teknik-dasar-fotografi-memegang-kamera

Ingin Jadi Fotografer Profesional? Kenali Teknik Fotografi Berikut

Anda ingin menjadi fotografer profesional? artikel ini wajib Anda baca sampai habis karena di sini akan dijelaskan lengkap mengenai teknik fotografi yang tentunya akan membuat hasil foto Anda terlihat begitu mengagumkan.

Untuk menjadi fotografer profesional tentunya tidak hanya bermodalkan peralatan yang “wah” dalam arti berbagai jenis kamera hingga lensa lengkap Anda miliki.

Salah satu kunci yang sangat penting bagi pemula yang ingin belajar fotografi tidak lain yaitu menguasai teknik fotografi. Banyak sekali teknik fotografi yang harus Anda tahu agar gambar yang dihasilkan jauh lebih menarik dan tidak monoton.

Artikel ini tidak hanya wajib dibaca oleh pemula, bagi Anda yang sudah lama belajar fotografi pun wajib baca ini untuk mengukur sudah sejauh mana Anda menguasai teknik-teknik fotografi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menjadi layaknya profesional, selain harus rajin berlatih juga harus pula memiliki pengetahuan yang mumpuni. Sebelum masuk ke dalam pembahasan teknik fotografi professional, Anda perlu paham teknik dasar fotografi terlebih dahulu.

Teknik fotografi dasar mencakup apa saja?

Di zaman dengan teknologi yang semakin maju dan pesat ini mungkin Anda sudah tidak asing lagi melihat anak SD yang membawa kamera SLR, DSLR ke berbagai tempat.

Banyak persepsi mengenai hal ini salah satunya ada yang beranggapan mereka hanya gaya dan mengikuti tren agar disebut kekinian padahal menggunakan kameranya tidak bisa dan asal saja.

Karena perlu kita tekankan kamera apa pun seperti misalnya SLR, DSLR, jika tidak bisa menggunakannya dan tidak mengetahui teknik fotografi tentunya foto yang dihasilkan akan biasa-biasa saja.

Terdapat cara dan teknik dasar fotografi yang meliputi cara memegang, menekan, hingga menentukan titik fokus yang tentunya tidak boleh asal pijit saja.

Ada teknik-teknik dasar fotografi tersendiri yang harus Anda ikuti. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu teknik dasar fotografi.

Teknik memegang kamera

teknik-dasar-fotografi-memegang-kamera

Pada dasarnya, teknik memegang kamera ini akan sangat berguna untuk Anda gunakan dalam mengurangi getaran saat memotret. Karena, jika kamera tidak dalam keadaan stabil saat pengambilan gambar, foto yang dihasilkan pun akan tidak maksimal.

Berikut cara yang dapat Anda gunakan agar bisa kokoh saat memegang kamera:

Posisi tangan kanan

Anda dapat menggunakan tangan kanan untuk memegang bagian kanan kamera. Letakkan telunjuk Anda di posisi shutter dan ibu jari di bagian belakang kamera. Kemudian, tiga jari lainnya memegang kamera bagian depan.

Posisi tangan kiri

Untuk posisi tangan kiri, ini bisa bergantung pada kamera apa yang Anda gunakan. Namun pada umumnya, tangan kiri akan digunakan untuk menopang beban dari berat kamera. Atau, bisa untuk menopang lensa jika menggunakan lensa yang panjang.

Posisi badan

Agar tubuh Anda lebih stabil pada saat memotret, Anda dapat bersandar ke objek solid. Atau, bisa juga Anda memotret dengan posisi berlutut. Jika dalam posisi berdiri Anda sulit menemukan sandaran, Anda dapat melebarkan kedua kaki Anda untuk memperkuat kuda-kuda.

Teknik menekan shutter