Daftar Merk Kamera Terbaik Untuk Fotografer Profesional

Daftar Merk Kamera Terbaik Untuk Fotografer Profesional

Jika kamu sedang mencari kamera baru, hal apa yang akan jadi pertimbangan? Selain harga yang cocok, merk kamera terbaik pasti yang akan menjadi satu hal yang penting.

Memilih merk kamera terbaik memang bukanlah suatu hal yang mudah. Mengingat merk kamera yang ada saat ini sangatlah banyak dan juga beragam.

Selain itu, setiap merk pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Namun, tidak perlu bingung. Di bawah ini akan dijabarkan merk kamera terbaik yang pastinya akan membantu dalam membuat keputusan.

Daftar Isi

    Merk Kamera Terbaik di Dunia

    Dari sekian banyak merk camera yang dijual dipasaran.

    Berikut ini beberapa merk kamera terbaik di dunia dan paling bagus untuk pemula hingga profesional.

    Canon

    merk kamera terbaik canon

    Kamera dengan merk ini memang sudah meraja di dunia. Khususnya dalam merk camera digital terbaik. Canon merupakan perusahaan dari Jepang yang bergerak di bidang barang elektronik.

    Dulu, Canon ini hanya dijadikan riset penelitian untuk membuat sebuah kamera untuk bisa menghasilkan suatu gambar.

    Hingga pada akhirnya, penelitian tersebut dikembangkan dan hasilnya bisa tampak sangat luar biasa seperti sekarang.

    Saat ini, Canon sudah merajai pasar kamera di dunia. Model kamera yang dikuasai oleh Canon adalah DSLR dan SLR dengan harga yang bervariasi.

    Sebagai Negara yang dielu-elukan sebagai Negara maju di bidang teknologi, Jepang benar-benar membuktikannya dengan prestasi tinggi dalam hal kamera ini.

    Canon telah memperoduksi kamera digital sejak tahun 1984, dimulai dengan RC-701. Seri RC diikuti oleh PowerShot dan IXUS seri dari kamera digital.

    Canon juga mengembangkan seri EOS (Electro-Optical System) dari kamera digital single-lens reflex (DSLR) yang mencakup model profesional high-end.

    Di tahun 2010 Canon memiliki market share 41% untuk pasar DSLR, terpaut cukup jauh dengan Nikon yang hanya 35%.

    Perlu diketahui juga bahwa penamaan kamera Canon tergantung pada daerah pemasarannya.

    Misalnya di Amerika disebut Rebel T5i, di Eropa disebut 700d namun di Jepang Kiss X7i, meskipun semuanya masih satu tipe dan satu produk.

    Baru-baru ini, Canon memperkenalkan thermal transition copying sebagai bagian dari proses manufaktur untuk semua kameranya yang menyelesaikan masalah umum yang dialami saat menggunakan kamera SLR dalam kondisi tertentu.

    Nikon

    merk kamera terbaik dunia nikon

    Yang menempati nomor urut kedua untuk merk kamera terbaik di dunia adalah Nikon. Merk kamera yang satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga kan?

    Nikon juga merupakan perusahaan Jepang yang lebih menaruh fokus pada urusan optik dan gambar. Barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan ini antara lain kamera, mikroskop, dan teropong.

    Dalam teknologi kamera, Nikon termasuk merk kamera yang paling konservatif, hingg lekat dengan julukan kamera fotografer.

    Namun, ciri khasnya dapat tampak dari lensa-lensa yang digunakannya.

    Kamera merk ini masih memungkinkan untuk menggunakan lensa-lensa tua di zaman negatif film untuk kamera modern.

    Hal di atas adalah pembeda yang cukup signifikan antara Nikon dengan pesaing beratnya, Canon, yang sudah menggunakan lensa dengan jenis baru sejak era fotografi digital muncul pertama kali.

    Kamera yang tidak dapat diragukan lagi kualitasnya ini banyak sekali digunakan oleh fotografer profesional. Kamera yang cocok untuk fotografer!

    Berkebalikan dengan Canon, penamaan sistem kamera Nikon menggunakan huruf “D” yang berarti “digital” di bagian depan sebelum angka.

    Kamera DSLR Nikon juga dapat dibedakan dengan melihat tanda merah dibagian handgrip-nya.

    Untuk kamera digital sebagai produk andalannya yang terbaru, Nikon mengeluarkan seri baru D850 yang memiliki resolusi dan kecepatan yang sangat tinggi.

    Sony

    merk kamera terbaik sony

    Di Indonesia, merk yang satu ini sudah sangat populer dan memiliki banyak konsumen. Selain telepon genggam, Sony banyak sekali memproduksi barang elektronik lainnya, salah satunya adalah kamera.

    Tidak tanggung-tanggung, spesifikasi kamera yang dibuat oleh Sony selalu bisa menyaingi dua merk kamera digital terbaik dunia yang telah disebutkan sebelumnya.

    Hingga pada akhirnya, Sony bisa mendapatkan posisi ketiga.

    Kamera produksi perusahaan ini menjadi salah satu favorit karena memiliki spesifikasi yang tinggi. Sehingga, mampu menghasilkan gambar yang jernih dengan warna yang tajam.

    Sebagai salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia, Sony terus merambahkan kiprahnya ke berbagai bidang.

    Sony memproduksi berbagai jenis kamera atau macam-macam kamera yang saat ini sudah beredar di pasaran. Produk unggulan kamera digital Sony yaitu Cyber-shot dan DSLR.

    Walaupun, produk kamera digital unggulannya masih tetap belum mampu menyaingi Canon dan Nikon.

    Olympus

    merk kamera terbaik olympus

    Olympus merupakan perusahaan Jepang yang didirikan pada 12 Oktober 1919 di Tokyo, Jepang.

    Berdirinya perusahaan ini memiliki tujuan yang sama dengan Nikon, yaitu memproduksi barang elektronik di bidang optik maupun gambar. Hingga akhirnya, muncullah kamera dengan merk Olympus.

    Jika masih merasa asing dengan merk kamera yang satu ini, tidak apa-apa. Sebab, di Indonesia memang pamornya tidak begitu terasa. Namun di Eropa, merk ini sudah menjadi pilihan banyak orang yang ingin membeli kamera.

    Hal yang paling utama mendasari ini adalah karena kamera Olympus merupakan salah satu merk kamera terbaik dengan harga yang terjangkau.

    Merk Olympus ini dikenal dengan body-nya yang kuat jika dibandingkan dengan merk lainnya. Ini membuktikan bahwa merk ini memang pantas untuk bersaing menjadi salah satu merk kamera terbaik di dunia.

    Produk dari Olympus yang mampu memenangkan hati masyarakat salah tentunya adalah kamera digital. Produk kamera digital dari Olympus yang terkenal diantaranya adalah seri Olympus Tough dan seri Olympus Stylus.

    Casio

    casio

    Selain memproduksi kalkulator dan jam tangan, perusahaan asal Jepang ini juga memproduksi kamera digital, lho.

    Mungkin beberapa dari kita belum mengetahui bahwa Casio juga memproduksi kamera digital dengan spesifikasi dan hasil foto yang bagus.

    Varian kamera digital yang diproduksi oleh Casio ini diberi nama dengan Casio Exilim.

    Merk ini bisa menduduki salah satu jajaran merk camera terbaik di dunia karena kualitasnya yang masih dalam standar baik dan memuaskan konsumennya.

    Kamera digital yang diproduksi oleh Casio ini menjadi salah satu kamera digital dengan desain yang berbeda daripada yang lain.

    Jika kebanyakan desain kamera digital yang diproduksi oleh perusahaan lain memiliki ukuran body yang cukup tebal, kamera digital Casio Exilim ini menyajikan bentuk desain yang diusung cukup ramping dan tipis untuk beberapa varian.

    Casio telah mengusung ide-ide baru dalam dunia kamera seperti kamera digital dengan layar LCD pertama, kamera 3 megapiksel pertama, ultra-kompak model pertama, dan kamera digital pertama yang menggabungkan teknologi lensa keramik.

    Merk kamera digital unggulan Casio adalah seri Exilim.

    Panasonic

    Perusahaan yang didirikan oleh Konosuke Matsushita pada 1918 ini memiliki produk pertama berupa soket lampu dupleks.

    Kemudian, Panasonic terus berkembang membuat banyak sekali produk barang elektronik yang kita temui saat ini.

    Sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi barang elektronik di dunia, nama Panasonic sudah tidak asing lagi didengar. Salah satu barang produksinya yang terbaik adalah kamera.

    Merk kamera terbaik di dunia ini memiliki keunggulan dari segi LCD screen, picture quality, dan warranty.

    Mempertahankan posisinya sebagai salah satu merk kamera terbaik di dunia, Panasonic Lumix sebagai produk kamera digital nya pun bertengger sebagai salah satu merk kamera digital terbaik yang ada.

    Panasonic Lumix mengeluarkan beberapa seri dari kamera digital mereka, terbaik diantaranya adalah seri L dan seri G.

    Di dunia fotografer, merk yang satu ini sudah cukup banyak dikenal. Banyak juga para fotografer yang menggunakan kamera merk Lumix untuk menunjang pekerjaannya.

    Merk kamera ini dapat menyaingi merk-merk lain seperti Pentax, Olympus, dan Casio dengan baik.

    Namun, hal yang membedakan kamera Lumix dengan merk lainnya adalah jarang atau bahkan tidak sama sekali memberikan layanan garansi kepada konsumennya.

    Tentunya, hal tersebut dapat merugikan konsumen nantinya.

    Pentax

    pentax

    Pentax merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kamera digital, teropong, dan juga mikroskop. Perusahaan ini didirikan di Jepang yang sudah cukup banyak memproduksi model kamera.

    Hal yang disayangkan adalah kamera dengan merk ini kurang begitu laris di pasaran. Di Indonesia sendiri pun, merk kamera ini bisa dibilang cukup sepi pembeli.

    Namun, sepi pembeli bukan berarti merk kamera ini tidak bagus, ya. Pentax hanya belum bisa bersaing dengan merk kamera terbaik dunia lainnya.

    Sebagai salah satu merk kamera terbaik, Pentax telah lama berkiprah di dunia kamera dan diminati oleh penggemar fotografi karena kualitasnya yang bagus. Pentax terkenal dengan kamera digital seri K nya.

    Samsung

    kamera samsung

    Siapa yang belum mengenal perusahaan satu ini? Samsung begitu terkenal dengan produk smartphone-nya. Sejak mengeluarkan smarphone Samsung Galaxy, nama Samsung kian melejit hingga sekarang.

    Salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia ini didirikan pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Perusahaan Samsung beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

    Namun sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan produk kameranya. Dua merk kamera terbaik dunia yang memegang posisi teratas, Canon dan Nikon, masih belum dapat terkalahkan.

    Meskipun bisa dibilang kalah dalam persaingan pasar kamera dunia, Samsung tetap telah memiliki nama yang luar biasa di masyarakat yang tentunya dapat dengan mudah mengalahkan Canon dan Nikon dengan mudah.

    Kodak

    kodak

    Perusahaan ini telah menghasilkan berbagai macam produk kamera, fotografi, pencetak, dan lain-lain. Nah, merk kamera terbaik di dunia yang selanjutnya adalah Kodak.

    Kodak merupakan sebuah perusahan yang didirikan di Amerika Serikat yang berusaha untuk menyaingi merk kamera kelas atas seperti Canon dan Nikon.

    Namun sayangnya, sampai detik ini pun Kodak masih belum bisa membuktikan hal tersebut.

    Hal ini diprediksi karena memang Kodak sangat minim dalam memproduksi model kameranya. Sangat jauh berbeda dengan Canon dan Nikon yang memiliki banyak model kamera.

    Sehingga, perusahaan Kodak mengalami kemerosotan karena tidak mampu bersaing dengan kamera digital lainya.

    Sangat disayangkan mengingat kamera digital sendiri sebetulnya dikembangkan oleh Kodak.

    Kendati demikian, kamera digital produksi Kodak tidak diragukan lagi kualitasnya. Produk kamera digital Kodak yang terkenal yaitu seri Easyshare.

    Fujifilm

    fujifilm

    Fujifilm merupakan perusahaan fotografi terbesar di seluruh dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1934. Perusahaan yang lagi-lagi berasal dari Jepang ini mengkhususkan dirinya dalam bidang optik dan gambar.

    Sama seperti Nikon, produk lain yang dimiliki oleh Fujifilm adalah teropong, mikroskop, dan alat pengukur.

    Kualitas dari merk kamera terbaik ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

    Fujifilm telah bersaing untuk menguasai pasar kamera digital sejak dulu hingga sekarang.

    Saat ini, Fujifilm mengeluarkan seri X dan seri Finepix.

    Kamera Digital Terbaik dan Murah

    Dari beberapa merk kamera terbaik yang telah disebutkan di atas, tentunya ada begitu banyak kamera yang bisa dijadikan pilihan.

    Kamera digital sendiri hadir dengan berbagai macam pilihan harga yang tentunya sangat bervariasi. Namun untungnya, saat ini dapat menemukan kamera digital murah dengan kualitas bagus dan tidak murahan.

    Kamera-kamera digital di bawah ini mampu memberikan foto dengan kualitas gambar yang begitu bagus. Dan tentunya, tidak perlu khawatir perihal keuangan.

    Sebab kamera-kamera digital ini dibanderol dengan harga yang bersahabat dengan kualitas yang hebat.

    Berikut beberapa kamera digital terbaik yang bisa didapatkan dengan harga yang murah:

    NIKON 1 J5

    nikon-1-j5

    Hadir dengan sensor kamera beresolusi 20.8; CX-format BSI CMOS; dan prosesor gambar EXPEED 5A, membuat Nikon 1 J5 mampu merekam hingga 20 fps dengan full HD 1080p / 60 video serta menghasilkan gambar dengan kualitas yang tinggi dan bagus.

    Dilengkapi juga dengan kepekaan sensor cahaya (ISO) yang bisa mencapai 12800, membuat Nikon 1 J5 sangat bermanfaat untuk digunakan dalam situasi cahaya yang ada kurang ataupun sedikit.

    Di samping itu, Nikon 1 J5 dilengkapi dengan sistem pengurang kebisingan. Sehingga, memberikan kontribusi atau bantuan terhadap perolehan gambar yang berkualitas tajam dengan resolusi yang tinggi.

    Nikon 1 J5 juga hadir dengan layar sentuh LCD pada kemiringan 180° untuk memudahkan dalam melakukan foto selfie.

    Nikon 1 J5 memiliki sistem autofokus hybrid yang bermanfaat untuk mendapatkan fokus dan akurasi yang lebih besar dan bagus untuk meningkatkan kinerja pelacakan subjek.

    Lebih jauh lagi, dibuat dengan memasukkan lensa PD-Zoom Nikkor VR 10-30mm f/3.5-5.6 yang ramping, membuat kamera ini memiliki mekanisme zoom power drive yang sama dengan lensa telefoto yang pendek.

    Dimana memilik fungsi untuk mengambil gambar dengan cepat; kontrol yang baik; dan stabilisasi gambar VR agar menekan efek goyangan yang terjadi terhadap kamera.

    Lensa ini sangat ideal untuk menghilangkan subjek dari latar belakang dengan menggunakan sesuatu yang cerah atau jernih, dan memiliki fokus internal (IF) untuk mempertahankan ukuran yang kompak.

    Sebagai tambahan, kamera Nikon 1 J5 juga dilengkapi dengan jaringan WiFi dan NFC yang kuat sehingga memungkinkan untuk berbagi gambar dan video secara langsung dengan mengontrolnya melalui kamera dengan menggunakan perangkat ringan.

    Untuk harga, tidak perlu khawatir karena kamera dengan spesifikasi menakjubkan di atas masih dibanderol dengan harga di bawah lima juta rupiah.

    Canon EOS Rebel SL1

    canon-eos-rebel-sl1

    Diperkenalkan kembali pada tahun 2013 silam, Canon EOS Rebel SL1 dirancang agar bisa bersaing dalam dunia kamera digital compact.

    SL1 dilengkapi dengan sensor beresolusi 18MP dan APS-C yang membuatnya tetap menjadi pesaing yang solid dalam dunia kamera digital.

    Dengan penempatan tombol yang sedikit daripada model EOS lainnya, membuat SL1 terasa nyaman di tangan dan layak untuk dijadikan sahabat baik dalam memotret.

    Lebih dari pada itu, SL1 dilengkapi juga dengan layar sentuh interface yang membuatnya menjadi mudah dan cepat untuk digunakan.

    Sedangkan sistem CMOS AF II dengan 9 titik fokus membuat kamera ini menjadi lebih baik dalam menghasilkan gambar yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

    Hal ini merupakan terobosan yang sangat bagus dalam sistem EOS DSLR.

    Memang, kamera ini merupakan versi terbawah dari kamera seri Rebel Canon. Tergolong dalam kamera digital entry-level, dengan ukuran yang lebih kecil.

    Namun jangan terkecoh dengan ukurannya, karena kamera Rebel SL1 ini memiliki jumlah megapiksel yang bagus, kecepatan burst serta layar yang dapat ditekuk untuk merekam video.

    Kamera mungil ini sangat handal dan dikemas dalam bentuk sekecil mungkin, serta dengan harga yang terjangkau.

    Sama dengan semua kamera seri Rebel dari Canon, para pemula akan sangat mengagumi kemampuan dari fitur-fitur kamera ini yang sangat pas bagi para pemula.

    Panasonic Lumix TZ70

    panasonic-lumix-tz70

    Panasonic Lumix TZ70 memiliki sensor 12.1MP yang memberikan kinerja cahaya rendah menjadi lebih baik dan meningkatkan kualitas gambar.

    Di samping itu juga, TZ70 dilengkapi dengan 30 kali lensa zoom optik yang mengesankan dengan stabilisasi gambar; merekam video dengan full HD; layar 3 inci; GPS; WiFi; NFC; 10fps mengambil gambar secara terus-menerus; dan jendela bidikan elektronik.

    TZ70 memiliki semua fitur yang kamu inginkan untuk menemani dalam perjalanan atau liburan dan tidak akan mengecewakan saat sedang mengambil gambar dan video dalam hal kualitas yang dihasilkan.

    Sony WX220

    sony-wx220

    Jika bingung dalam menentukan pilihan, maka Sony WX220 merupakan jawaban atas kebingunganmu.

    Sony WX220 merupakan kamera compact yang dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada kamera smartphone.

    WX220 memiliki banyak kegunaan, apalagi jika mempertimbangkan fleksibilitas tambahan yang ditawarkan oleh 10 kali optikal zoom dengan kejauhan 25-250mm.

    Sony WX220 bisa menghasilkan gambar yang cerah dengan rincian yang bagus.

    Kamera ini sangat cocok untuk berbagi secara online atau mencetak gambar pada ukuran yang pas.

    Di samping itu juga, Sony WX220 dilengkapi dengan WiFi untuk memudahkan dalam mengirim gambar via internet.

    Kamera ini memiliki bentuk layar 2,7 inci sehingga sangat cocok untuk dibawa ke mana pun.

    Canon Power Shot SX710

    canon-powershot-sx710

    Canon Power Shot SX710 HS merupakan pilihan yang menarik bagi para pemula dan mutlak untuk dimiliki oleh orang-orang yang masih kurang pengalaman dalam fotografi.

    Kamera ini dilengkapi dengan tombol mode kecil pada bagian belakang yang memungkinkan untuk beralih lebih cepat di antara mode pencahayaan yang berbeda.

    Termaasuk mode semi-otomatis bagi yang ingin untuk memegang kendali terhadap kamera, ditambah kontrol otomatis sepenuhnya dan mode adegan.

    Dilengkapi dengan 30 kali optikal zoom membuat Power Shot SX710 HS memiliki kekuatan untuk menjangkau titik fokus area pemotretan dengan sangat baik dan memberikan fleksibilitas yang cukup untuk rata-rata hasil foto saat liburan.

    Kamera Tercanggih di Dunia

    Setelah membahas tentang merk kamera terbaik dan termurah, kali ini giliran mengetahui kamera-kamera tercanggih yang pernah ada di dunia.

    Begitu pesatnya teknologi yang ada saat ini menimbulkan munculnya kamera digital yang disambut baik oleh penggunanya untuk kebisaan memotret gambar dengan cepat dan memiliki kualitas yang sangat tinggi.

    Untuk memotret suatu objek tersebut pastinya diperlukan kamera yag berkualitas tinggi agar gambar yang dihasilkan terlihat bagus dan indah.

    Perlu diketahui, kamera tesebut pastinya memiliki harga yang sangat mahal dengan fitur lengkap dan lensa yang bagus.

    Berikut ini adalah ada kamera terbaik dan tercanggih di dunia sebagai berikut:

    Hasselblad H4D 200MS

    hasselblad-h4d-200ms

    Hasselblad H4D 200MS merupakan kamera papan atas yang dibuat oleh pembuat kamera terbaik di dunia.

    Kamera digital termahal ini memiliki resolusi 200 juta piksel yang memungkinkan untuk menghasilkan gambar dengan detail yang sangat menakjubkan.

    Selain ini pula kamera ini memiliki sensor yang telah dipasang ke dalam bingkai simetris multi shoot.

    Untuk harga yang dibandrol kamera ini cukup fantastis yaitu sekitar US$ 45,000 atau Rp 517,2 juta.

    Seitz 6×17 Panoramic

    seitz-6×17-panoramic

    Kecanggihan kamera Seitz 6×17 Panoramic ini memungkinkannya hingga dapat menembus sampai 160 juta piksel pada hasil gambarnya. Dengan dapat menangkap 300 megabyte data setiap detiknya.

    Seitz 6×17 Panoramic sangat mudah dikontrol dan dapat melihat pertinjauan serta menyimpan gambar di laptop ataupun tablet.

    Kamera ini sangat cocok untuk landscape, arsitektur, seni rupa, dan setiap objek yang memerlukan resolusi tinggi.

    Harganya pun sangat mahal yaitu kisaran harga US$ 43,000 atau Rp 494,2 juta.

    Phase One P65+Digital Back Medium Format 645 DF

    phase-one-P65-digital-back-medium-format-645-df

    Kamera ini menjadi  salah satu kamera termahal dengan format digital yang memiliki sensor full frame. Teknologi sensor ini memungkinkan untuk dengan mudah menangkap gambar dengan kualitas tinggi.

    Kamera ini juga dapat menghasilkan gambar sampai 15 megapixel.

    Harganya pun terbilang sangat mahal dan menjadi posisi ketiga kamera tercanggih dan mahal dengan kisaran harga US$ 40,000 atau Rp 459,7 juta.

    Panoscan MK-3 Panoramic

    panoscan-mk3-panoramic

    Kamera ini memiliki panorama serta kemampuan 360 derajat penuh yang bisa dilakukan hanya dalam waktu 8 detik.

    Panoscan MK-3 Panoramic ini menggunakan proses sinyal digital khusus yang memungkinkan untuk membuat gambar panorama.

    Kamera ini biasanya digunakan khusus untuk kepolisian dan militer, yang berguna untuk penyelidikan suatu kasus di tempat kejadian perkara.

    Harganya pun sesuai dengan kecanggihan. Kamera Panoscan MK-3 Panoramic ini dibanderol dengan harga yang fantastis, yaitu kisaran dengan harga US$ 39,000 atau Rp 448,2 juta.

    Leica S2-P

    merk kamera terbaik leica-s2-p

    Leica S2-P begitu populer bagi para fotografer yang suka terlibat dalam aksi fotografi di luar. Kamera digital ini memiliki 37,5 megapixel dan didukung dengan sensor 30 x 45mm.

    Kehebatan lain dari kamera ini yaitu tahan air dan memiliki baterai yang tahan lama.

    Harga kamera ini terbilang lebih murah jika dibandingkan keempat kamera yang sebelumnya. Namun bagi orang awam, harga tersebut masih terbilang fantastis yaitu kisaran harga US$ 30,000 atau Rp 344,8 juta.

    Jika sudah menentukan merk apa yang akan di beli, sekarang kamu perlu memilih jenis lensa yang cocok buat kamera dan aktifitas.

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar