Pantai Balekambang Malang, Wisata Mistis Sekaligus Religi

Pantai Balekambang Malang, Wisata Mistis Sekaligus Religi

Wisata Pantai Balekambang berlokasi di sebuah dusun Sumber Jambe, yang berada di Desa Srigonco.

Desa ini terletak di Kecamatan Bantur, yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Malang provinsi Jawa Timur.

Pantai disini terkenal cukup bersih, hamparan pasir putihnya dan panorama disekitar pantai Balekambang menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Daftar Isi

    Spot Menarik Pantai Balekambang

    Ada 3 pulau yang terdekat dengan Balekambang. Pulau-pulau di sekitar Balekambang tersebut dinamai dengan tokoh dalam budaya pewayangan.

    Diantaranya adalah yang bernama pulau Ismoyo, selanjutnya ada juga pulau Hanoman dan yang terakhir bernama pulau Wisanggeni.

    Pulau Ismoyo

    Pulau ini menyerupai Tanah Lot di Bali. Apabila akan menuju pulau Ismoyo maka harus melewati jembatan penghubung.

    Pulau Ismoyo

    Setahun sekali dilakukan untuk perayaan bagi umat beragama hindu. Perayaan tersebut bertepatan dengan hari raya nyepi.

    Dari upacara itu nanti akan dilakukan larung sesajen ketengah laut. Ini dimaksudkan untuk mengucap rasa syukur atas rezeki selama setahun kebelakang.

    Mereka juga memohon diberi keselamatam untuk tahun-tahun kedepan.

    Pulau Hanoman

    Letaknya tidak jauh dari pantai Balekambang. Pulau ini dihubungkan dengan jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Hanoman.

    Konon katanya di pulau ini banyak kejadian mistis. Dulu waktu dibangun jembatan, sempat ambrol.

    Pulau Hanoman

    Kabarnya makhluk ghaib yang menghuni pulau tersebut tidak mau terusik. Setelah diadakan ritual-ritual jadilah sekarang jembatan Hanoman.

    Entahlah itu Cuma cerita mistis saja atau kejadian betulan. Yang jelas Jembatan Hanoman sendiri menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

    Para pengunjung bisa melakukan swafoto atau berselfie ria dengan latar belakang wisata pantai Balekambang ataupun Pulau Hanoman. Wisatawan melihat jbatan Hanoman sangat kagum dan merasa puas.

    Pembangunan jembatan yang memakan waktu 2 tahun ini diresmikan oleh Bupati Malang Rendra Kresna.

    Uniknya pada waktu diresmikan ada model-model yang memperagakan busananya jalan di jembatan Hanoman ini, seakan mereka sedang berjalan di catwalk saja.

    Keberadaan jembatan ini juga membuat perekonomian warga di sekitarnya cukup membaik.

    Warung yang berada di sekitar pulau Hanoman biasanya sepi, tetapi setelah jembatan ini dibangun dan diresmikan banyak wisatawan yang ramai datang untuk membeli makanan dan minuman.

    Aktivitas Menarik

    Menikmati pesona alam di wisata pantai Balekambang seakan tiada habisnya. Pantai yang mempunyai garis pantai terpanjang ini sangat asyik kita susuri.

    Sepanjang perjalanan dari ujung ke ujung di suguhi pemandangan yang indah.Untuk bersantai kawasan ini sangat tepat.

    Hembusan angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah kita membuat kita ingin memejamkan mata, belum lagi ditambah banyak pohon rindang untuk menghindari apabila cuaca sedang panas.

    Menunggu sunset kitapun bisa duduk santai dipinggir pantai. Kalau kamu beruntung sunset disini termasuk yang paling bagus di kawasan Malang Selatan.

    Semburat sinar matahari keemasan membuat kita takjub akan kebesaran-Nya. Pemandangan akan sakin apik karena terdapat Pulau Ismoyo dibelakangnya.

    Jangan khawatir jika kamu tidak menjumpai sunset dengan sempurna. Pagi harinya jika kamu beruntung maka akan menjumpai sunrise yang sangat apik.

    Apalagi selepas subuh dinikmati sambil berjalan-jalan di pinggi pantai.

    Sinar matahari yang tampak keluar malu-malu ditambah suara deburan ombak sangat sayang untuk dapat kita lewatkan begitu saja.

    Dan bagi kamu yang hobi camping di pinggir pantai. Balekambang ini juga menyediakan camping ground.

    Jangan lupa agar mendirikan tendanya agak jauh dari bibir pantai ya, biar tidak bahaya. Pastikan juga saat melakukan camping kamu menyediakan lotion anti nyamuk.

    Saat malam hari kamupun bisa menikmati suasana pantai dengan deburan ombak disertai semilir angin menambah syahdu

    Tak lengkap juga rasanya kalau kita ke sini tidak melakukan swafoto atau berselfi ria. Banyak spot foto menarik di pantai Balekambmg ini.

    Panjangnya garis pantai membuat pantai ini seperti tak berujung. Sangat bagus di jadikan spot foto.

    Airnya yang jernih juga menambah sempurna pemandangan di pantai ini. Pastikan kesini bukan pas musim liburan sekolah ya, soalnya pasti akan ramai dikunjungi wisatawan.

    Kunjungi juga pantai Watu Lepek.

    Fasilitas di Pantai Balekambang

    Penambahan fasilitas ini diharapkan mampu mendongkrak jumlah pengunjung yang datang. Balekambang juga dijadikan lokasi untuk tempat berkemah di Kabupaten Malang.

    Selain itu beberapa klub sepakbola terbesar tanah air seperti Arema juga melakukan latihan di sekitar pantai Balekambang.

    Selain itu di Balekambang juga terdapat flyingfox. Sayang flyingfox ini hanya dibuka khusus untuk sabtu dan minggu.

    Pantai Balekambang

    Balekambang selain disebut wisata pantai juga terkenal dengan wisata religinya. Ada dua agama yang biasa merayakan ibadah disini yaitu islam dan hindu.

    Bagi umat islam, mereka biasanya berbondong-bondong untuk melakukan ziarah ke makam Syech Abdul Jalil.

    Beliau merupakan tokoh agama yang membuka akses Balekambang. Setiap tanggal 1 Syaban para peziarah memadati makam tersebut.

    Makam yang ramai di ziarahi umat Islam tersebut jaraknya tidak jauh dari Balekambang yaitu sekitar 1 Km.

    Syech Abdul Jalil sendiri adalah seorang tokoh agama yang berasal dari Jogjakarta yang sangat berpengaruh di masyarakat.

    Apalagi beliau salah satu orang yang melakukan perlawanan di jaman penjajah Belanda. Belanda pun menjadikan beliau sasaran orang yang harus di musnahkan.

    Selain umat Islam, ada umat beragama lain yang menjadikan Balekambang untuk ibadah. Mereka adalah umat beragama Hindu.

    Tepatnya pada waktu melakukan perayaan nyepi. Mereka beribadah di Pulau Ismoyo tepatnya di Pura Amarta Jati.

    Pulai ini agak menjorok ke pantai dan dihubungkan dengan jembatan. Tradisi yang dilakukan setahun sekali ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal dan asing.

    Untuk memanjakan pengunjungnya, wisata pantai Balekambang menyediakan penginapan.

    Selain itu disini juga terdapat fasilitas untuk bilas sehabis bermain di pantai,kamar mandi disini lumayan cukup bersih.

    Sehabis berenang biasanya lapar melanda. Tetapi jangan khawatir warung-warung disini siap menyediakan makanan aneka seafood yang memanjakan lidahmu.

    Pantai Balekambang malang

    Lokasi & Rute Perjalanan Pantai Balekambang

    Akses jalan untuk sampai kesini cukup mudah. Bisa dilakukan dengan menggunakan angkutan pribadi maupun angkutan umum.

    Jika kamu berangkat dari Malang maka kamu akan melewati Kepanjan, Pagak, Bantur dan menuju Balekambang.

    Google maps.

    Sedangkan apabila berangkat melalui terminal Arjosari kamu akan melewati Pasar Gadang, Gondang Legi, Bantur dan Balekambang.

    Harga Tiket Masuk

    Untuk masuk di kawasan ini, kamu harus membayar tiket Rp 15 ribu per orang. Harga tiket ini sangatlah murah karena kita disuguhi pemandangan yang menawan seperti di Bali.

    Yaa…. Tanah Lot adalah sebutan yang masyarakat sematkan ke Balekambang. Itu karena lanskap pantai ini menyerupai tanah Lot yang ada di Bali.

    • Apabila akan menaiki flyingfox ini kita harus membayar Rp 20 ribu.
    • Tarif penginapan disini cukup murah kisaran Rp 150 ribu – Rp 250 ribu.

    Sejarah

    Dulunya pantai ini sangat tidak terawat, sangat jarang orang pergi kesini. Hal itu disebabkan juga karena tanaman yang tumbuh di sekitar pantai sangat lebat.

    Baru pada tahun 1975 oleh kepala dusun Srigoco dibukalah akses menuju ke pantai Balekambang.

    Nama Balekambang semakin dikenal luas pada tahun 1983. Karena patahun tersebut Bupati Malang yang pada waktu itu dijabat oleh Eddy Slamet meresmikan kawasan tersebut.

    Jalan menuju ke pantai inipun mulai diperbaiki. Dan disekitar pantai mulai dilakukan pembersihan serta dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas.

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar