pantai sawarna

Pantai Sawarna, Pesona Surga di Ujung Banten

Hai sobat, sudah mulai bosan lagi ya dengan segudang aktifitas? Mau refreshing? Bingung nentuin tempat? Sukagitu punya referensi baru lho. Apa itu? Ini dia, Pantai Sawarna.

Penasaran seperti apa tempatnya? Yuk capcus..

Surga Tersembunyi di Desa Sawarna

Pantai sawarna adalah rentetat pantai yang indah dan mempesona yang ada di desa Sawarna. Nama pantainya sebenarnya bukan sawarna, hanya saja letaknya yang berada di desa Sawarna sehingga pantai ini disebut pantai sawarna.

Pantai sawarna memiliki keindahan yang beraroma surga, gugusan bukit karang, hamparan pasir putih, serta laut biru yang berhadapan dengan samudera menambah kesan eksotisme pantai ini.

desa sawarna

Sudut Desa Sawarna. Foto klikhotel.com

Pantai sawarna berbeda dengan pantai kebanyakan. Biasanya objek wisata berupa pantai selalu saja penuh sesak oleh wisatawan. Lain dengan pantai ini, cenderung sepi, sehingga membuatmu nyaman dan pas sekali untuk refreshing.

Dan yang menjadi nilai plusnya adalah pantai disini begitu bersih. Jarang ditemukan sampah berserakan disini. Makin membuat nyaman dong?

Sepinya pantai sawarna ini bukan karena tempatnya  jelek atau tidak mempunyai daya tarik. Melainkan pantai sawarna ini kurang terekpos serta jalan menuju pantai sawarna ini lumayan serem.

Serem disini bukan berarti ada hantunya, melainkan terjal serta tebing yang tinggi akan kamu temui disepanjang jalan menuju pantai sawarna.

Pantai Apa Saja Yang Ada di Desa Sawarna?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada surga tersembunyi di desa Sawarna. Beberapa pantai yang luar biasa indahnya. Pantai apa saja itu?

1. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar merupakan salah satu ikon wisata pantai yang ada di desa Sawarna. Ciri khas dari pantai ini adalah dua batu karang yang tegak beridiri, menjulang tinggi ditengah laut. Bentuk kedua batu ini terlihat seperti sebuah layar pada perahu. Itu sebabnya pantai ini dijuluki Pantai Tanjung Layar.

pantai tanjung layar

Foto anekatempatwisata.com

Pantai Tanjung Layar memiliki air yang begitu jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pemandangannya indah dan begitu unik. Deburan ombak bersahutan seakan pecah ketika menabrak kedua karang tersebut.

Yang bisa kamu nikmati di pantai tanjung layar ini yaitu sunset jingga pada sore hari, dengan bayang hitam sang batu karang, membuat pemandangan disore hari begitu istimewa. Pemandangan bias emas sunrise di pagi hari juga tak kalah indahnya lho.

pantai sawarna

Foto: Putu Agnia

Tak hanya itu, saat air laut surut, kamu bisa berfoto-foto langsung didekat ikon dari pantai ini yaitu kedua batu karang yang berbentuk layar.

2. Pantai Karang Taraje

Berbeda dengan pantai tanjung layar. Jika pantai tanjung layar menyuguhkan dua bukit karang besar menjulang tinggi, pantai karang taraje menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa. Pemandangan yang tidak biasa seperti apa itu?

Deburan ombak yang membentuk air terjun, ini dia keunikan yang luar biasa. Pemandangan yang unik ini terjadi karena benturan ombak yang mengenai karang-karang yang ada di pantai ini, karena karangnya berundak-undak seperti tangga, sehingga air laut tersebut jatuh layaknya air terjun.

pantai karang taraje

Foto Cak Adi

Karang berundak tersebut yang membuat pantai ini dinamakan karang taraje. Karena taraje memiliki arti yaitu tangga.

Biasanya pantai memiliki hamparan pasir putih, tapi di pantai karang taraje, pasir putih tersebut digantikan dengan hamparan karang yang berundak-undak. Tak hanya itu, kamu pun bisa bermain kolam-kolam yang terbentuk dari genangan air diatas karang.

Ombak disini cukup besar. Wajar saja, pantai di Sawarna menghadap ke Samudera hindia. Karang di pantai pun cukup licin. Jadi, kamu harus berhati-hati yak saat berlibur disini

3. Pantai Ciantir

Pantai dengan hamparan pasir putih, ada. Yang punya hamparan karang, ada. Kalo pantai dengan hamparan pasir putih berpadu karang, ada gak ya kira-kira? Jawabannya ada.

"<yoastmark

Pantai Ciantir, disini kamu bukan hanya disuguhkan hamparan pasir putih saja, melainkan batu karang. Ombak di pantai ciantir cukup besar. Jadi, jangan terlalu dekat dengan bibir pantai saat kamu bermain.

4. Pulau Manuk

Pengen menikmati suasana pantai sambil melihat fauna? Pulau manuk bisa menjadi pilihannya. Seperti namanya yaitu pulau manuk yang berarti pulau burung, disini terdapat beraneka burung.

Darimana burung-burung tersebut? Burung-burung ini merupakan burung yang berasal dari beberapa negara yang singgah ke pulau ini. Selain burung, kamu bisa menjumpai monyet disini, karena pulau ini berada dekat dengan kawasan hutan lindung perum perhutani di daerah ini.

pulo manuk

Foto stapadventure.wordpress.com

Hamparan pasir putih, deburan ombak yang tidak terlalu tinggi, serta beraneka macam burung serta monyet liar bisa kamu nikmati sekaligus disini. Hmmmn rasanya double, seperti berlibur di pantai dengan kebun binatang.

5. Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari berada di bagian barat Desa Sawarna dengan waktu tempuh 40 menit dengan berjalan kaki.

Selama perjalanan ke lokasi, kamu disuguhi trek khas perbukitan dan pemandangan pematang sawah  yang sangat indah. Pantai Legon Pari memiliki garis pantai yang sangat lebar dan luas, pasirnya putih dan bersih.

pantai legon pari

Foto by: indonesiakaya.com

Di luar bulan Juni sampai Agustus Ombak di Pantai Legon Pari termasuk dalam kategori besar.

Nama Legon Pari merupakan asal kata dari Ngelagon atau menjorok ke darat atau teluk dalam bahasa Sunda. Sedangkan pari merupakan jenis ikan yang dahulu banyak sekali di temukan di pantai ini.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Desa Sawarna

Kawasan wisata desa sawarna ini sangat luas, banyak hal yang bisa kamu lakukan selama disini. Apa aja sih? yuk simak:

1. Menikmati ombak dengan surfing

Ombak disini cukup bagus untuk aktifitas menantang ini, karena lokasinya menghadap samudera hindia.

Namun perlu diperhatikan karena beberapa pantai persis menghadap hamparan karang. Jadi kamu harus surfing pada tempatnya. Untuk pemula bisa mencari guide disini.

2. Hiking dan Tracking

Jarak antar pantai yang cukup jauh dan ada beberapa yang terlindung perbukitan karang sangat cocok untuk kamu yang menyukai kegiatan ini.

Sepanjang jalur tracking kamu akan menikmati pemandangan yang super indah.

3. Volly pantai dan sepak bola

Bibir pantai di desa sawarna memiliki lebar yang cukup untuk bermain volly pantai ataupun sepak bola.

Bahkan dibeberapa spot memiliki fasilitas olah raga ini. Namun sekali lagi harus hati-hati, karena bisa jadi kaki kamu kena kulit kerang atau kerikil batu karang.

4. Santai dan melepas penat

Diwaktu-waktu tertentu terutama pagi hari, sengatan matahari disini sangat hangat, tersedia rumah-rumah panggung yang bisa kamu gunakan untuk ngobrol-ngobrol sabtai bersama sahabat dan keluarga.

5. Bermain pasir

Selain bibir pantai yang luas, kualitas asir di pantai sawarnapun sangat lembut. Sangat memungkinkan kamu untuk bermain pasir, dari mulai iseng-iseng sampai membuat bangunan 😀

Lokasi Desa dan Pantai Sawarna

Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. klik Google Maps. Untuk tiket masuk, pantai sawarna memberikan harga yang sangat terjangkau. Cukup Rp 5000 saja.

Penginapan di Pantai Sawarna

Harga penginapan pantai sawarna sekitar Rp 250.000 sampai Rp 500.00, harga bisa naik sampai dua kali lipat saat musim liburan.

Hati-hati saat memilih penginapan atau villa di Pantai sawarna, karena banyak calo yang memanfaatkan ketidak tahuan pengunjung.

harga penginapan pantai sawarna

Foto: villasawarna.com

Rute Menuju Pantai Sawarna

Kamu harus ke Serang Banten dulu. Menuju Serang dapat melalui Tol Jakarta – Merak kemudian keluar di pintu Tol Serang Timur.

Dimulai dari pintu Tol Serang Timur arahkan kemudi menuju ke arah terminal Pakupatan. Dari terminal lurus dan di lampu merah pertama dekat pom bensin pertamina belok kiri menuju Palima (perlimaan) Serang Banten. Dari palima ambil yang ke arah Baros dan Pandeglang.

Sampai di Baros mendekati masuk kota Pandeglang kamu akan memiliki dua pilihan, melalui alun-alun Pandeglang atau ke pinggir.

Dari Pandeglang Kota atau pinggir Pandeglang kamu ikuti arah menuju Saketi atau Labuan, nanti kalau sampai Saketi terus ambil arah ke kiri. Jalan dari Pandeglang menuju Saketi ini sudah dibetonisasi.

Sampai di Saketi, belok ke kiri ambil yang ke arah Malingping. Jalan Saketi Malingping inilah yang jalannya ya ampunn dan jika perjalanan malam hari, kamu harus ekstra hati-hati karena minimnya penerangan jalan dan melewati daerah yang jarang penduduk.

Setelah sampai ke Malingping, di pertigaan kota Malimping, ambil arah ke kanan menuju ke Bayah. Sekitar 2.5 Km, ada pertigaan lagi, lurus agak ke kiri ke arah Bayah/Sawarna dan jika ke kanan menuju ke Binuangeun.

Di sepanjang jalan Malingping – Bayah maupun arah ke Binuangeun inilah banyak terdapat pantai-pantai yang menarik, diantaranya Pantai Bagedur (3 Km dari pertigaan arah Binuangeun), Pantai Cihara, Pantai Cibobos dan beberapa pantai lain.

Jalan dari Malingping ke arah sawarna 50/50 antara yang bagus dan rusak, jadi tetap hati-hati.

 


Video review wisata Desa Sawarna by Ricky Guks

Pantai Sawarna, Pesona Surga di Ujung Banten
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *