Menikmati Keindah Flora dan Fauna Bukit Lawang

Menikmati Keindah Flora dan Fauna Bukit Lawang

Best of bukit lawang, sepetak surga di pulau sumatera.

Libur panjang sudah di depan mata. Horeeeee !!! Saatnya berlibur. Eitss, sebelum berwisata, tentunya kamu sudah mempunyai rencana, mau kemana akan berlibur bukan? Apa jangan-jangan kamu masih bingung mau berwisata kemana?

Waktu liburan kamu jangan sampai sia- sia banyak waktu terbuang di kemacetan. kamu gak mau kan agenda liburan menjadi “Nonton Macet Bareng Keluarga”, jangan sampe deh.

Untuk itu pilihlah tempat wisata yang asyik, tentunya yang gak membuat liburan kamu cuma habis diperjalanan.

Bukit Lawang, ini dia salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi disaat libur panjang tiba.

Daftar Isi

    Mengapa Bukit Lawang?

    Merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Baharok, Kabupaten Langkat.

    Wisata kebanggaan warga Sumatera Utara ini menawarkan keindahan alam, lengkap dengan flora dan faunanya yang masih asri.

    wisata bukit lawang

    Suasana yang damai, adem, tentram akan kamu dapatkan disini. Jika kamu memilih berwisata ke Bukit Lawang, tentunya kamu tidak akan merasakan yang namanya macet, seperti kamu berwisata ke kota besar.

    Seperti yang telah di ketahui, Sumatera Utara merupakan pulau dengan penduduk terbesar ke empat setelah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

    Jadi, jika dibandingkan dengan berwisata ke kota di ketiga provinsi teratas, kamu akan jauh lebih nyaman karena kemungkinan macet, padet itu kecil, sehingga kedamaian dan kenyamanan akan kamu dapatkan.

    Wisata Alam Bukit Lawang

    Wisata Alam Bukit Lawang merupakan salah satu wisata alam di indonesia yang digemari para wisatawan mancanegara.

    Jika berlibur kesini, kamu bisa sekalian menjajaki berwisata ke Taman Nasional Gunung Leuser, karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Wisata Alam Bukit Lawang, dan merupakan pintu masuk dari sisi timur

    Bukit Lawang merupakan pintu gerbang terbaik untuk menuju Taman Nasional Gunung Leuser. Wisata Alam Bukit Lawang ini merupakan sebuah desa yang berada di tepi Sungai Bahorok.

    Yang Bisa Kamu Nikmati di Bukit Lawang

    Kegiatan yang dapat dilakukan selama berlibur disini:

    1. Keindahan flora dan fauna

    Saat berwisata kesini, kamu dapat melihat beraneka macam satwa serta tumbuhan. Seperti orangutan, gajah, dan satwa lainnya serta bunga raflesia yang jarang ditemui disembarang tempat.

    Bahkan kamu dapat melihat binatang dihabitatnya secara langsung.

    Salah satunya yaitu di tempat penangkaran orangutan. Satu hal yang harus diperhatikan, saat kamu berada di penangkaran orangutan, kamu disarankan untuk tidak berisik, agar tidak mengganggu kenyamanan orangutan.

    orangutan

    Pengunjung tidak diijinkan untuk sembarangan memberi makan orangutan, seperti saat kamu memberi makan binatang di kebun binatang. Semua ini ditujukan agar menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti penyebaran penyakit baik terhadap orangutan maupun wisatawan.

    Dahulu penangkaran orangutan ini hanya boleh dikunjungi oleh peneliti dan koservasionis saja, hingga pada akhirnya tempat ini menjadi Pusat Pengamatan Orangutan Sumatera, sehingga banyak wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara yang berkunjung kesini.

    2. Refting di sungai Baharok

    Lokasinya yang berada di tepi Sungai Baharok, menjadikan tempat ini sebagai tempat yang pas untuk refting. Sungai Baharok yang terletak di Bukit Lawang ini, memiliki aliran air yang cukup deras airnya yang begitu jernih dan bersih.

    sungai bahorok
    Foto wisatasumutpaten.com

    Di sepanjang sungai bahorok, berjejer penginapan serta cafe yang dominan berpenghuni wisatawan mancanegara. Nah, terbuktikan, mereka yang jauh jauh dari luar negeri saja melancong ke Bukit Lawang, masa kamu gak mau nyobain kesini?

    3. Hutan hujan tropis

    Hutan hujan tropis yang terdapat di kawasan wisata, keindahannya begitu menggoda, sehingga banyak wisatawan mancanegara berbondong bondong kesini.

    Saking indahnya, hutan hujan tropis yang berada disini terkenal sampai ke mancanegara.

    4. Air terjun

    Menikmati segarnya air yang menjadi hulu Sungai Bahorok ini bakal menembus ke sanubari dan menghilangkan lelah setelahi jelajah hutan.

    Air terjun disini berbentuk bertingkat, selain bentuknya unik juga menghadirkan pemandangan yang menawan untuk dijadikan objek foto yang kekninian.

    5. Satwa di habitat asli

    Menyaksikan satwa langka di kebun binatang merupakan hal yang biasa. Bagaimana jika melihat binatang liar di habitat aslinya, apalagi di tengah hutan tentu akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

    Aktifitas ini cocok untuk rombongan kecil siswa siswi yang ingin mengenal satwa dari dekat. Namun harus tetap waspada ya, terkadang meraka muncul tiba-tiba.

    Dan jangan mengganggu satwa disana, jika melanggar bisa di usir pihak pengelola.

    5. Wisata goa

    Wisata alam paket lengkap, selain sungai dan hutan, objek alam di kawasan wisata ini juga dekat dengan beberapa goa purba yang eksotis.

    Foto: Tribun Medan

    Rumah bagi jutaan kelelawar, lokasi goa sedikit menantang. Persiapkan diri jika ingin menuju kesana.

    Untuk menghidupi warga sekitar, jangan ragu untuk meminta guide lokal, murah kok, 30-60k saja, tergantung rombongan.

    7. Restoran Kapal Bambu

    Restoran berbagan bangunan dari bambu ini rancangan seorang arsitek asal swiss, Lukas Zollinger.

    Restoran Kapal Bambu

    Dapat menampung 150 pengunjung, Terdapat fasilitas resto dan bar. bangunan ramah lingkungan ini hanya sedikit membuthkan listrik loh.

    Makanan dan minuman yang ditawarkannya pun enak dan segar. Bangunannya sangat unik, cocok buat feed instagram.

    Jam Operasional

    Bagi kamu yang ingin melihat satwa khususnya orangutan di penangkaran orangutan, jam operasionalnya yaitu tepat bersamaan dengan jadwal makan orangutan yakni pukul 09.00 s.d 10.00 serta pukul 15.00 s.d 16.00.

    Fasilitas yang Ada di Bukit Lawang

    Pengelola dan warga sekitar bekerja sama memningkatkan kenyamanan turis dengan berbagai fasilitas berikut:

    1. Parkir

    Di tempat wisata bukit lawang, menyediakan area parkir untuk para wisatawan yang datang kemari dengan menggunakan atau membawa kendaraan.

    2. Hotel

    Tak perlu khawatir mau tidur dimana, karena di bukit lawang, menyediakan hotel untuk kamu yang akan berlama lama berwisata kesini.

    penginapan bukit lawang

    3. Pondok bernuansa alami

    Bosen dengan suasana hotel yang begitu gitu saja? Disini, di bukit lawang menyediakan tempat bermalam dengan nuansa yang berbeda, yaitu pondok yang bernuansa alami.

    Dengan nuansa yang alami, akan menimbulkan suasana yang nyaman dan menyejukan hati.

    4. Fasilitas penunjang lain

    1. Restaurant atau Tempat Makan
    2. Warnet di sekitar lokasi
    3. Viewing Centre
    4. Areal Camping Ground
    5. Information Corner
    6. Visiting Centre
    7. Terminal
    8. Sampan untuk menuju ke Taman Nasional Gunung Leuser
    9. Papan Informasi Feeding Site

    Tarif Wisata Bukit Lawang

    Untuk masuk, tiket hanya 5k dan 2k untuk menyebrang jembatan gantung.

    Hotel dan Penginapan Bernuansa Alam antara Rp. 100.000 sampai Rp. 500.000/ malam.

    bukit lawang ecolodge

    Info Rute dan Akses Bukit Lawang

    1. Untuk sampai ke Lokasi, kamu dapat menempuh perjalanan lewat jalur udara yakni dengan menggunakan pesawat terbang dari Bandara di Kota Medan menuju Bandara Kualanamu.

    Dari situ kamu dapat melanjutkan perjalanan lewat jalur darat dengan menggunakan angkutan umum menuju Binjai.

    Jangan khawatir macet, karena rute menuju area wisata cenderung lancar, dikarenakan akses menuju lokasi sangat baik, jalanan yang rata dan beraspal membuat perjalanan kamu lebih nyaman. Rata-rata perjalanan menuju yaitu 2,5 Jam.

    2. Untuk menuju ke penangkarang orangutan, kamu dapat menempuh perjalanan dengan berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri sungai, kurang lebih sampai 20 menit. Darisitu kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menyebrangi sungai menggunakan perahu yang berukuran kecil.

    3. Jika kamu ingin berwisata ke Taman Nasional Gunung Leuser, kamu dapat menempuh perjalanan dari Bukit Lawang hanya dengan menyebrangi sungai menggunakan sampan.

    Save

    Bantu rate ya ..

    Tulis Komentar