Ikigai, Sebuah Konsep Agar Hidup Lebih Bermakna

Ikigai, Sebuah Konsep Agar Hidup Lebih Bermakna

The Ikigai way.

Kadang kala kita tidak sadar sering mengeluh tentang rutinitas yang kita jalankan cenderung membosankan.

Bangun pagi untuk berangkat kerja, waktu istirahat hanya dilalui dengan makan, ibadah serta main gadget.

Pulang kerja pun tak henti-hentinya mengeluh karena kondisi jalanan yang begitu macet yang memakan banyak waktu dan emosi menjadi tidak stabil. Sesampainya di rumah hanya tersisah rasa letih dan kesal.

Sadar nggak sadar waktu kita habis dijalan, pun energi kita juga ikut terkuras dijalan. Kita tidak sempat menjalankan hal lain yang kita sukai karena energi kita sudah habis duluan.

Senin sampai jumat dan waktu berlalu begitu cepat, habis hanya dengan rutinitas yang kadang hanya membuat penat.

Sabtu dan minggu menjadi hari pembalasan. Ada yang menghabiskan waktu dengan refreshing pergi jalan-jalan atau sekedar nongki-nongki. Bahkan ada juga yang tidur seharian.

Diusia 20 tahun sampai 30 tahun merupakan usia produktif. Diusia produktif ini harusnya kita memiliki motivasi yang tinggi dan menghasilkan karya-karya sesuai bidang yang kita sukai.

Namun kebanyakan dari kita diusia kerja justru merasa bosan dengan rutinitas, tidak ada semangat dan motivasi.

Dibalik itu semua terselip rasa bersalah kenapa hidup yang kita jalankan terasa tak bermakna karena rutinitas yang dijalankan hanya begitu-begitu saja.

Lalu, bagaimana memperbaiki semuanya agar hidup kita jauh lebih bermakna?

Daftar Isi

    Pengertian Konsep Ikigai

    Salah satu jawaban agar hidup kita lebih bermakna yaitu dengan memahami dan menjalani konsep ikigai.

    Ikigai adalah sebuah konsep hidup yang dijalankan oleh orang Jepang. Ikigai sendiri diambil dari bahasa Jepang yang memiliki arti yaitu alasan untuk ada atau untuk hidup. Sedangkan dalam bahasa Inggris sendiri memiliki arti yaitu “for being“.

    Menurut Ken Mogi dalam bukunya yang berjudul The Book Of Ikigai menerangkan bahwa Ikigai memberikan seseorang makna dalam hidupnya dan memberikan kegigihan agar ia mau melanjutkan hidupnya.

    Secara filosofis Ikigai adalah sebuah prinsip atau cara hidup yang kita lakukan agar lebih bermakna, bermanfaat dan lebih seimbang. Tujuannya agar dapat membantu kamu untuk meraih nilai dalam hidup dan kebahagiaan yang utuh.

    Sederhananya adalah hal yang bisa membuat kamu termotivasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan membuatmu semangat dan rela bangun pagi.

    Manfaat Memilih dan Menjalankan Konsep Ikigai

    Dari sekian banyak konsep hidup yang ada, mengapa harus memilih konsep hidup ikigai dalam menjalankan kehidupan sehari-hari kita?

    Selain memberikan nilai atau makna hidup, ikigai memiliki banyak manfaat untuk hidup kita.

    Berikut ini beberapa manfaatnya:

    1. Memberikan dampak praktis yang cukup signifikan pada produktivitas kita
    2. Menciptakan motivasi yang kuat dalam bekerja bagi mereka yang menjalankan filosofi ini
    3. Membantu mempercepat dalam mengambil tindakan
    4. Lebih cepat dalam melakukan pekerjaan
    5. Menciptakan etos kerja yang lebih baik. Mereka yang menjalankan konsep Ikigai meyakini bahwa pekerjaan yang mereka lakukan memiliki dampak yang baik untuk orang lain
    6. Orang yang menjalani konsep ikigai memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung

    Bagaimana? Tertarik untuk mendalaminya?

    Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, menurut reporter National Geographic yaitu Dan Buettner mengatakan bahwa:

    • Ikigai merupakan rahasia orang-orang Okinawa supaya bisa hidup panjang umur dan tetap semangat bahkan setelah umur 100 tahun.
    • Ikigai yang membuat orang-orang Okinawa semangat untuk bangun pagi. Karena begitu mereka bangun, mereka tahu kenapa harus bangun pagi ini dan apa yang harus dilakukan hari ini.

    Cara Menemukan Ikigai

    Bagi kamu yang ingin mencoba menjalankan konsep Ikigai pasti bingung gimana caranya. Kamu tidak harus menjadi masyarakat Jepang untuk bisa menemukan ikigai kamu.

    Lalu bagaimana cara menemukan ikigai?

    Dalam menemukan Ikigai yang paling penting adalah menemukan dan menyeimbangkan 4 aspek berikut ini:

    1. Apa yang kita suka: maksudnya adalah berbagai hal yang kamu sukai seperti hobi atau minat kamu.
    2. Hal yang kita bisa: maksudnya adalah bakat yang kamu bisa.
    3. Apa yang dibutuhkan oleh dunia: maksudnya adalah apa yang dibutuhkan oleh orang banyak.
    4. Apakah bisa mendapatkan imbalan: maksudnya adalah apakah kita akan mendapatkan imbalan dari tiga aspek sebelumnya yang sudah kita kerjakan.

    Jika empat aspek di atas digabungkan akan terbentuk sebuah diagram ven seperti dibawah ini:

    ikigai adalah

    Jika kamu sudah menemukan dan menyeimbangkan empat aspek yang telah disebut di atas itu artinya kamu sudah berhasil menemukan Ikigai.

    Empat aspek ini harus saling melengkapi. Jika kamu hanya menemukan beberapa aspek saja, itu belum bisa dikatakan sudah menemukan ikigai.

    Beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

    Passion

    Jika kamu hanya menemukan minat dan bakat saja itu disebut Passion. Menemukan dua aspek bakat dan minat masih belum bisa dikatakan menemukan ikigai.

    Karena Passion saja tanpa dua aspek lainnya yang kamu hasilkan hanya rasa senang tapi masih belum berguna dan memenuhi aspek yang diperlukan orang banyak.

    Contohnya yaitu ketika kamu mempunyai hobi membuat desain pakaian dan membuatnya menjadi pakaian jadi hanya untuk diri kamu sendiri.

    Profesi

    Gabungan antara aspek apa yang kita bisa atau bakat dengan aspek mendapat imbalan atau apa yang bisa bayar kita disebut Profesi.

    Jika kamu hanya menemukan profesi tanpa adanya aspek kecintaan terhadap apa yang kamu lakukan serta aspek apa yang dibutuhkan orang banyak tentu akan membuat kamu merasa hampa dan kurang bahagia.

    Pekerjaan

    Ketika kamu melakukan apa yang dibutuhkan orang dan dibayar itu disebut dengan pekerjaan. Gabungan aspek imbalan dan apa yang dibutuhkan banyak orang masih belum bisa dikatakan ikigai juga.

    Hal ini dikarenakan empat aspek dalam membentuk sebuah ikigai masih belum lengkap.

    Jika kamu hanya mempunyai pekerjaan tapi tidak didasari dengan apa yang kamu sukai (bukan passion kamu), pekerjaan yang dilakukan bukan bakat kamu hanya mendapatkan upah saja tapi tidak merasakan bahagia saat bekerja.

    Misi

    Gabungan antara aspek apa yang kamu suka dengan aspek apa yang dibutuhkan banyak orang disebut misi. Contohnya yaitu Volunteer.

    Meskipun kamu melakukan hal yang membuatmu senang, hal yang kamu sukai dan memberikan manfaat bagi banyak orang, tapi kamu tidak mendapat imbalan atau bayaran itu juga tidak bisa.

    Kamu juga harus tetap realistis karena hidup membutuhkan uang, ketika kamu tidak mendapatkan imbalan, kamu tidak memiliki uang, ketika kamu tidak memiliki uang kamu akan miskin.

    Dan ketika kamu miskin tentu saja hidup kamu tidak bahagia.

    Langkah Setelah Menemukan Ikigai

    Berhasil menemukan ikigai bukan berarti stop sampai disini. Masih ada hal yang harus kamu lakukan.

    Setelah menemukan empat aspek dan menggabungkannya dalam arti kamu sudah berhasil menemukan ikigai.

    Lalu apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?

    Dalam buku berjudul “Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life” karangan Hector Gracia dan Francesc Miralles disebutkan bahwa:

    Tantangan selanjutnya yang harus kita hadapi adalah bagaimana caranya agar kita bisa berada di jalan yang benar dan hidup sesuai dengan ikigai kita.

    Jadi, menemukan saja belum cukup tapi harus bisa menjalankannya juga.

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar