pulau biawak indramayu

Rayuan Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat

Akhir-akhir ini mimin lagi galau badai, baper, lebay, mungkin kurang piknik kali yak. Nah, untuk mengobati kebaperan, sukagitu akhirnya memutuskan untuk piknik cantik di Pulau Biawak Indramayu.

Kalian tahu Komodo? Sudah pasti tahu kan? Nah, kalau Biawak lebih kecil dari Komodo, bisa disebut adeknya Komodo. hehe.

Biawak atau biasa disebut menyawak bagi orang Jawa, merupakan sejenih hewan reptil yang termasuk kedalam golongan kadal besar.

Jika di Nusa Tenggara terdapat habitat asli Komodo, yakni Pulau Komodo. Sukagitu ga bakal jauh-jauh kesana, melainkan ke Pulau Biawak Indramayu yang tempatnya gak terlalu jauh bagi kamu yang berada di Jawa.

Surga Dibalik Kota Mangga

Pulau Biawak merupakan salah satu tempat wisata di Indramayu yang menyuguhkan pesona indahnya pemandangan bawah laut, hamparan pasir putih, serta banyaknya biawak di pulau ini. Itu sebabnya mengapa pulau ini dinamakan Pulau Biawak. Padahal dulunya pulau ini bernama Pulau Rakit.

biawak

Foto: yukpiknik.com

Selain Pulau Biawak, terdapat dua pulau lain di kawasan ini, yakni Pulau Gosong dan Pulau Candikian. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan kedua pulau tersebut, Pulau Biawak jauh lebih cantik. Karena keasriannya yang benar-benar masih terjaga.

Maklumlah kedua pulau tersebut hanya sebatas hamparan karang. Bahkan tidak sedikit terjadi kerusakan di pulau tersebut akibat adanya lokasi kilang minyak Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan.

Lain dengan Pulau Biawak yang masih lengkap, bahkan banyak yang bilang pulau ini masih “Perawan”. Pcpcpc yang “perawan” emang lebih menawan yak. hihihi.

Sayangnya, keindahan dan keeksotisan pulau ini belum terekspos sampai ke dunia luar. Bak surga tersembunyi di kota mangga. :hiks

Yang Bisa Kamu Nikmati di Pulau Biawak

Birunya air laut, membuat orang yang baru tiba disini rasanya ingin bergegas menyelaminya. Ditambah dengan terumbu karang, ikan hias serta biota laut lainnya yang indah dan benar-benar masih asri, cocok sekali untuk kamu para pecinta snorkeling.

snorkeling pulau biawak

Foto: satucl.wordpress.com

Hamparan pasir putih menambah eksotisme pulau ini. Benar-benar nyaman, damai saat berada disini. Cocok untuk kamu yang mau refreshing.

Jika dalam peribahasa mengatakan “Menyelam Sambil Minum Air”, di Pulau Biawak kamu bisa Menyelam Sambil Berpetualang. Lah kok bisa? Ya bisa lah.

Disini kamu bisa berpetualang menyusuri hutan mangrove dan pinus,  serta melihat satwa biawak yang berenang mencari makan di tepi pantai saat menjelang matahari terbenam. Pemandangan yang unik dan langka bukan?

pulau biawak

Foto: iewenkphotos.com

Buat kamu yang gemar berburu ikan, kamu bisa menikmati sensasi strike ala-ala mancing mania disini. Komplit banget kan?

hutan pulau biawak

Di Pulau Biawak terdapat menara mercusuar, dari atas menara ini lah kamu bisa menikmati keindahan alam disekitar pulau, benar-benar luar biasa indah. Cocok sekali untuk cekrak cekret manja. Spot cantik ini jangan sampai terlewati saat berkunjung kesini. Tapi ingat, tetap berhati-hati yak saat menaiki menara ini.

mercusuar pulau biawak

Tangga didalam mercusuar. Foto: iewenkphotos.com

Menara Mercusuar ini merupakan menara yang dibangun pada tahun 1872 oleh ZM Willem. Mercusuar ini memiliki ketinggian 65 meter yang berfungsi untuk memandu kapal-kapal besar maupun kecil yang melintas ke pulau ini. Menara ini masih berfungsi hingga saat ini.

hutan pulau biawak

Pemandangan landscape dari atas mercusuar. Foto: iewenkphotos.com

Lokasi Pulau Biawak

Kecamatan Indramayu, Indramayu, Jawa Barat. Tepatnya di sebelah utara semenanjung Indramayu, sekitar 40km dari pantai utara Indramayu.

Rute Menuju Pulau Biawak

Untuk sampai di Pulau Biawak, kamu harus menyebrang menggunakan perahu dari pelabuhan Karangsong. Dengan waktu tempuh sekitar 3 sampai 4 jam.

Jika tidak lewat pelabuhan Karangsong, kamu bisa menyebrang kesana melalui Pantai Tirtamaya dengan waktu tempuh 1 sampai 1,5 jam dengan menggunakan Kapal dari Dinas Pemerintah Kota Indramayu. Atau menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh 4 jam.

Fasilitas Serta Tarif ke Pulau Biawak

  1. Penginapan. Untuk kamu yang ingin bermalam di Pulau Biawak, disini disediakan penginapan dengan tarif tertentu. Akan tetapi, penginapan disini terbilang masih minim.
  2. Terdapat dua kapal yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk menyebrang ke Pulau Biawak. Kapal ini hanya disediakan ketika hari sabtu dan minggu saja.Tarif kapal ini yaitu Rp. 290.000/orang.
  3. Sewa perahu motor dengan tarif Rp. 2.000.000/10 orang. Kelebihan jika kamu menggunakan perahu motor, kamu bebas menyewa perahu motor ini kapan saja.

Gimana? Udah gak galau lagi kan? Buruan ke Pulau Biawak sebelum antri. Karena banyak sekali wisatawan yang berminat untuk menapaki pulau ini. Akan tetapi dengan fasilitas yang masih minim sehingga kamu harus mengantri jika mau kesini.

Untuk info tambahan, buat kamu yang ingin bermalam atau hanya sekedar berwisata kesini, kamu harus menyiapkan perbekalan yang banyak, seperti minuman, makanan serta peralatan yang sekiranya kamu butuhkan. Seperti baju ganti atau alat snorkeling.Karena sekali lagi, disini masih minim fasilitas. Pemkab Indramayu masih dalam proses pembenahan.


Video review by: Official NET News

Rayuan Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat
Kasih bintang berapa?

Comments

  1. By dewi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *