Kenjeran Park Wisata yang Penuh Keberagaman dan Sejarah

Kenjeran Park Wisata yang Penuh Keberagaman dan Sejarah

Pernah ke Surabaya? Sudah pernah mampir ke Wisata Kenjeran Park?

Dulu kawasan Kenjeran Park adalah tempat wisata yang sangat kumuh dan tidak terawat.

Daerah ini sangat jarang dikunjungi wisatawan, yang terlihat disiang hari hanya sepasang muda mudi yang sedang menjalin kasih.

Selain kotor dan tidak terawat, dulu Kenjeran Park tidak banyak yang kenal seperti sekarang.

Sekarang Kenjeran Park sudah sangat bagus, terawat dan bersih.

Bahkan pihak pengelola mengklaim Kenjeran Park akan menjadi Universal Studio nya orang Indonesia.

Daftar Isi

    Tentang Wisata Kenjeran Park

    Kawasan wisata Kenjeran dikelola oleh pihak pemerintah dan swasta. Yang dikelola oleh pemerintah adalah wilayah Kenjeran lama, sedangkan pihak swasta mengelola kawasan Kenjeran baru.

    Di Kenjeran baru ini dibangun Atlantis Land Kenjeran Park. Ini di klaim akan menyaingi wisata Lego Land di Malaysia dan Disney Land.

    Pembersihan yang dilakukan setiap hari di Kenjeran Park, membuat kawasan pantai ini bersih dan indah.

    Jauh sekali dari kesan kumuh. Kita juga bisa menaiki perahu-perahu untuk berkeliling di pantai Kenjeran yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

    Setelah puas berkeliling di pantai Kenjeran Park, pengunjung juga bisa menikmati taman-taman yang indah disekitar pantai.

    Serta beberapa spot selfie seperti ayunan yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu kita juga bisa menunggang kuda untuk berkeliling dengan hanya membayar Rp 15 ribu rupiah.

    kenpark

    Spot Foto Menarik di Wisata Kenjeran Park

    Si kawasan Atlantis Land kita akan banyak sekali menemukan spot foto menarik. Diantaranya adalah patung naga.

    Patung naga ini terletak dibelakang Klenteng. Dengan latar belakang Pantai Kenjeran membuat para wisatawan akan susah untuk tidak beraelfi ria di sini.

    Selain itu terdapat juga tempat peribadatan umat Budha dan Khonghucu.

    Bagi umat Budha di pantai Kenjeran dibangun sebuah Pagoda yang bernama Pagoda Tian Ti, serta dibangun pula Patung Budha Empat Wajah.

    Sementara bagi umat Konghucu ada klenteng Sanggar Agung, serta sebuah patung dewi yang sangat melegenda yaitu Patung Dewi Kwan Im.

    kenjeran park

    Pagoda Tian Ti dibangun sejak 2010. Tempat peribadatan umat Khonghu cu ini lama sudah tidak digunakan lagi.

    Terlihat dari isi didalamnya yang kosong. Yang membuat menarik adalah penampakan dari luar yang kelihatan unik sekali.

    Ada berbagai macam ornamen Cina yang menghiasi Pagoda Ini. Bentuknya juga unik. Ini membuat pengunjung sangat gemar untuk melakukan swafoto di Pagoda Tian Ti.

    Tempat keberadaan Pagoda tersebut berlokasi di Ken Park, yang masuk dalam kawasan Kenjeran.

    Lokasi tepatnya berada di sebuah jalan yaitu jalan Sukolilo no. 100 yang ada di Sukolilo Baru,masuk kedalam kota Surabaya.

    Selain spot menarik diatas, kawasan wisata pantai Kenjeran juga menyediakan berbagai macam kuliner khas Surabya.

    Kunjungi juga 11 tempat wisata di Surabaya.

    Harga Tiket Masuk

    Harga tiket masuk Ken Park cukup murah ,yaitu sebesar Rp 15 ribu rupiah. Kamu pun tidak perlu mbayar tiket lagi untuk bisa berfoto di kawasan Pagoda Tian Ti ini.

    Keindahan lainnya di Kenpark adalah Patung Budha Empat Wajah. Kamu tak perlu jauh-jauh ke Bangkok ataupun Cina untuk menikmati patung Budha Four Face ini.

    Di Surabaya, tepatnya di Kenpark patung yang memiliki empat wajah berbeda ini berdiri kokoh.

    Patung ini berlapiskan emas, menambah daya tarik wisatawan tersendiri. Patung Budha Empat Wajah ini ramai dikunjungi terutama pada hari besar umat agama Budha.

    Selain Patung Budha, dikawasan wisata Kenpark ini juga terdapat Klenteng Sanggar Agung. Klenteng ini didirikan oleh keluarga Soetiadji Yudho.

    Tujuan berdirinya klenteng ini adalah untuk membawa semangat spiritual bagi para penganut Tri Dharma sekaligus untuk membuat ikon baru bagi Surabaya.

    Keunikan dari lokasi Klenteng Agung sendiri adalah letaknya yang diatas laut. Akan kelihatan seperti teluk kecil yang menjorok ke laut. Dengan dikelilingi oleh hutan bakau.

    Dua tahun kemudian setelah klenteng berdiri, dibangunlah patung Dewi Kwan Im. Patung Dewi yang melegenda tersebut mempunyai keringgian 20 meter. Patung itu letaknya membelakangi kawasan pantai timur yang ada Surabaya.

    Menurut kepercayaan umat Khonghucu, sang Dewi dengan sang Budha Gautama mempunyai singgahsana yang berada diatas kahyangan sebenarnya bersinggahsana.

    Tetapi Dewi Kwan Im memilih untuk tinggal di bumi mengajarkan kasih sayang. Dewi Kwan Im sangat di hormati oleh penganut Khonghucu karena sifatnya yang suka menolong orang yang dalam kesusahan.

    Diantaranya rujak cingur, lontong blap, ikan bakar dan sebgaunya. Selain ini disini juga terdapat bermacam-macam hasil laut yang dijual.

    Diantaranya ikan kakap, udang, cumi serta berbagai macam souvenir yang menarik.

    Apabila ingin menikmati pesona wisata pantai Kenjeran lebih lama, disini juga tersedia penginapan. Letak penginapan ini kebanyakan menjorok ke arah pantai. Jadi kamu bisa lebih leluasa untuk menikmati saat sunset maupun sun rise.

    Kunjungi juga daftar wisata Banyumas.

    Wisata Kenjeran Park

    Fasilitas Wisata Kenjeran Park

    Sementara untuk kawasan wisata pantai Kenjeran Baru juga tak kalah menarik. Fasilitas yang ada disini jauh lebih lengkap, ada arena bermain anak, pacuan kuda, arena go kart, balap motor, berenang, juga tenis.

    Di kawasan Kenjeran Baru sering digunakan untuk berbagai macam festival dan lomba.

    Festival yang pernah diadakan adalah festival layang-layang, perlombaan balap motor dan pacuan kuda.

    Pantai wisata Kenjeran dibuka seriap hari selama 24 jam. Harga tiket untuk masuk dikawasan ini sebesar Rp 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk hari libur biasanya harga tiket akan naik.

    Ini tidak masalah bagi pengunjung, karena sepadan dengan keindahan yang di peroleh. Untuk parkir dikawasan wisata ini mulai dari 8 ribu sampai 10 ribu.

    Kebanyakan keluarga senang berada di Wisata Kenjeran Park dengan membawa anak kecil. Karena para orantua tidak perlu kesulitan dalam menemukam permainan untuk anak.

    Di kenjeran park banyak sekali terdapat wahana untuk bermain anak. Sehingga orang tua bisa menikmati pemandangan alam di Kenjeran sambil mengawasi anak-anak bermain.

    Setelah melihat review diatas, paati tidak sabar untuk segera berwisata ke Kenjeran Park.

    Selain tiket yang murah, banyak alasan kenapa orang harus mengunjungi Kenjeran park.

    Kenjeran yang sudah berubah bentuk, kenjeran yang semakin indah dan kenjeran yang memanjakan mata untuk berswafoto.

    Segera agendakan untuk mengunjungi Wisata Kenjeran Park.

    Wisata pantai yang memiliki sejuta pesona, sayang sekali apabila kamu tidak mengunjunginya.

    Lokasi dan Rute Perjalanan

    Tempat wisata Kenjeran Park terletak di jalan Sukolilo yang ada di desa Sukolilo.

    Google maps.

    Desa ini masuk ke kecamatan Bulak terletak di kota Surabaya. Letaknya yang tidak jauh dari jembatan Suramadu, membuat kawasan wisata ini ramai pengunjung terutama pada saat akhir pekan dan musim liburan.

    Ada dua pilihan alat transportasi untuk menuju ke Wisata Kenjeran Park. Yang pertama apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan pribadi kamu ke arah jalan yang menuju ke Suramadu.

    Nah disepanjang jalan akan terdapat papan penunjuk arah yang menuju ke kawasan wisata ini.

    Apabila menggunakan transportasi umum bus, bisa turun di Terminal Bungurasih.

    Dari terminal Bunguarsih menuju Joyoboyo bisa menggunakan bus. Untuk menuju ke Kenjeran bisa menggunakan angkot Lyn P.

    Alternatif lain untuk menuju ke Kenjeran, kamu bisa menaiki angkot Lyn T2 ataupun L. Angkot tersebut sama -sama menuju Kenjeran.

    Selain bus, kamu bisa menggunakan kereta menuju Stasiun Gubeng Surabaya.

    Dari stasiun Gubemg ini kamu harus mencari angkot yang bertuliskan T2. Angkot tersebut yang akan membawa kamu ke Kenjeran.

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar