wisata alam di jogja

[Ulasan Lengkap] 10 Wisata Alam Jogja yang Wajib di Kunjungani di 2017

Entah kenapa, wisata alam Jogja sangat jarang sekali terekspos media. Mungkin karena Jogja sudah terlalu melekat dengan candi-candinya, ataupun bangunan-bangunan kolonialnya.

Padahal, Daerah yang dipimpin seorang Sultan ini mempunyai potensi wisata alam yang sangat luar biasa.

Dengan kondisi geografis yang langsung berhadapan dengan samudera hindia dan dataran jogja yang beragam, tentunya kota gudek memiliki wisata alam yang menarik dan mungkin tidak ditemukan ditempat lain. berikut wisata alam Jogja yang keren banget.

1. Puncak Becici

Puncak Becici menjadi tempat wisata alam jogja paling keren untuk menikmati Jogja dari ketinggian.

Jejeran sawah dengan background Gunung Merapi yang dengan gagah menjulang menjadi suguhan utama di Puncak Becici. Pemandangan cantik ini semakin nampak ketika dinikmati dari atas sebuah gardu pandang yang dibangun pada sebatang pohon pinus.

Puncak Becici

Foto: jogjaempatroda.com

Waktu yang tepat untuk menikmati panorama puncak becici adalah sore hari. Ketika senja melai menjinggakan langit jogja, pemamdangan di waktu-waktu ini sangat keterlaluan indahnya.

Lokasi Puncak Becici

Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Indonesia. Google Maps.

Buka jam 05.00 – 19.00. Telepon: +62 896-6697-4733.

Rute Puncak Pecici

Via jalan Imogiri Timur. Dari kota yogyakarta menuju ke terminal giwangan yogyakarta. Dari perempatan terminal, lurus ke arah selatan menuju ke arah pemakaman raja di Imogiri.

Perjalanan di lanjutkan ke atas menuju ke Mangunan, melewati hutan pinus Mangunan. Lurus ke atas. Nanti di pinggir jalan sudah ada petunjuk menuju ke Puncak Becici.

Via Dlingo. Dari Kota Jogja menuju Jl. Wonosari. Setelah sampai di perempatan Patuk Gunungkidul, belok kanan.

Lalu ikuti petunjuk arah ke daerah Dlingo. Setelah sampai di  Hutan Pinus Sudimoro 1, lalu ikuti petunjuk arah menuju ke puncak becici.

2. Pemandian Tirta Budi

Sudah sejak beberapa dekade ini, warga Desa Dalem, Widodomartani hidup berkelimpahan air. Tiga titik mata air yang tak pernah kering sepanjang tahun menjadi tumpuan hidup mereka, Sendang Wadon (putri), Belik Kluwih dan Sendang Lanang (putra).

Pemandian Tirta Budi

Foto: nesiatrav.com

Destinasi wisata alam Jogja yang memiliki julukan Blue Lagoon ini meskipun mungil dan jauh berbeda dengan Blue Lagoon yang ada di islandia, pemandian ini tetap saja unik dan mampu memikat siapapun yang mengujunginya.

Tak hanya basah-basahnya, disini kamu bisa merasakan terapi ikan, rasanya kaya ada geli-gelinya gitu. hehe

Lokasi Pemandian Tirta Putri

Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584, Indonesia. Google Maps.

Buka jam 06.00 – 17.00.

Rute Pemandian Tirta Putri

Dari kota Jogja, silahkan menuju Jl. kaliurang, sampai pertigaan Besi sekitar di KM-13, belok ke kanan, jalan lurus sampai pertigaan lagi (kanan jalan Bank BPD DIY), belok ke kanan ada sedikit turunan, jalan saja kira-kira 50M. Sampailah tempat yang dituju.

3. Embung Batara Sriten

Pada awalnya, pembangunan Embung Batara Sriten sebagai solusi untuk mencegah kelangkaan air didaerah pegunungan Baturagung Utara. Namun ternyata menjadi kawasan agrowisata buah di sekitarnya, dengan memanfaatkan air hujan yang ditampung di musim penghujan.

Embung Batara Sriten

Foto: jeonatnahasan.com

Disini disediakan gazebo-gazebo unik untuk memanjakan wisatawan yang ingin menikmati pemadangan dari telaga buatan ini. Titik tertinggi disini adalah Puncak Tugu Magir yang menyuguhkan pemandangan 360 derajat disekitarnya.

Lokasi Embung Batara Sriten

Nglipar, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55852, Indonesia. Google Maps.

Rute Embung Batara Sriten

Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Pertigaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar » Perkebunan Hutan Kayu Putih » Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri » Jalan Nglipar-Ngawen » Kedungpoh » Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,5 ke kiri » ikuti jalan aspal dan cor blok sambil lihat penunjuk arah ke Embung Batara Sriten dan Perbukitan Baturagung.

4. Desa Wisata Ketingan

Ribuan burung kuntul bersarang hampir di semua pohon tinggi di Desa Wisata Ketingan. Uniknya, burung-burung ini hanya tinggal di desa ini. Kehadiran burung-burung yang jumlahnya ribuan ini menjadi daya tarik wisata di desa tersebut.

Desa Wisata Ketingan

Foto: objekwisatapopuler.com

Selain mengamati burung, upacara adat Merti Bumi yang rutin diselenggarakan pada bulan September pun ikut menarik untuk diikuti. Berbagai pertunjukan seni budaya seperti pertunjukan wayang, kirab dan kenduri sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada sang pemilik kehidupan atas hasil bumi yang melimpah setiap tahun.

Bagi kamu yang ingin menginap disini, banyak disewakan homestay dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp. 100.000 / malam (3x makan).

Desa wisata Ketingan terletak di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata Ketingan ini terletak 3 Km dari jalan Magelang.

Lokasi Desa Wisata Ketingan

Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata Ketingan ini terletak 3 Km dari jalan Magelang.

Rute Desa Wisata Ketingan

Kamu dapat menempuh rute Yogyakarta-Jalan Magelang–Mlati–Desa Wisata Ketingan. Desa wisata ketingan ini sangat dekat dengan pasar cebongan. Tak perlu takut tersesat, karena ada petunjuk arah untuk menuju Desa Wisata Ketingan.

5. Gua Kidang Kencana

Buat kamu yang suka kegiatan wisata yang lebih menantang, Gua Kidang Kencana. Petualangan menyusuri perut bumi dengan pemandangan dinding goa yang runcing menjadi pengalaman seru tersendiri digua ini.

Diameter gua ini sangat beragam, bahkan di beberapa rusa justru sangat lapang dan bisa digunakan untuk mengambil gambar diri (selfy :red), gunakan kamera yang agak bagusan yak, disini gelap.

Gua Kidang Kencana

Foto: sanutra.com

Fenomena geologis ini semakin memikat ketika pengunjung menemui bentuk batuan yang menyerupai bentuk benda-benda lain.

Seperti Ringin Kurung yang merupakan batuan kapur besar berbentuk pohon beringin lebat, batuan serupa kentongan, ruangan luas yang disebut Selangit, bebatuan alami menyerupai stupa candi, Soko Bentet yang merupakan tiang gua dan masih banyak lagi.

Lokasi Gua Kidang Kencana

Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kec. Girimulyo, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674, Indonesia. Google Maps. Telp. +62 888-2838-598.

Rute Gua Kidang Kencana

Dari Kota Jogja – perempatan Ring Road Demak Ijo – Jl. Godean – Pasar Godean – jembatan Sungai Progo – Pasar Kenteng – Nanggulan – Pasar Jonggrangan – pertigaan Gua Kiskendo ambil kanan – ikuti papan petunjuk jalan menuju Gua Kidang Kencono – Gua Kidang Kencono

6. Kebun Teh Nglinggo

Bukan hanya bandung, Jogja pun memiliki hamparan kebun teh yang terletak di perbukitan Menoreh, Kulon Progo.

Desa Wisata Nglingo tak bisa dipisahkan dari sejarah kepahlawanan Pangeran Diponegoro ketika perang melawan Belanda bersama pasukannya di perbukitan Menoreh.

Kebun Teh Nglinggo

Foto: waktunyelo.com

Disini kamu bisa menikmati delapan puncak gunung sekaligus.Sseperti Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro serta Prau. Selain itu di kebun teh ini kam bisa menikmati kehangata sunrise.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo

Pagerharjo, Samigaluh, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673, Indonesia. Google Maps.

Rute Kebun Teh Nglinggo

Dari Kota Jogja – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Desa Wisata Nglinggo – Desa Wisata Nglinggo – Kebun Teh Nglinggo

7. Wisata Alam Jogja – Gunung Ireng

Gunung Ireng merupakan tempat terbaik untuk menikmati panorama matahari terbit di Gunungkidul. Mitos yang melekat di masyarakat sekitar, bukit ini terbentuk karena tendangan pendekar bernama Bratasena yang marah karena diganggu kumpulan monyet di puncak Gunung Merapi. Konyol kan. hihihi

Gunung Ireng

Foto: marikitadolan.wordpress.com

Gunung Ireng memang belum populer sebagai wisata alam Jogja, namum pemandangan matahari terbit disini sangat amat cantik. Bias emas di langit Jogja meunjukan kebesaran Tuhan.

Di sisi lain Gunung Ireng, ada pondok kayu cukup besar, yang mampu menampung sepuluh orang, dengan pemandangan kurang lebih sama. Sepertinya akan menjadi pusat instalasi listrik yang dikelola pengembahng lokasi ini.

Lokasi Gunung Ireng

Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Pathuk, Gunung Kidul. DIY Yogyakarta.

Rute ke Gunung Ireng

Dari Bukit Bintang – Jl Wonosari – Belok kanan di Perempatan Polsek Patuk – Lurus ke Jl Patuk-Pengkok – Peremptan Tugu Semar belok kanan – Ikuti papan petunjuk hingga ke Gunung Ireng

8. Gua Rancang Kencono

Wisata alam jogja yang satu ini sedikit mistis kalo dilihat dari sejarah.

Menurut data yang tercatat di Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta yang tulis oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta (BP3) , Gua Rancang Kencono merupakan gua purba yang  sejajar dengan Gua Braholo yang terdapat di Kecamatan Rongkop.

Hal ini berdasarkan pada penemuan artefak dan tulang belulang yang diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Gua Rancang Kencono

Foto: yukdolanjogja.com

Di gua ini juga terdapat beberapa lorong sempit dan untuk memasukinya harus dengan satu persatu. Dan bagi pengunjung yang berbadan sedikit lebar tidak diijinkan karena dipastikan tidak akan muat. Di dalam lorong tersebut terdapat ruangan yang cukup luas dan berukuran sekitar 5×6 meter.

Saat malam hari, suasana Gua Rancang Kencono yang disinari samar cahaya bulan terasa mistis sekaligus eksotis. Redup cahaya bintang dan sinar lampu taman yang redup menjadi teman setia berbincang sambil menikmati secangkir wedang jahe.

Lokasi Gua Rancang Kencono

Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861, Indonesia. Google Maps.

Buka jam 08.00 – 16.00. Telp

Rute Gua Rancang Kencono

  • Jalur pertama : Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan
  • Jalur kedua : Yogyakarta – Imogiri – Panggang – Playen – Bleberan

9. Taman Sungai Tuk Mudal

Kulon progo menyimpan banyak wisata alam Jogja yang tak kalah indah salah atunya adalah taman sungai tuk mudal.

Taman sungai tuk mudal adalah sebuah mata air yang memancar dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Nama “Mudal” diadaptasi karakter sumber air yang selalu memancarkan air sepanjang tahun hingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar melalui pipa yang dihubungkan keperkampungan.

Taman Sungai Tuk Mudal

Foto: piknikasik.com

Kolam alami yang tersedia untuk berendam, berenang atau bermain air yang dibuat dengan membendung sungai menjadi wahana yang sangat menarik untuk dinikmati. Berbagai jenis bunga terutama anggrek, terlihat mulai ditanam di sepanjang bantaran kolam alami. Adem banget.

Lokasi Taman sungai tuk mudal

Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674, Indonesia. Google Maps.

Rute ke Taman sungai tuk mudal

Dari Kota Jogja – Perempatan Demak Ijo Ringroad Barat ke arah Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – pertigaan belok ke kanan ke arah Gua Kiskendo – mengikuti jalan hingga sampai di Gua Kiskenda – Pertigaan Gua Kiskenda lurus – pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap – mengikuti petunjuk ke arah Taman Sungai Mudal – Taman Sungai Mudal

10. Cave Tubing Kalisuci

Wista alam Jogja yang wajib kamu kunjungi juga, Cave tubing Kalisuci menjajikan aktivitas wisata adventure menyusuri sungai bawah tanah menggunakan ban dalam. Kebayang kan gimana serunya ?

Cave Tubing Kalisuci

Foto: beautifultraveling.wordpress.com

Petualangan yang sedikit extreme dimulai saat rute memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Pencahayaan satu-satunya hanya dari headlamp. Stalaktit yang terlihat di atap gua terus meneteskan air, beberapa diantaranya merupakan batu kristal.

Kegiatan semacam ini tidak akan kamu temui disaat permukaan air tinggi saat musim penghujan, karena terlalu berbahaya mengingat arus yang deras dan terlalu dekat dengan dinding goa.

Lokasi Cave Tubing Kalisuci

  • Telp: 081741228226 | 087839740730 | 087738794513
  • BM: 25C17D57, 2A10C404
  • Email: cavetubing@ymail.com | cavetubingkalisuci@gmail.com
  • Facebook: Kalisuci Cave Tubing
  • Twitter: @kalisucicavetub
  • Instagram: @kalisucicavetubing

Rute Cave Tubing Kalisuci

Jogja menuju Piyungan, Patuk, Sambipitu, Hutan Rest Area Bunder, pertigaan Lanud TNI AU Gading lurus menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari arah Baleharjo, Jembatan Jirak Semanu, Perempatan timur Jembatan Jirak ke kanan kemudian Pasar dan Terminal Semanu, Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan kemudian setelah ± 800 meter masuk pintu gerbang kawasan wisata Kalisuci di kanan (Utara) jalan.

 

Oke guys, sampai sini dulu sukagitu ngeshare ulasan Wisata Alam Jogja secara lengkap. Lain waktu pasti update lagi. Kalo ada informasi yang dirasa kurang akurat, mohon komennya 😀

[Ulasan Lengkap] 10 Wisata Alam Jogja yang Wajib di Kunjungani di 2017
4.8 (95%) 4 votes

Comments

  1. Reply

    • By Mpit

      Reply

  2. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *