tempat wisata di purwakarta

6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Gak Bisa Diremehin

Usai dari Bandung, kini kita beralih ke tempat wisata di Purwakarta, sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat. Kota yang merupakan tetangga dari kota kembang ini, ternyata tak mau kalah soal tempat wisata.

Kota yang dipimpin oleh H. Dedi Mulyadi, S.H. ini ternyata memiliki banyak tempat wisata loh, mulai dari wisata alam seperti waduk, situ, dan pegunungan.

Selain wisata alam, masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang pastinya menyuguhkan pesona keindahan tersendiri.

Tempat Wisata di Purwakarta

Oke deh, gamau basa basi. Langsung saja, ini dia tempat wisata di Purwakarta yang wajib kamu kunjungi.

1. Waduk Jatiluhur

Tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Mengapa? Karena waduk Jatiluhur merupakan bendungan terbesar dan serba guna yang ada di Indonesia. Waduk Jatiluhur ini dibuat oleh kontraktor yang berasal dari Perancis, tepatnya pada tahun 1957.

waduk jatiluhur

Foto: wisatanesia.co

Keindahan panorama danau yang dimiliki bendungan ini, menjadi daya tarik sendiri, sehingga waduk Jatiluhur menjadi salah satu objek wisata di Purwakarta yang wajib kamu kunjungi.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Waduk Jatiluhur

Yang pertama, tentunya keindahan pesona alam yang ada disekitaran waduk, seperti danau yang pastinya bikin kamu fresh dan nyaman.

Bagi pecinta mancing mania, disini kamu bisa mencoba dan merasakan sensasi strike yang berbeda. Selain terdapat banyak jenis ikan, di waduk Jatiluhur juga terdapat tempat budidaya ikan, khususnya ikan keramba jarring apung.

Jika disiang hari kamu hanya menghabiskan waktu untuk memancing, di sore harinya kamu dapat menghabiskan dan menikmati ikan bakar yang sudah kamu tangkap. Wenakkk tenan.. wkwk

Yang mau berwisata keluarga, tempat ini pun bisa menjadi alternatif saat kamu berlibur bersama keluarga. Terdapat playground untuk bermain si kecil, serta berbagai macam sarana rekreasi lainnya.

Yang mau basah-basahan, bisa berenang di kolam renang yang ada di kawasan ini. Yang mau makan-makan bareng keluarga juga bisa kok, karena di waduk Jatiluhur terdapat restaurant.

Fasilitas di Waduk Jatiluhur

  1. Penginapan seperti Hotel dan Bungalow
  2. Restaurant dan Bar
  3. Kolam Renang dengan Water Slide
  4. Perkemahan
  5. Lapangan Tenis
  6. Bilyard
  7. Ruang Pertemuan
  8. Sarana Olahraga dan Rekreasi Air, seperti Mendayung, Selancar Angin, Kapal Pesiar, Ski Air, fan Boating.

Lokasi Waduk Jatiluhur

Jatiluhur, Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41152, Indonesia. Google Maps. Telp

2. Waduk Cirata

Selain waduk Jatiluhur, ternyata masih ada waduk lainnya juga nih di Purwakarta yang menjadi objek wisata menarik untuk kamu kunjungi saat berada di Purwakarta, yaitu Waduk Cirata.

waduk cirata

Foto: nastopo.com

Jika waduk Jatiluhur terkenal dengan waduk terbesar di Indonesia, lain dengan waduk Cirata. Waduk Cirata merupakan PLTA terbesar se Asia Tenggara. Weleh weleh..luar binasa. Wkwk

Yang Bisa Kamu Nikmati di Waduk Cirata

Seperti halnya di waduk Jatiluhur, di waduk Cirata kamu bisa menghabiskan waktu untuk memancing. Ikan yang ada di waduk Cirata besar-besar loh. Kebayang gak tuh dapetin ikan sebesar monster? Uhh pasti sensasinya cihuy bingit. hhe

Tak hanya memancing, kamu juga dapat naik perahu atau boot yang ada di waduk Cirata.

Sekedar info, terdapat tiga genangan air waduk Cirata, yaitu di Purwakarta, Bandung dan Cianjur. Tapi genangan yang paling besar yaitu di Cianjur.

Lokasi Waduk Cirata

Kab. Cianjur, Jawa Barat. Dekat dengan desa Margalaksana, Cipeundeuy.

3. Air Terjun Curug Cipurut

Curug Cipurut merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang berupa wisata alam. Tempat wisata ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I dengan melibatkan Desa Sumurugul dan Desa Wanayasa sebagai pembantu operasional dilapangan.

curug cipurut

Foto: detik.com

Yang Bisa Kamu Nikmati di Curug Cipurut

Saat kamu berada disini, kamu akan disuguhkan pesona alam sekitar curug serta pemandangan air terjun dengan ketinggian air terjun yaitu sekitaran 25 meter. Wuhh lumayan tinggi juga yak.

Buat kamu yang mau mandi atau sekedar membasuh muka atau bermain air, kamu bisa menikmati semuanya disini, khususnya di curug utama. Karena di curug utama aliran airnya tidak terlalu keras.

Di curug utama terdapat bebatuan berundak, sehingga air yang jatuh dari atas terlihat seperti tangga. Oh ya, kamu juga bisa bermain seluncuran loh, tapi di dua curug yang berbeda yang ada disini. Karena disini terdapat tiga curug.

Sekedar info, Curug Cipurut sering sekali dijadikan tempat adat istiadat mistis oleh warga sekitar, ihhhh ceyemm juga yak. Selain itu, tempat ini sering sekali dijadikan tempat pelatihan pendidikan dasar kepecintaalaman oleh para pecinta alam.

Fasilitas di Curug Cipurut

  1. Area Parkir dengan kapasitas tampung sekitar 7 unit kendaraan roda empat.
  2. Jalan Setapak, shelter dan trail yang terbuat dari kayu menuju lokasi curug.
  3. Terdapat beberapa warung yang tersedia. Hanya saja warung ini hanya buka pada hari libur.

Tarif Curug Cipurut

  • Tiket Masuk Rp. 3.000/orang
  • Tiket Parkir kendaraan bermotor Rp. 1.000/unit
  • Tiket Parkir kendaraan mini bus Rp. 2.000/unit

Lokasi Air Terjun Curug Cipurut

Desa Sumurugul, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Google Maps.

4. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Ini dia tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits banget, yakni Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud. Taman yang di resmikan pada bulan pertama di tahun 2016 ini, menjadi tempat wisata andalan di Purwakarta yang menyuguhkan cantik dan eloknya air mancur.

tempat wisata di purwakarta

Air mancur disini sangat besar, dan megah deh pokoknya. Bahkan taman air mancur ini menjadi air mancur terbesar se Asia Tenggara. Wihhhh cakeepp dahh. hehe

Yang Bisa Kamu Nikmati di Taman Air Mancur Sri Baduga

Kamu bisa bersantai ria bersama keluarga disini, sambil menikmati pemandangan air mancur yang berada ditengah danau.

Yang mau olahraga juga bisa, karena disekeliling air mancur atau taman, terdapat area joging. Saat kamu joging disini, badan jadi segar, mata pun jadi segar karena pemandangannya yang begitu indah.

Saat malam hari, kamu bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah disini. Karena pada malam hari, air mancur ini akan menari seirama dengan diiringi alunan musik, ditambah dengan efek cahaya lampu laser yang berwarna warni, menambah indahnya pesona air mancur. Pokoknya romantis bangettttt *matabelo*

Ohh ya gays, pertunjukan ini hanya ada pada sabtu malam alias malam minggu aja ya gays. Tapi gausah khawatir, tempat ini bisa kamu kunjungi tiap hari, gak cuma malming doang.

Lihat tarian indah air mancur yang membanggakan Indonesia ini di Youtube, Klik Disini.

Jam Operasional

Taman Air Mancur Sri Baduga buka setiap hari. Hanya dibagi menjadi dua, yakni :

  • Pagi pukul 05.00 s.d 10.00 WIB
  • Sore pukul 15.00 s.d 18.00 WIB
  • Pertunjukan pada sabtu malam pukul 19.30 s.d 22.30 WIB
  • Tarif Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Rp. 0. alias gratis 😀

Lokasi Air Mancur Sri Baduga

Nagri Kidul, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111, Indonesia. Google Maps.

5. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan merupakan sebuah tempat wisata di Purwakarta yang bisa dibilang lengkap. Wajar saja, karena tempat wisata di Purwakarta ini merupakan sebuah resort. Disini terdapat wisata air, outbond, bahkan kamu bisa mengenal flora dan fauna disini.

giri tirta kahuripan

Foto: andromedocahyo.blogspot.com

Yang Bisa Kamu Nikmati di Giri Tirta Kahuripan

Di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa berenang sambil berwisata bersama keluarga, teman ataupun pasangan. Uniknya, kolam renang ini berada diatas bukit. Wuhhh kebayang tuh gimana indahnya pemandangan diatas bukit. Pastinya wow banget.

Tempatnya yang berada jauh dari pusat kota atau keramaian, membuat tempat ini cocok sekali untuk kamu yang mau melepas penat alias refreshing.

Banyak permainan juga lho disini, cocok sekali buat kamu yang mau berwisata dengan si kecil. Jadi, kalo berwisata ke Purwakarta, jangan lupa mampir kesini.

Bosan bermain? Tenang, Mobil Senyum siap mengantarmu untuk mengelilingi kebun manggis dan kebun buah naga yang ada di kawasan tersebut. Bukan hanya itu, kamu juga bakal menjumpai beberapa satwa disini. Uhh dijamin lengkap deh kalo berwisata kesini.

Tiket masuk Giri Tirta Kahuripan masuk Rp. 50.000/orang.

Lokasi Giri Tirta Kahuripan

6. Jatiluhur Water World (JWW)

Masih ada lagi nih tempat wisata di Purwakarta khususnya wisata Jatiluhur yang bisa kamu pilih untuk refreshing atau mengisi waktu libur bersama sahabat tercinta yaitu waterboom Jatiluhur.

Waterboom Jatiluhur atau tepatnya yaitu Jatiluhur World (JWW) merupakan tempat wisata ala-ala Atlantis yang ada di Taman Impian Jaya Ancolnamun versi mininya.

jatiluhur-water-worldMeskipun begitu, waterboom di Jatiluhur ini menyuguhkan tempat yang gak mini-mini banget. Dimana di dalamnya terdapat 2 (dua) kolam renang yaitu kolam renang untuk anak-anak dan kolam renang untuk orang dewasa.

Tempat ini direkomendasikan sekali untuk kamu yang ingin berwisata bersama keluarga, khususnya bersama si kecil.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Jatiluhur Water World

Yang bisa kamu nikmati saat berwisata ke Jatiluhur Water World yaitu berenang sambil bermain bersama anak ataupun teman. Tidak hanya berenang, kamu pun bisa bermain seluncuran seperti yang selalu ada di waterboom.

Terdapat dua seluncuran yang ada disini, yaitu seluncuran khusus anak-anak serta untuk orang dewasa. Seluncuran yang ada disini cukup tinggi dan panjang.

Namun sebelum bermain seluncuran, ada baiknya kamu membaca papan petunjuk terlebih dahulu, Karena selucuran disini tidak bisa digunakan bebas.

Tidak boleh digunakan secara bebas disini maksudnya adalah, orang dewasa tidak boleh menggunakan seluncuran khusus anak-anak.

Nah, yang jadi permasalahan disini yaitu seluncuran khusus anak-anak memilikiukuran yang cukup tinggi. Bagi kamu yang kurang teliti dan tidak membaca papan petunjuk mungkin mengira itu adalah seluncuran untuk orang dewasa.

Bagi orang tua atau ibu-ibu yang berwisata bersama anak atau keluarganya namun enggan untuk berenang, tak usah khawatir mau ngapain disana.

Karena untuk kamu yang gak mau berenang, kamu bisa berduduk-duduk santai sambil ngemil, tiduran (bahkan tidur beneran pun gak papa. hhe) di saung-saung yang sudah disediakan ditempat tersebut.

Fasilitas di Jatiluhur Water World

Saat kamu berwisata ke tempat wisata Purwakata ini, kamu tak perlu kkhawatir bakal kelaparan. Karena disini menyediakan tempat makan tepatnya cafetaria.

Cafetaria tersebut menyediakan berbagai makanan seperti pizza, burger, bakso, minuman dan makanan lain yang pastinya cukup untuk mengganjal perut yang kosong.

Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, namun toilet dan kamar bilas disini terbilang cukup banyak, sehingga cukup nyaman dan yang pasti gak bikin BT gara-gara ngantri di kamar bilas.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat saung-saung yang cukup nyaman untuk beristirahat, duduk-duduk santai bahkan berleye-leye.

Satu lagi, tempat ini cukup ketat masalah kebersihan. Jadi otomatis tempat ini benar-benar bersih dan cukup nyaman.

Tiket Masuk Jatiluhur Water World

  • Tiket masuk Senin s.d Jumat Rp. 27.500/orang
  • Tiket masuk Weekend Rp. 30.000/orang
  • Tiket masuk Libur Hari Besar Rp. 32.000/orang
  • Sewa pelampung Rp. 5.000

Note : Untuk anak yang berusia 3 tahun dikenakan biaya tiket masuk.

Lokasi Jatiluhur Water World

Untuk lokasinya, Jatiluhur Water World beralamatkan di Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Google Maps.

6 Tempat Wisata di Purwakarta yang Gak Bisa Diremehin
4 (80%) 6 votes

Comments

  1. Reply

    • By Mpit

      Reply

  2. By World Net Tour Agen Tour Dan Travel Purwakarta

    Reply

  3. By marvel contest of champions hack

    Reply

  4. By Gapura Management

    Reply

  5. By Floy

    Reply

  6. By Sanken elektronik

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *