadi keunggulan tersendiri di pantai yang berlokasi di Kecamatan Paranggupito ini.

Lokasi Pantai Nampu klik disini.

Pantai ini cukup asri karena belum begitu tersentuh olah banyak wisatawan.

Jadi tak ada salahnya bila akhir pekan atau waktu liburan kamu  meluangkan waktu mengunjungi pantai ini.

Untuk akses menuju pantai ini juga terbilang mudah. Kamu bisa menggunakan bis umum yang menuju Kecamatan Paranggupito.

Waduk Gajah Mungkur

Wonogiri memiliki salah satu waduk yang sangat popular . Tempat wisata Waduk Gajah Mungkur ini telah lama dibangun yaitu pada tahun 1970.

Luas waduk sekitar 8.800 hektar. Selain  dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian, waduk Gajah Mungkur bahkan dijadikan lokasi favorit para wisatawan.

Waduk Gajah Mungkur wonogiri

Lokasi dan rute klik diisni.

Untuk akses menuju waduk ini tak terlalu jauh. Dari kota Wonogiri para pengunjung hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km ke lokasi wisata yaitu waduk Gajah Mungkur.

Waduk ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tak hanya sampai di situ pengunjung juga bisa menikmati hasil ikan yang terdapat di waduk ini.

Air Terjun Setren Girimanik

Wonogiri juga mempunyai potensi wisata air terjun yang tak kalah dengan daerah lain.

Terdapat air terjun Setren yang menjadi destinasi favorit para pengunjung di kala akhir pekan maupun saat musim liburan tiba.

Air Terjun Girimanik

Lokasi klik disini.

Pemandangan di tempat ini akan memukai pengunjung dengan paduan air terjun nan indah.

Air terjun tersebut berlokasi di desa Setren, Kecamatan Slogohimo. Untuk akses menuju objek wisata ini harus menempuh jarak sekitar 30 km dari kota Wonogiri tepatnya menuju ke arah timur.

Umumnya  air terjun Setren akan dipadati pengunjung setiap harinya, namun akhir pekan ialah  waktu kunjungan terpadat.

Kunjungi juga: Coban Talun Perpaduan Air Terjun dan Kawasan Perkemahan.

Curug Binangun Watu Jadah

Selain air terjun Setren, Wonogiri masih punya tempat wisata menarik yaitu air terjun Binangun Watu Jadah.

Curug Binangun Watu Jadah

Lokasi klik disini.

Hanya saja tempat wisata ini tersembunyi karena akses menuju lokasi yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan jauh tentunya.

Para pengunjung yang ingin menuju ke air terjun Binangun Watu Jadah harus menempuh perjalanan kaki selama 1 jam dan harus melewati persawahan dan perbukitan di sekitar gunung Lawu.

Lokasi air terjun ini berada di desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurmo. Pemandangan dan semburan dingin air di tempat wisata ini akan menjadi obat setelah menempuh jarak dan waktu yang cukup lama.

Goa Putri Kencono

Tempat wisata di Wonogiri yang menjadi wisata unggulan ialah  Goa Putri Kencono.

Goa ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Karakter utama goa ini ialah  memiliki banyak stalagmid dan stalagtid yang terdapat di sepanjang goa.

Luas goa yang memiliki nama Putri Kencono ini sekitar 1000 m2. Tempat wisata Goa Putri Kencono terdapat di Kecamatan Pracimantoro yang berjarak sekitar 40 km bila dilalui dari kota Wonogiri.

Para pengunjung bisa menikmati keunikan goa dengan ciri khas batu-batu menggantung.

Kunjungi juga: 9 Tempat Wisata Wonogiri yang Bisa kamu Kunjungi Saat Liburan.

Papan Luncur Gantole

Bagi para pengunjung yang menyukai tantangan ketinggian maka tempat wisata di Wonogiri yang bernama wahana papan luncur di bukit Gantole layak dicoba.

Arena wisata ini cukup menantang dan sangat menguji nyali serta adrenalin wisatawan. Lokasi arena wisata ini berada di bukit desa Sendang.

Para pengunjung bisa memilih ketinggian untuk mencoba papan luncur Gantole. Terdapat dua pilihan yaitu dari ketinggian 200 m dan ketinggian 400 m.

Arena papan luncur ini bisa Kamu  jadikan wisata alternatif saat berkunjung ke Wonogiri. Di bukit Gantole ini juga pengunjung bisa melihat kegiatan paralayang.

Museum Karst Dunia Wonogiri

Wonogiri masih memiliki beragam tempat wisata menarik. Kali ini para pengunjung akan diajak melakukan wisata edukasi yaitu mengenal bebatuan Karst.

Museum Karst Dunia Wonogiri

Lokasi klik di isni.

Melalui Museum Karst Dunia yang dimiliki oleh Kabupaten Wonogiri para pengunjung bisa mengenal berbagai macam  jenis bebatuan Karst.

Para pengunjung bisa mengajak keluarga tercinta menikmati wisata edukasi dan informasi di museum ini.

Tempat Wisata Museum Karts Indonesia berlokasi di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro.

Museum Wayang Indonesia

Bila  ingin mengenal salah satu karya seni dan budaya datanglah ke Museum Wayang Indonesia yang berada di Kecamatan Wuryantoro Wonogiri.

Wisata di Wonogiri: Museum Wayang Indonesia

Lokasi.

Di sini terdapat berbagai macam koleksi wayang Jawa seperti wayang kulit, golek, topeng, suket, dan lain sebagainya.

Para pengunjung bisa tahu lebih banyak tentang produk dan warisan budaya wayang Indonesia melalui Museum Wayang Indonesia yang berada di Kabupaten Wonogiri ini.

Hutan Alas Kethu

Tempat wisata hutan Alas Kethu memiliki luas sekitar 40 hektar. Para pengunjung bisa memanfaatkan rekreasi di kawasan hutan yang menjadi nafas dan paru-paru kota ini.

Wisata di Wonogiri: Hutan Alas Kethu

Berbagai macam tumbuhan dan pepohonan seperti Jati, Katu Putih, Akasia, dan Mahoni menghiasi wajah Alas Kethu.

Suasana hutan yang asri dan rindang akan memanjakan wisatawan. Para pengunjung bisa memilih menyusuri hutan Alas Kethu dengan jalan kaki atau bersepeda sembari menikmati pemandangan hutan yang mempesona.

Kahyangan

Tempat wisata yang berada di desa Dlepih, Kecamatan Tirtomulyo ini memiliki pemandangan yang sungguh indah dan menawan.

Terdapat air terjun dan sendang yang menjadi penghuni tempat wisata ini. Tak hanya itu tempat wisata Kahyangan juga digunakan untuk kegiatan spiritual dan tempat petilasan Mangkunegaran I dulunya. 

Nah, itulah 11 tempat wisata di Wonogiri yang harus Kamu  kunjungi pada hari-hari biasa, akhir pekan atau pada masa liburan.

Kamu  bisa menjadikan daftar tempat wisata itu sebagai referensi kunjungan Kamu  nantinya.

Daftar Isi
    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar