camping-alas-purwo

Tips Aman Camping Di Alas Purwo Banyuwangi

Tidak dapat dipungkiri keindahan Taman Nasional Alas Purwo nan eksotis memang selalu menarik perhatian bagi siapapun yang mendengarnya.

Sadengan, Pura Luhur Giri Salaka, Pantai Trianggulasi, Pantai Pancur, G-Land, merupakan beberapa destinasi wisata yang ada di Alas Purwo.

Terutama G-Land yang digadang-gadang mempunyai ombak terindah kedua se-Asia. Dibalik keindahan dan eksotisme Alas Purwo, masih tetap ada cerita mistik yang sudah ada sejak dulu.

Digadang-gadang menjadi Alas tertua di Jawa dan menjadi kerajaan jin terbesar di Jawa menambah kesan tersendiri untuk Alas Purwo. Makam Mbah Dowo, Goa Soekarno, dan lain-lain. Destinasi yang kerap ramai saat malam satu suro.

Semua hal itulah yang mungkin membuat sesorang memberanikan diri untuk camping di Alas Purwo. Menurutnya eksostisme dan keindahan pantai yang ada di Alas Purwo, ditambah dengan masih terjaganya kealamian hutan Alas Purwo menjadi kombinasi terbaik untuk camping.

Bayangkan saja, mendengarkan suara ombak menghantam karang dan suara-suara hewan malam yang entah ada dimana. Hmm, pasti akan menenangkan hati sekali.

Ok, bagi kalian yang juga ingin mengunjungi Alas Purwo atau ingin camping juga disana mimin akan mengulas lengkap dibawah. Langsung saja kita mulai dari transportasi menuju Alas Purwo.

Cerita ini merupakan pengalaman langsung dari sahabat kami yang merupakan seorang Travel Blogger Omar Abdullah, founder dari CarrierStory.

Transportasi dan Cara Menuru Alas Purwo

Lokasi dari Alas Purwo ini berada di bagian ujung selatan Banyuwangi. Tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju Alas Purwo.

Jadi mau tidak mau kamu mesti sewa motor ataupun mobil. Jaraknya dari Banyuwangi Kota sekitar 3 jam perjalanan. Untuk jalanannya sendiri saat ini sudah full aspal.

alas-purwo-banyuwangi

Selain itu mungkin bias menggunakan jasa ojek, namun saya pastikan harganya akan sangat mahal. Mengingat jaraknya yang masih cukup jauh dari Banyuwangi Kota.

Penginapan

Untuk penginapan saat ini hanya tersedia di G-Land. Disana banyak homestay yang harganya variatif.

Namun jika kamu hanya punya budget yang pas-pasan agan bisa mendirikan tenda di Pantai Pancur. Disana sudah tersedia camping ground, musholla, toilet, warung, dan pos penjagaan.

Biaya dan Tiket Masuk

Untuk tiket sendiri bisa kamu dapatkan di pos Rowobendo. Atau pos kedua jika dari arah Banyuwangi. Jika menggunakan sepeda motor dan sendiri biaya yang dikenakan Rp. 10.000,- dengan detail 1 sepeda motor, dan 1 orang.

Rincian Biaya 2018:

  • Sewa Motor 2 hari = Rp. 150.000,-
  • Bensin 3x full tank = Rp. 150.000,-
  • Tiket masuk = Rp. 10.000,-
  • Logistik = Rp. 75.000,- (Makan, masak sendiri)
  • Penginapan = Rp. 0,- Camp
  • Biaya lain-lain = Rp. 50.000,- (Jajan, dll)
  • Total: Rp. 435.000,-

Jadi total cost yang mungkin butuhin dari Banyuwangi Kota ke Alas Purwo sekitar 450rb. Itu belum termasuk kalau ingin ke G-Land terus ingin surfing yang pasti harus sewa papannya.

Untuk toilet dan parker disana sudah gratis gan. Dan betul-betul bersih tempatnya. Kinerja yang bagus dan patut diapresiasi untuk Pemkab Banyuwangi disektor Pariwisata.

backpacker-alas-purwo

Tata Krama

Kembali lagi ke topik Alas Purwo. Semua orang juga pasti sudah tau tentang hal-hal mistik Alas Purwo.

Tapi bukan berarti Alas Purwo ini tidak bias dikunjungi. Bahkan bisa sekali dan sebenarnya sama saja seperti destinasi wisata lainnya. Hanya saja ada beberapa hal yang bisa kita lakukan ditempat lain, tapi tidak di Alas Purwo. Salah satunya berkata kasar atau misoh Bahasa jawanya.

Lalu menebang pohon, atau mengambil hewan, batu, tumbuhan untuk dibawa pulang. Di Alas Purwo hal itu dilarang sekali. Jika tetap memaksa, imbasnya saat kamu sudah sampai rumah.

Bakal ada hal buruk yang terjadi dan semua itu hanya bisa berakhir jika kamu mengembalikan barang yang diambil ke tempat semula (Serius).

Intinya jaga tata karma, ucapan, dan jangan ambil ataupun merusak barang yang memang bukan punya kita. Kalau menurut narasumber, yang penting niatnya kalau niatnya baik juga pasti kita enggak akan mendapatkan hal-hal buruk kok.

Cukup sekian dulu informasi yang kami sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu. Tetap semangat, and have a nice day everyone.

Kamu suka guest post dari mas Omar Abdullah? atau ingin camping bareng teman-teman CarrierStory, bisa langsung cek akun Instagramnya disini.

Tulis Komentar