Pantai wediombo Jogja

Pantai Wediombo, Wisata Pantai di Jogja Dengan Kolam Alami

Setelah sekian hari bekerja tubuh mulai mengalami 5L, jika kamu mengalami gejala tersebut itu artinya kamu butuh Vitamin Sea. Yea ! Untuk memenuhi kebutuhan vitamin sea, yuk melancong ke Pantai Wediombo.

Wisata alam di Jogja memang nggak ada habisnya. Selain wisata bukit nya yang menggigit, wisata pantai di Jogja selalu saja menggoda untuk dikunjungi, seperti pantai Wediombo.

Selain pantai Watu Lepek yang ada di Malang, ternyata ada nih pantai di Jogja dengan panorama nya yang indah dipenuhi dengan bebatuan karang yang membuat pantai ini semakin merangsang.hhe

Dilihat dari nama nya, Pantai Wediombo ini berasal dari bahasa jawa yang terdiri dari dua kata yaitu wedi yang artinya pasir sedangkan ombo sendiri memiliki arti luas.

Sayang di sayang, nama dan tempat aslinya ternyata tidak sesuai. Pantai Wedi ombo justru memiliki banyak bebatuan seperti yang sudah dijelaskan diatas namun memiliki garis pantai yang luas.

Tapi eiitttssss..tunggu dulu ! Meskipun tak memiliki pasir putih yang luas, tapi tempat wisata pantai di Gunung Kidul yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri yang wajib kamu nikmati.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Pantai Wedi Ombo

Buat kamu kamu yang datang kemari, tentunya hal pertama yang bisa kamu nikmati disini yaitu panorama pantai yang dikelilingi perbukitan dengan biru nya air laut, pasir putih bak permadani, bebatuan karang , membuat pantai ini terlihat semakin eksotis.

Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang tidak hanya dapat dinikmati keindahan panorama alamnya saja.

Kamu yang datang berwisata ke Pantai Wediombo ini bisa menikmati jernihnya air laut dengan berenang di kolam alami yang ada disana yang disebut Laguna.

Bagi pecinta surfing, tempat yang satu ini menjadi surga bagi mereka karena memiliki ombak yang paling baik diantara pantai-pantai lain di Yogyakarta (katanya). hhe

Dibalik keindahan pesona alam bahari yang satu ini, ternyata pantai Wediombo menjadi salah satu tempat diadakannya upacara adat warga sekitar.

Upacara adat ini dinamakan ritual Ngalangi yakni upacara adat atau tradisi warga sekitar yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali dalam rangka berdoa untuk memohon rezeki di tahun mendatang serta perwujudan rasa syukur warga sekitar kepada Sang Pencipta atas rezeki yang telah diberikan.

pantai wedi ombo

Foto: nitainwanderland.com

Aktivitas Yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Wediombo

Ke pantai nggak selamanya harus mantai, (Maksud L?). Berwisata ke pantai nggak melulu duduk manja menikmati senja dengan deburan ombak yang merdu dilengkapi satu buah es kelapa.

Jika berwisata ke Pantai Wediombo, banyak aktivitas lain nya yang begitu menyenangkan dan sangat disayangkan jika dilewatkan. Apa saja itu? Yukk ngikut ane..

1. Mantai Sambil Nyantai

Yap, salah satu tujuan berwisata ke pantai yaitu relaksasi jiwa dan raga. Bagi kamu yang malas beraktivitas, nyantai di atas hammock sambil menikmati semilir angin pantai, deburan ombak yang merdu, dilengkapi es kelapa yang segar membuat harimu terasa begitu menyenangkan.

Sambil memandangi biru nya air laut, para peselancar yang sedang bercumbu dengan ombak, mbak cantik dan mas ganteng yang berseliweran menjadi pemandangan yang mengasyikkan. Surga dunia banget meenn rasanya..haha

wediombo beach

2. Surfing

Anda memiliki gejala takut terhadap ombak? Lakukan kegiatan surfing di Pantai Wediombo, dijamin rasa takut Anda akan menghilang dalam sekejap. (bahasa ala2 penjual obat dijalanan, wkwk)

Oke deh buat kamu-kamu yang mau melancong ke Pantai Wediombo, selain menikmati keindahan pantai yang dipeluk perbukitan, salah satu aktifitas yang cukup menguji adrenalin kamu yaitu surfing.

Pantai Wediombo memiliki ombak yang paling baik dan stabil sehingga menjadi tempat bagi para pecinta surfing. “Nggak mau ahh..atut..nggak bisa surfing ane”..

Tenang, kamu yang ingin merasakan surfing disini tapi nggak punya keahlian surfing sama sekali, kamu bisa melatih diri bersama komunitas Surfing yang ada di lokasi tersebut.

Komunitas tersebut yaitu WOSS  yakni Wediombo Surfing Society, komunitas ini berdiri sejak 2014 terdiri dari pemuda lokal yang memiliki keahlian surfing, dimana mereka mendapat pengajaran mengenai surfing oleh salah seorang peselancar asal Jerman.

Bagi wisatawan yang ingin belajar mengenai surfing, tim WOSS siap melatih kamu tentunya dengan tarif yang cukup aman untuk kantong para wisatawan.

Bagaimana? Siap menaklukan ombak Pantai Wediombo?

3. Snorkeling

Mantai kurang lengkap kalo nggak nyebur sambil menikmati pemandangan bawah laut nya yang dipenuhi biota-biota laut yang menggemaskan.

Disini terdapat dua spot snorkeling yang wajib kamu cobain. Spot pertama, kamu bisa snorkeling disekitar wilayah pantai Wediombo, tinggal jalan kaki sebentar kamu bisa langsung cuss byurr..

Nah, untuk spot snorkeling yang kedua ini  nggak deket tapi nggak jauh banget juga. Spot ini berada di tengah laut dari pantai wediombo ini, bahkan warga setempat menyebutnya “belakang ombak”.

Untuk menuju spot kedua ini, kamu harus naik kapal terlebih dahulu dengan menggunakan kapal yang disewakan ditempat tersebut.

Untuk peralatan snorkeling nya kamu nggak usah bingung dan repot-repot bawa dari rumah, soalnya penyewaan kapal disini sudah termasuk peralatan snorkeling plus bonus pemandu nya juga.

Gimana? wenak kan? tunggu apalagi..

4. Berenang di Laguna, Kolam Alami Berasa Milik Sendiri

Pantai Wediombo memang bukan sekedar pantai. Pantai di gunung kidul yang satu ini memiliki wahana yang nggak kalah sama Duffan. hhhe

Di wisata pantai Jogja yang satu ini, aktifitas berikutnya yang nggak kalah seru yaitu berenang di laguna, sebuah kolam air laut yang terbentuk diantara gugusan batu karang.

Namun kebanyakan wisatawan belum mengetahui keberadaan laguna ini. Karena letaknya di sebelah selatan karang wediombo. Jadi perlu berjalan kaki beberapa menit terlebih dahulu, baru kamu akan sampai di kolam alami ini.

Sebelum langsung berenang, tanyakan terlebih dahulu kepada penjaga pantai disekitar. Soalnya ada papan peringatan “Dilarang berenang, berbahaya”.

Meskipun begitu, jika laut sedang surut, wisatawan diperbolehkan untuk berenang. Kamu bisa merasakan segarnya air laut berwarna biru toska ditambah sensasi deburan air ombak yang menembus bebatuan bak air terjun.

laguna wediombo

Gimana? Makin menggiurkan bukan?

5. Menikmati Senja Bersama Orang Tercinta

Moment yang ditunggu-tunggu yang nggak boleh terlewatkan saat berwisata ke pantai tidak lain adalah menikmati indahnya awan berselimut sinar orange keemasan.

Letaknya yang menghadap ke sebelah barat menjadi keuntungan bagi Pantai Wediombo. Bagaimana tidak beruntung, disini kamu dapat melihat langsung bagaimana elok nya langit senja yang begitu erotis..opss eksotis maksudnya.hha

Bagi pecinta senja dan fotografi, fenomena alam yang indah ini menjadi moment penting yang harus diabadikan. Kamu bisa menghasilkan foto siluet dengan background langit senja yang begitu manja dan cetar membahana 😀 .

6. Selfie, Welfi dan Ngasah Skill Fotografi

Bagai sayur tanpa garam, kurang enak, kurang sedap (kalo kata mbak Inul). Begitupun jalan-jalan apalagi mantai, kurang mantap rasa nya kalo nggak selfie atau pun welfie.

Dengan semakin mewabah nya virus selfie, serta selebgram yang mendadak menjadi ulet yang sering naik daun, dimana pun tempatnya, selfie atau welfie merupakan hal wajib yang harus dilaksanakan.

Lukisan alam pantai wediombo menjadi background foto terketceh yang wajib diabadikan sebagai bahan untuk posting di Instagram dengan pose ala-ala selebgram.

Bagi pecinta fotografi, kamu juga bisa mengasah skil fotografimu disini. Panorama alam nya yang begitu indah menjadikan tempat ini menjadi tempat hunting foto yang asyik dan menarik.

Buat pasangan yang kepengen foto prewed, tempat yang satu ini juga bisa direkomendasikan sebagai salah satu tempat untuk foto prewedding.

Nggak kebayang deh gimana jadinya foto prewedding disini, dengan gaun yang menguntai, berdiri bersama pasangan di batuan karang dengan background laut lepas.

Ditambah sunset atau golden time dengan awan berselimut cahaya orange keemasan, membuat hasil foto mu bakalan ketceh dan romantis abis.

*ngiler sambil ngebayangin*, duhhh jadi kepengen..hahaha

7. Wisata Alam Sambil Kulineran

Kamu yang suka kulineran alias doyan makan mencicipi menu baru, pantai wediombo nggak hanya menawarkan segudang keindahan alam saja.

Disini kamu bisa menikmati aneka jajanan khas dari tempat tersebut. Bahkan jika kamu berkunjung ke pantai wediombo berbarengan dengan upacara Ngalangi, dimana salah satu rangkaian acaranya menangkap ikan lalu memasak serta memakannya bersama-sama.

8. Memancing Ikan Panjo, Ikan Cucut Versi Warga Wediombo

Kamu pecinta mancing maniak? Jika iya, daripada menggunakan skil memancing kamu untuk memancing kemarahan orang lain, lebih baik unjuk kemampuan mancing mu disini, ya..di Pantai Wediombo.

Nggak hanya sebagai surga nya para peselancar, pantai wediombo juga cocok dijadikan tempat unjuk gigi bagi para pemancing.

Di pantai ini kamu bisa menikmati sensasi strike yang menantang, karena disini kamu bakalan berhadapan dengan ikan Panjo yakni ikan cucut dengan ukuran yang cukup besar.

Nggak salah kalo tempat ini pernah menjadi salah satu lokasi shooting salah satu acara televisi yang menayangkan adegan memancing yang mantap (pasti tahu lah nama acara nya apaan, jadi nggak usah diterangkan nanti jadi eta terangkanlah…eta terangkanlah..haha).

9. Camping Seru

Camping nggak melulu harus naik gunung kok, camping di pantai juga menyuguhkan sensasi dan keseruan tersendiri. Deburan ombak serta semilir angin laut dilengkapi api unggun, menciptakan moment indah serta pengalaman unik yang tak terlupakan.

Bahkan kamu nggak perlu rempong bawa tenda beserta teman-temannya. Karena di pantai Wediombo tersedia penyewaan tenda bagi kamu yang ingin camping dan bermalam disini.

10. Trekking

Pantai Wediombo merupakan salah satu deretan pantai yang ada di Gunung Kidul. Selain pantai wediombo ternyata masih banyak pantai-pantai lain yang menjadi surga tersembunyi yang wajib kamu temui.

Selain menikmati keindahan alam di pantai Wediombo, nggak ada salahnya trekking menyusuri area pantai ini sambil menjajal keindahan pantai-pantai lain yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai wediombo ini.

Pantai yang ada di jogja

Foto: danisetiawanku.com

Fasilitas di Pantai Wediombo

Selain beberapa spot asyik yang bisa kamu nikmati, berwisata di pantai yang berlokasi di Jogja ini kamu nggak perlu khawatir mikirin fasilitas disana lengkap atau nggak.

Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Wediombo buat kalian yang kepengen meluncur kesini biar nggak penasaran.

Toilet

Tuhan telah menciptakan alam semesta ini begitu indah, begitu pun dengan Pantai Wediombo dengan sejuta keistimewaannya.

Jangan kotori pantai ini dengan pup sembarangan di pinggiran pantai, karena di pantai Wediombo telah tersedia toilet bahkan kamar mandi dengan keadaan bersih dan rapih.

Mushola

Menikmati keindahan alam jangan sampai membuat kalian tergiur dengan pesona nya yang begitu memikat mata. Meskipun sedang asyik-asyik nya berjemur sambil menikmati pemandangan pantai yang eksotis bukan berarti kamu boleh meninggalkan 5 waktu yang menjadi kewajiban.

Untuk kamu yang ingin beribadah, disini tersedia mushola, meskipun tidak terlalu besar tapi cukup bersih dan rapih. Bahkan di mushola ini telah dilengkapi wifi, mukenah dan sarung. (yang dicoret cuma ekspetasi penulis saja..haha).

Warung Makan

Membawa bekal saat berwisata memang menjadi salah satu alternatif agar isi kantong nggak terlalu jebol. Tapi berwisata tanpa menikmati aneka jajanan dan kulineran tempat sekitar kurang maknyuss rasanya.

Saat berwisata ke pantai wediombo, kamu gak perlu berat2 membawa rantang beserta isinya. Disini tersedia warung dengan aneka jajanan khas tempat tersebut.

Selain bisa mencicipi makanan khas Gunung Kidul, kamu juga bisa ikut berpartisipasi membantu perekonomian warga sekitar dengan membeli aneka makanan nya.

Tempat Parkir

Buat kamu yang membawa kendaraan pribadi, disana kamu bisa memarkirkan kendaraan pribadi mu di tempat parkir yang sudah disediakan.

Meskipun tempat parkir dengan pantai memiliki jarak yang lumayan jauh, setidaknya kamu tidak parkir disembarang tempat.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Wediombo

Untuk menuju Pantai Wediombo, tentunya alamat dan rute menuju pantai wediombo menjadi kebutuhan pokok bagi wisatawan untuk sampai ditempat dengan tepat dan selamat.

Lokasi Pantai Wediombo

Letak Pantai Wediombo ini berada di deretan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul seperti Pantai Baron, Pantai Indrayanti dan masih banyak lagi.

Lokasi Pantai Wediombo ini tepatnya beralamatkan di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lihat di Google Maps.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Dari pusat kota Yogyakarta, pantai wediombo ini memiliki jarak sekitar 73,4 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 20 menit. Untuk menuju pantai ini, tentunya banyak pilihan rute yang bisa kamu tempuh tergantung darimana kamu berangkat.

Dari Luar Yogyakarta

Bagi kamu-kamu dan kamu yang berada di luar Yogyakarta, kamu tetap bisa menikmati keindahan alam pantai wediombo dengan menggunakan transportasi umum.

Untuk menuju pantai wediombo kamu bisa naik bus umum, pastikan dengan tujuan Yogyakarta ya. Jika sudah sampai di Terminal Bus Giwangan Yogyakarta, kamu harus oper atau berganti mobil dengan jurusan Yogyakarta-Wonosari.

Jika sudah sampai di Wonosari, perjalananmu masih belum selesai kawan. Kamu masih harus berganti bus dengan jurusan Wonosari-Jepitu.

Saat naik bus menuju arah Jepitu, jangan lupa untuk meminta kepada supir bus nya untuk diturunkan di pertigaan Jepitu. Jika sudah sampai di pertigaan jepitu kamu boleh deg-degan coz untuk sampai di Pantai Wediombo sudah tidak lama lagi.

Nah, jika sudah sampai di pertigaan Jepitu, kamu tinggal naik ojek dan bilang ke abang ojek nya untuk mengatarkanmu menuju Pantai Wediombo.

Dari Yogyakarta

Dari arah Yogyakarta, tentunya untuk menuju pantai wediombo jauh lebih mudah, tanpa harus berganti-ganti menaiki bus.

Buat kamu warga Jogja yang ingin berwisata ke Pantai Wediombo tapi belum tahu rute nya, kamu tinggal berkendara dari Jl. Wonosari menuju ke Jepitu.

Untuk sampai ke Jepitu, kamu harus melewati Jl. Nasional III, Jl. Judodiningrat serta Jl. Nasional III. Jika sudah sampai di Jl. Nasional III, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan melewati Jl. Raya Semanu menuju arah Candirejo.

Nah, darisitu kamu tinggal melanjutkan perjalanan sampai Jepitu. Perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Jepitu sekitar 2 jam 3 menit dengan jarak tempuh sekitar 69 km.

Jika sudah sampai di Jepitu, ambil arah menuju Jl. Wediombo Jungwok dan meneruskannya hingga sampai di Pantai Wediombo.

Tak perlu khawatir tersesat, untuk menuju pantai ini kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang sudah tersedia.

Gimana? Siap berpetualang menikmati keindahan Pantai Wediombo?

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

  • Tiket masuk Pantai Wediombo Rp. 5000/orang
  • Tiket parkir di Pantai Wediombo Rp. 2000/unit untuk kendaraan roda dua, jika menginap dikenakan tarif Rp. 4000/unit
  • Tiket parkir di Pantai Wediombo Rp. 5000/unit untuk kendaraan roda empat, jika menginap dikenakan tarif Rp. 10.000/unit
  • Surfing Rp. 100.000/orang sudah termasuk sewa surf board, pemandu serta foto
  • Snorkeling Rp. 30.000/orang dengan lokasi di dekat pantai.
  • Snorkeling Rp. 80.000/orang dengan lokasi di belakang ombak (ditengah laut) dengan menggunakan kapal sewa dengan minimal peserta 6 orang.
  • Sewa Surfboad Rp. 50.000 tanpa pemandu serta foto 
  • Sewa Body Boot Rp. 20.000/orang
  • Sewa Motor Trail Rp. 100.000/orang
  • Sewa Tenda Rp. 35.000 dengan kapasitas 4 orang

Tips Berwisata ke Pantai Wediombo

  • Bagi kamu yang berasal dari luar Jogja, pastikan untuk menyiapkan energi karena perjalanan menuju Pantai wediombo ini lumayan menguras tenaga dan kantong. (niatnya sensor tpi keliatan..haha)
  • Siapkan budget untuk menikmati berbagai aktivitas seru yang ada di Pantai Wediombo
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti, menginap atau pun tidak membawa pakaian ganti merupakan kewajiban saat berwisata ke pantai
  • Gunakan sepatu yang ramah lingkungan, khususnya bagi cewek2 nih, meskipun pengen foto ala ootd, mengutamakan keselamatan adalah hal utama. Jika mau bawa saja untu dipakai saat berfoto saja
  • Bawa obat-obatan untuk jaga-jaga (kalo ada, bawa obat untuk jaga hati juga, wkwk)
  • Gunakan sunblock agar kulit kamu tidak terbakar karena terkena sinar matahari langsung
  • Bagi kamu pecinta sunsite, usahakan untuk berkunjung kesini sekitar bulan November sampai Mei, karena dibulan tersebut kamu bakal menyaksikan fenomena alam yang begitu menakjubkan
  • Jangan lupa untuk membawa kamera, power bank serta hand phone yang sudah terisi penuh baterainya. karena kamu bakal nyesel bgt kalo nggak mengabadikan moment dan pemandangan yang eksotis di Pantai Wediombo
Pantai Wediombo, Wisata Pantai di Jogja Dengan Kolam Alami
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *