6 Destinasi Wisata Cilacap Rekomendasi Traveler

6 Destinasi Wisata Cilacap Rekomendasi Traveler

Letak geografisnya yang berbatasa dengan Jawa di pesisir selatan, membuat tempat wisata Cilacap menjadi untik dan beragam.

Cilacap ialah kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah.

Dengan wilayah yang cukup luas, tentu banyak sekali tempat wisata indah dan menakjubkan yang bisa kita kunjungi saat liburan.

Berikutakan kami bahas 6 tempat wisata populer yang ada di Kabupaten Cilacap.

Daftar Isi

    Pantai Teluk Penyu

    Pantai yang menjadi andalan wisata kabupaten Cilacap ini berada di bagian selatan Cilacap yang berbatasan dengan Pulau Nusakambangan.

    Jarak pantai ini sekitar 2 km dengan pusat kota Cilacap.

    wisata cilacap Pantai Teluk Penyu

    Tempat Wisata Pantai ini membujur dari Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap dengan pulau Nusakambangan yang populer itu.

    Dengan area yang cukup luas sekitar 14 ha, kita juga bisa menikmati pemandangan-pemandangan indah di sekitar pantai. 

    Walau ombak di pantai ini terbilang cukup ganas, kita tetap bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang kamu seperti berenang, selancar, aatau sekedar melihat pemandangannya pantainya.

    Di Pantai Teluk Penyu kamu bisa membelai oleh oleh khas laut seperti ikan asin sipa konsumsi dan souvenir kerajian khas pantai seperti kerajinan dari karang.

    Wisata Cilacap Benteng Pendem

    Tak lengkap rasanya bila dari pantai teluk penyu tidak mampir ke tempat yang satu ini.

    Lokasi tempat wisata Benteng Pendem juga tidak begitu jauh dari tempat wisata pantai teluk penyu sehingga kamu bis asekalian mampir ke pantai teluk penyu.

    Tempat wisata Benteng Pendem merupakan wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan bila kamu sedang berada di Cilacap.

    wisata cilacap Benteng Pendem

    Di atas bangunan yang berada di atas tanah 6.5 Ha ini, kita masih bisa melihat kokohnya benteng peninggalan yang menjadi saksi sejarah kekuasaan Belanda saat berkuasa di Indonesia. 

    Benteng yang dalam bahasa belanda disebut Kusbatterij Op De Lantong Te Tjilatjap ini terletak sekitar 0.5 km dari Pantai Teluk Penyu.

    Tempat wisata sejarah ini di bangun pemerintah Belkamu pada kisaran tahun 1861-1879.

    Pada masa lalu, benteng ini sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus, tetapi kemudian pemerintah setempat menggali Benteng ini kembali pada tahun 1986.

    Saat ini, pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan benteng ini sebagai tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi para wisatawan.

    Gunung Selok Srandil

    Tempat wisata cilacap Gunung Selok Srandil sering dikenal sebagai tempat ritual mistis tau tempat pertapa.

    Tetapi sejatinya Gunung Selok Srandil ini juga menyuguhkan aneka tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

    Gunung ini berlokasi di Desa Karangbenda Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

    Tempat wisata Gunung Selok adalah salah satu tempat wisata alam yang berupa hutan gunung yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur.

    Walau begitu, kita dapat menikmati pemandangan alam lebih dari sekedar gunung.

    Gunung Selok Srandil

    Terdapat berbagai macam tempat wisata lain yang masih terhubung di gunung Srandil ini, seperti pantai laut selatan dan benteng peninggalan Jepang.

    Bagi yang hendak wisata religi, di Gunung Srandil ini juga ada beberapa petilasan atau makam yang terkadang dikunjungi oleh para peziarah. 

    Kini menawarkah wahana baru yang berada di puncak gunung. Wahana yang biasa disebut wahana Selfie Deck ini ialah spot yang wajib disinggahi.

    Walaupun untuk menuju wahana ini kamu harus berjalan beberapa ratus meter menyusuri pepohonan mahoni, tetapi semua itu terbayar saat sampai di Selfie Deck.

    jembatan gantung Gunung Selok Srandil

    Untuk wahana Selfie Deck ini juga menawarkan keindahan alam berlatar belakang hutan, hamparan sawah, dan Samudera Hindia.

    Tempat wisata Gunung Selok juga menawarkan view deck yang berada di atas pohon dan dilengkapi dengan jembatan gantung penghubung dua pohon.

    Berbagai macam fasilitas penunjang juga telah tersedia seperti fasilitas kamar mandi, area parkir, rumah makan, dan tempat istirahat.

    Kemit Forest

    Tempat wisata Kemit Forest merupakan tempat wisata Alam Pegunungan yang Asri. Lokasi tempat wisata Kemit Forest berada di Jalan.

    Google maps.

    Sirkaya Desa Karang Gedang, Kecamatan Sidareja, Cilacap.

    Kemit Forest

    Tempat wisata Kemit Forest menyuguhkan pesona hutan pinus yang menjulang tinggi, serta udara yang segar dengan pemandangan hijau akan membuat kita merasa sejuk dan hilanglah rasa penat akibat kesibukan yang melelahkan.

    Di tambah lagi dengan rindangnya pepohonan serta hiasan payung dan lampu lampion berwarna warni yang di gantung.

    Menjadikan lokasi ini terlihat lebih ramai dan ceria saat dikunjungi saat malam hari.

    Di tempat wisata Kemit Forest ini juga dijumpai berbagai macam spot foto kekinian yang sudah tersedia untuk para wisatawan yang datang.

    Hal ini tentunya semakin menambah cantik bila menjadi background foto selfi kita.

    sunset Kemit Forest

    Walau pun masih mengandalkan gardu pandang dengan background lanskap alam terbuka, tempat wisata ini cukup populer di kalangan muda mudi milenial.

    Tak heran bila setiap akhir pekan tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan, baik dari Cilacap maupun dari daerah lainnya.

    Kunjungi juga Farmhouse Susu Lembang.

    Hutan Payau Cilacap

    Lokasi tempat wisata Hutan Payau ini berada di Desa Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara.

    Tempat wisata Hutan Payau ini masuk kawasan pemukiman penduduk, sehingga jarang dijumpai trayek kendaraan umum menuju ke sana.

    wisata cilacap Hutan Payau Cilacap

    Akan lebih baik bila kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana.

    Tempat Wisata Hutan mangrove di kawasan ini merupakan hutan pelindung bagi ekosistem di kawasan laguna Segara Anakan dan danau air asin di pesisir pantai Cilacap.

    Tingkat kerapatan pohon mangrove di sini cukup tinggi, sehingga ketika berada di lokasi ini, kamu akan merasakan teduhnya suasana hutan bakau.

    Bahkan ketika cuaca sedang terik, angin sepoi-sepoi masih bisa kita rasakan, sehingga membuat fikiran menjai lebiah segar dan menyenangkan.

    Selain merasakan teduhnya hutan bakau, kita juga bisa menyusuri area wisata dengan luas 10 hektar ini.

    Di lokasi wisata ini, dengan menyusuri walking track yang sudah tersedia kamu juga bisa melihat kawasan hutan yang berbatasan langsung dengan persawahan warga.

    Suasananya yang sangat teduh dan rindang akan membuat kita tetap merasa segar walau matahari sedang terik.

    Kamu juga bisa mencari tempat yang bagus untuk mengambil foto-foto menarik di sana. Tempat wisata ini memang sangat cocok untuk melepas kepenatan setelah aktivitas yang padat. 

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar