Mengenal Stress Kerja dan Cara Mengatasinya

Banyak stress yang dialami orang-orang dalam masyarakat industri berasal dari organisasi; banyak stress yang berasal dari mana pun mempengaruhi perilaku dan prestasi kita dalam organisasi yang sama.

Pengertian Stress

Secara sederhana, lebih baik memandang stress sebagai sesuatu yang melibatkan interaksi antara individu dengan lingkungan. Kebanyakan definisi tentang stress mengakui individu dan lingkungan tersebut dengan ukuran interaksi stimulus, interaksi tanggapan, atau interaksi tanggapan dengan stimulus.

1. Definisi Stimulus

Stress adalah kekuatan atau stimulus yang menggerakkan individu sehingga menghasilkan suatu tanggapan ketegangan, di mana ketegangan tersebut dalam pengertian fisik, mengalami perubahan bentuk.

2. Definisi Tanggapan (Respon)

Stress adalah tanggapan fisiologis atau psikologis seseorang terhadap lingkungan penekan (stressors), di mana penekan adalah kejadian ekstern atau situasi yang secara potensial mengganggu.

3. Definisi Tanggapan Stimulus

Definisi tanggapan stimulus adalah bahwa stress merupakan konsekuensi dari interaksi antara stimulus lingkungan dan tanggapan dari individu yang bersangkutan.

Stress Psikofisiologi

Jika karena sesuatu alasan tanpa sengaja tangan anda menyentuh kompor yang panas, beberapa kejadian yang dapat diramalkan akan terjadi. Anda akan merasa sakit. Dan juga akan ada kerusakan jaringan kulit yang terkena kompor tersebut.

Tergantung pada waktu reaksi anda, anda akan segera menarik tangan dari kompor. Mungkin anda melontarkan kata-kata tertentu.

Stress dan Kerja: Sebuah Model

Bagi sebagian besar individu yang bekerja, bekerja itu lebih dari sekedar kewajiban 40 jam seminggu.

Bahkan jika waktu kerja yang nyata 40 jam, jika kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut ditambahkan seperti waktu perjalanan kedan dari tempt kerja, persiapan untuk bekerja, dan waktu makan siang maka kebanyakan individu mempergunakan 10 jam atau lebih seharinya untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Tidak hanya jumlah waktu yang banyak dipakai untuk kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan, tetapi banyak individu menemukan porsi penting kepuasan mereka dan identitas dalam pekerjaannya.

Konsekuensinya, kegiatan kerja dan nonkerja saling bergantung. Perbedaan antara stress di tempat kerja dan stress di rumah adalah sesuatu tiruan dalam keadaan paling baik.

Konsekuensi Stress

gerahan mekanisme pertahanan tubuh bukanlah satu-satunya konsekuensi potensial yang timbul dari adanya kontak dengan stressor. Dampak stress sangat banyak dan beragam.

Tentunya beberapa di antaranya bersifat positif seperti motivasi diri, rangsangan untuk kerja keras, meningkatnya inspirasi untuk menikmati kehidupan yang lebih baik.

Dari perspektif manajerial, masing-masing dari kelima kategori dampak stress seperti yang digambarkan dalam Gambar 6 – 2 adalah penting.

Akan tetapi, pengunduran diri dan perilaku yang nonproduktif seperti keabsenan, pergantian karyawan, alkoholik, dan penyalahgunaan obat-obatan, merupakan dampak yang mengganggu diukur dari hilangnya produktivitas dan biaya.

Kesehatan Fisik dan Mental

Dari konsekuensi stress yang potensial, konsekuensi fisiologis barangkali yang paling sering diperdebatan dan secara organisasi tidak berfungsi.

Mereka yang membuat hipotesis adanya hubungan antara stress dan masalah kesehatan fisik, pada akhirnya menyarankan bahwa suatu tanggapan emosional berakibat terjadinya perubahan fisik seseorang.

Sebenarnya sebagian buku teks medis mengungkapkan bahwa antara 50 dan 75 persen penyakit berasal dari stress.

Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Jika dari pihak perusahaan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat karyawan nyaman adalah dengan memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut. Sedangkan untuk kamu sendiri, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres ditempat kerja.

  1. Tarik nafas dalam-dalam
  2. Mendengarkan musik favorit
  3. Lakukan olahraga kecil
  4. Jangan pernah menunda pekerjaan
  5. Gunakan waktu istirahat dengan efektif
  6. Buatlah tempat kerjamu nyaman
  7. Motivasi diri

Yogi Prasetya
20180801192

Profil Linkedin

Fasilkom – Teknik Informatika
Untuk Tugas Motivasi Usaha KJ010-6494

Mengenal Stress Kerja dan Cara Mengatasinya
Kasih bintang berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *