tempat wisata di jakarta

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Jakarta

Buat Kamu yang Hobby travelling, berikut adalah tempat wisata di Jakarta. Siapa yang tak kenal Jakarta, kota yang terkenal dengan macet, padet, sumpek, banjir (ok, mungkin ini beberapa kekurangan dari kota Jakarta).

Tapi, dibalik kekurangan ibu kota ini dan dibalik gedung gedung yang menjulang tinggi, disela sela himpitan rumah yang padat penduduk, terdapat beberapa tempat atau destinasi wisata di Jakarta yang wajib kamu singgahi untuk sekedar sebagai obat stres kamu selama hidup di dunia ini, khususnya Jakarta.

Bagi kamu yang tinggal di luar Jakarta pun wajib mampir kesini. Karena Jakarta merupakan pusat pemerintahan atau ibu kota dari negara tercinta kita yaitu Indonesia. Sebagai ibu kota negara, tentunya Jakarta memiliki pesona tersendiri.

Banyak tempat yang indah nan eksotis yang disuguhkan untuk para turis domestik maupun manca negara. Untuk kamu yang ingin travelling keliling Jakarta, kamu wajib tahu destinasi wisata terpopuler di Jakarta. Apa saja itu? Berikut 5 destinasi wisata terpopuler di Jakarta.

1. Monas

Apa itu Monas?

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Tugu Monas merupakan icon atau landmark dari kota Jakarta. Tugu Monas terlihat seperti lilin raksasa yang menjulang tinggi dengan api yang digambarkan dengan polesan emas 24 karat dibagian ujung tugu ini.Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Dari pagi hingga malam, monas selalu ramai dipadati para wisatawan.

Apa saja yang bisa kamu nikmati di Monas?

Saat kamu berada di Monas, kamu bisa berduduk santai sambil menghirup udara segar di bawah pepohonan rindang yang ada di sekitar Monas. Bagi kamu yang suka berolahraga, kamu bisa bermain footsal, jogging, bersepeda di area Monas. Buat para ibu yang bingung mau mengajak anaknya jalan jalan, jangan khawatir, pergi saja ke Monas.

 

temapat wisata di jakarta

Karena di Monas banyak sekali badut, ondel-ondel, ada penyewaan scooter, motor dengan ukuran mini dan masih banyak lagi yang lainnya yang pas untuk bermain anak-anak.

Jadi jika emak, babe, mamih, papih, tante, om, oma kamu kebingungan mau mengajak anaknya jalan jalan kemana, ajak saja ke Monas. Yang belum pernah ngerasain naik andong, disini juga banyak abang abang andong yang siap mengantar kamu berkeliling seputar monas (tentunya dengan membayar tarif yang telah ditentukan).

Berwisata sambil belajar

Dengan berwisata ke Monas, ada nilai plusnya juga. Apa itu? kamu dapat belajar dan mengetahui sejarah Indonesia dengan masuk ke museumnya, yaitu Museum Nasional Indonesia. Berada di lantai bawah tanah, kamu akan terkesima saat melihat miniatur yang telah dirangkai sesuai keadaan pada masa itu, serta terdapat keterangan yang mendeskripsikan keadaan setiap miniatur tersebut. Menambah wawasan bukan?

Fasilitas apa saja yang tersedia?

Jika kamu merasa capek berkeliling Monas, tak usah cemas, karena di Monas telah di sediakan kereta untuk berkeliling Monas. Dengan didampingi pemandu wisata, kamu akan dijelaskan sejarah dan seputar info mengenai Monas. Setelah berkeliling Monas, tentunya energi dalam badan kamu terkuras. Dan saat itu pula, cacing-cacing diperut mulai berkoar.

Dengan keadaan seperti itu, tentu yang dicari apa lagi kalau bukan tempat makan. Ya, kamu tak perlu bingung mencari tempat kuliner. Karena kamu tinggal melangkahkan kaki ke Taman Lenggang Jakarta. Disitu tersedia stan-stan makanan dengan berbagai jenis makanan, tentunya dengan harga yang variatif.

tempat wisata di jakarta

Oke, perut sudah terisi. Jika sudah terisi, ada kalanya panggilan alam berseru dan tak bisa ditunda. Tenang, jangan risau. Saat panggilan alam berseru, di Monas sudah disediakan toilet. Lihat lihat dulu ya sebelum masuk toilet, soalnya disini terdapat dua varian toilet (berasa kayak makanan. Hahaha. Oke lupakan itu sedikit jorok), ada yang berbayar dan ada yang gratis.

Mungkin terlihat aneh, karena toilet disini berada di dalam mobil. Kurang cukup nyaman memang, tetapi setelah diresmikannya wisata malam di Monas oleh Pak ahok, akan ada perbaikan dan pembuatan toilet yang nyaman sekelas dengan toilet toilet yang ada di mall.

Harga Tiket Masuk Monas

Tak perlu takut uang kamu akan habis terkuras saat kamu berwisata ke Monas. Saat kamu masuk area Monas, tidak ada tiket masuk artinya tidak dikenakan biaya sepeserpun. kamu akan dikenakan biaya masuk saat memasuki pelataran tugu monas, serta puncak tugu monas.

Berapa kira kira? Murah kok, cukup 7.500 rupiah bagi orang dewasa, dan 3.500 rupiah bagi anak anak atau pelajar yang ingin ke pelataran tugu monas. Sedangkan untuk mencapai ke puncak tugu monas, cukup 20.000 rupiah bagi orang dewasa dan 10.000 rupiah bagi anak-anak.

Sangat terjangkau bukan? Dengan tiket masuk monas yang begitu relatif murah, kamu bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dari atas puncak tugu monas. Untuk mencapai puncak tugu monas, harus menaiki lift dengan sekali angkut 11 orang. Sedangkan kapasitas di atas puncak tugu Monas yaitu 50 orang.

Jam operasional Monas

kamu pernah jauh jauh pergi pengen jalan jalan, setibanya ditempat tujuan ternyata tutup? Oohhhh sakitnya tuh disini (nunjuk kantong). Ya, bukan hanya kecewe, maksud saya kecewa tapi bikin uang keluar sia-sia. Jadi, sebelum berkunjung ke tempat wisata Monas, kamu wajib tahu jam operasional monas.

Jam operasional wisata monas yaitu seperti yang tertera di papan bahwa jam kunjungan monas yaitu untuk Kawasan Monumen Nasional dibuka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu/Libur pukul 04.00 s.d 20.00 WIB, sedangkan untuk hari Senin pukul 04.00 s.d 10.00 WIB.

Bagi yang ingin naik ke puncak Tugu Monas, jadwal kunjungannya yaitu setiap hari Selasa s.d Minggu/Libur pukul 08.00 s.d 15.00 WIB, sedangkan khusus untuk hari Senin ditutup. Ada kabar gembira, semenjak diresmikannya wisata malam di Monumen Nasional, jam kunjungan untuk Kawasan Monas diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB.

Rute Menuju Monas

kamu mau berkunjung ke Monas tapi gatau jalan menuju Monas? Baiklah saya akan berbaik hati berbagi rute menuju wisata Monas.

  1. Buat yang dari luar Jakarta, bisa menggunakan kereta api, turun di stasiun gambir. Dari stasiun gambir, kamu cukup berjalan kaki saja dari hutan kawasan Monas menuju Monas.
  2. Bagi pengguna Commuterline dari arah Bekasi, bisa langsung naik yang arah Jakarta Kota. kamu bisa turun di stasiun Juanda. Dari stasiun Juanda kamu bisa jalan kaki, tapi lumayan bikin kaki pegel. Buat kamu yang malas berjalan kaki, bisa lanjukan perjalanan dengan beralih ke busway. Dari halte juanda naik yang arah harmoni atau kalideres. Turun di halte harmoni transit naik yang arah Blok M. Dari halte harmoni kemudian halte monas. Nah, kamu bisa turun disitu.
  3. Dari Terminal pulogadung kamu tinggal naik busway arah harmoni atau kalideres. Kalau darisini cukup sekali naik, kamu bisa langsung turun di halte gambir.
  4. Yang jauh dari Tanjung Priuk, kamu tinggal naik busway arah kota. Sesampainya di halte Kota, kamu turun dan transit. Berganti mobil yang arahnya ke Blok M lalu turun di halte Monas setelah halte harmoni.
    Bagi kamu dari daerah yang bukan disebutkan diatas, monggo bisa tanya tanya di kolom paling bawah yak ;-).

Setelah berjalan jalan keliling Monas, jangan lupa membawa buah tangan ya. Tak usah jauh-jauh, di Taman Lenggang Jakarta banyak penjual yang menawarkan beraneka macam oleh-oleh, seperti kaos, tas, topi, pakaian, pernak pernik hingga mainan anak anak. Bagi kamu yang belum pernah foto dengan background tugu Monas, itu tandanya kamu belum diakui pernah ke Jakarta. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ke Monas.

2. Kota Tua

Banyak yang bilang kalau Jakarta itu dikelilingi gedung gedung yang megah dan mewah. Siapa sangka, dibalik semua itu masih terdapat kawasan yang menawarkan suasana tempo dulu dari segi bangunannya, yaitu Kawasan Kota Tua.

Kawasan Kota Tua adalah salah satu tempat wisata di jakarta yang murah, berada diperbatasan antara Jakarta Barat dengan Jakarta Utara. Kota tua yang biasa disebut dengan Kotu, merupakan destinasi wisata di Jakarta yang sering di kunjungi wisatawan.

tempat wisata di jakarta

Bangunannya yang begitu khas ala -ala bangunan jaman Belanda yang menjadi daya tarik tersendiri. Dapat dilihat dari namanya kota tua, destinasi wisata di Jakarta yang satu ini memang merupakan bangunan-bangunan tua pada jaman dahulu. Bagi kamu yang pengen tahu kayak gimana sejarah bangsa Indonesia, kamu bisa masuk ke museum yang ada di Kota Tua ini.

Museum Apa Saja yang ada di Kotu?

Kota Tua erat sekali kaitannya dengan sejarah di masa lalu. Untuk menyimpan segala macam bukti sejarah, dibangunlah sebuah museum sebagai saksi nyata apa yang telah terjadi di jaman dahulu. Museum yang ada di Kawasan Wisata Kota Tua yaitu Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri.

wisata jakarta

Romantika Museum Bank Indonesia

wisata jakarta

Aroma batavia Museum Seni Rupa dan Keramik

Harga Tiket Masuk Museum

Setiap museum memiliki tarif tiket masuk yang berbeda. Yang jelas tiket masuknya gak mahal kok, apalagi buat para pelajar atau mahasiswa, tidak dikenakan biaya masuk di museum tertentu. Asyik bukan?.

Jika kamu berwisata ke Kota Tua tak usah khawatir kelaparan, karena disekitar area Kota Tua banyak sekali pedagang makanan. Bukan hanya itu, bahkan banyak sekali restoran yang tersedia. Tapi kalo kamu pengen hemat, lebih baik membawa bekal sendiri.

Jangan kaget bila melihat orang berwujud pocong, kunti, nenek sihir, noni belanda bahkan mereka yang mengubah dirinya menjadi seperti patung pahlawan. Karena disini, di Kota Tua lah tempatnya. kamu akan kagum karena kreativitas mereka yang tanpa batas. kamu pun dapat berfoto dengan figur figur yang saya jelaskan diatas, cukup kasih uang Lima ribu rupiah atau seikhlas kamu, kamu sudah dapat berfoto dengan mereka.

wisata jakarta

Pengen berkeliling kawasan kota tua tapi gak punya banyak waktu? Atau kamu yang merasa capek berjalan kaki berkeliling kawasan kota tua, ini dia solusinya, sepeda ontel. Bagi kamu yang ingin berkeliling Kota Tua, disini disediakan penyewaan sepeda ontel dengan tarif yang telah ditentukan. Berkeliling kota tua menggunakan sepeda ontel, berboncengan dengan pasangan, uuuhhh cocweett… ^_^
Romantis bukan? Buruan cobain.

Rute ke Kawasan Kota Tua

Untuk menuju ke tempat wisata Kawasan Kota Tua, mudah sekali. Bagi pengguna commuterline, tinggal naik yang arah Jakarta Kota. Bagi pengguna busway, naik yang arah Kota. Untuk lebih detailnya, kamu bisa tanyakan langsung di kolom paling bawah yak 🙂

3. Ancol

Salah satu tempat wisata di Jakarta yang tak kalah ramai oleh pengunjung yakni Ancol. Pemandangan pantai yang begitu menggoda serta pasir putih yang begitu indah menjadi daya tarik tersendiri. Mungkin kamu bosan dengan pemandangan gedung yang menjulang tinggi. Ini dia tempat yang cocok untuk menguras rasa penat dalam diri kamu. Pantai yang indah dengan angin yang sepoy-sepoy membuat damai dalam diri. Tak hanya pantai, Ancol pun menyediakan banyak sekali arena permainan yang cocok sekali untuk dikunjungi anak-anak untuk menghabiskan masa liburan.

tempat wisata jakarta

Harga Tiket Masuk Ancol

Tiket masuk Ancol 25.000 rupiah bagi dewasa maupun anak anak. 15.000 untuk motor dan 20.000 untuk mobil.

Rute Menuju Ancol

Jika kamu menggunakan busway, tinggal naik arah PGC dari halte harmoni. Transit turun di palputih. Naik yang arah Ancol. Dari halte busway kampung melayu, bisa langsung naik yang arah ancol.

4. Taman Margasatwa Ragunan

Bingung mau mengajak anak anak kemana untuk berlibur sambil belajar? Ini dia tempatnya. Taman Margasatwa Ragunan, salah satu destinasi wisata di Jakarta yang pas sekali untuk dijadikan tujuan wisata bersama si kecil. Para ibu bisa memperkenalkan berbagai jenis satwa kepada anak anak. Anak anak bisa bermain sambil memberi makan kepada binatang yang ada di kebun binatang ragunan.

tempat wisata jakarta

Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Ragunan

Untuk tiket masuknya jangan ditanya, murah banget. Jadi kamu tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam dalam jika berkunjung ke kebun binatang ragunan. Dengan uang 10.000 rupiah juga bisa kembali. Untuk dewasa, dikenakan tarif 4.000 rupiah. Sedangkan untuk anak anak dikenakan biaya 3.000 rupiah saja.

Informasi lebih lanjut klik disini.

5. Duffan

Membahas tempat wisata di Jakarta, kurang lengkap jika tidak menyertakan daftar yang satu ini.

kamu suka permainan yang menguji adrenalin? Duffan merupakan tempat yang cocok untuk kamu. Berapa banyak permainan yang ada di duffan, jangan ditanya. Tentunya kamu sudah tahu. Gudangnya permainan dari yang biasa, asyik, luar biasa asyik, menegangkan sampai yang menyeramkan semuanya ada disini. Duffan merupakan salah satu destinasi wisata di Jakarta yang berada dalam lingkup Taman Impian Jaya Ancol.

wisata jakarta

Jadi saat kamu berjalan jalan ke Ancol, kamu bisa mampir ke Duffan untuk menjajal semua permainan dan wahana yang telah disediakan disana. Tiket masuk Ancol dan Duffan berbeda yak. Jadi kalo kamu mau ke Duffan, kamu mesti bayar tiket masuk khusus ke Duffan.

Wahana yang ada di Duffan

  1. Komedi Putar
  2. Biang Lala
  3. Kora kora
  4. Gajah Bledug
  5. Hysteria
  6. Kicir kicir
  7. Tornado
  8. Istana Boneka
  9. Happy Feet
  10. Pontang pontang
  11. Ontang anting
  12. Halilintar
  13. Arung Jeram
  14. Rajawali
  15. Perang Bintang
  16. Rumah Jahil
  17. Rumah Miring
  18. Niagara Dufan
  19. Kalila dan Paddle pop dufan
  20. Poci poci
  21. Alap alap
  22. Treasureland Temple Of Fire Dufan
  23. Harga Tiket Masuk Dufan

Untuk tiket masuknya klik disini.

Tempat wisata di jakarta yang baru ngehits, hutan mangrove PIK.

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Jakarta
Kasih bintang berapa?

Comments

  1. Reply

  2. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *