pantai ngobaran jogja

Pantai Ngobaran, Sensasi Jogja Rasa Bali

Pengen ke Bali tapi tabungan cuma cukup ke Jogja ? pantai ngobaran wajib kamu kunjungi.

Jogya memang selalu istimewa. Salah satu kota terbesar di Indonesia ini memiliki tempat-tempat istimewa yang tersebar disetiap sudut kota. Besar daerahnya, tentunya memiliki tempat wisata yang banyak bagi para pelancong yang singgah di kota ini.

Betet tingtong
Ketiban gong
Jikalau melancong
Ya ke Jogja dong

Kota yang terkenal dengan tempat wisata dengan relief budha terlengkap ini, tak hanya menyuguhkan tempat wisata bersejarah yang terkenal hingga mancanegara, tetapi tempat wisata alam Jogja pun tak kalah pesonanya. Salah satunya yaitu pantai.

Hamparan Pasir putih, deburan ombak, pepohonan hijau, batu karang serta relief terbungkus menjadi satu disini, yaitu di Pantai Ngobaran.

Keindahan pantai yang terletak di Gunung Kidul ini tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Bahkan jika kamu berwisata kesini, kamu berasa ada di Bali.

Pantai Ngobaran, Jogja Rasa Bali

Dikawasan Pantai Ngobaran, terdapat tempat ibadah umat muslim dan umat hindu, yakni Masjid dan Pure. Itu sebabnya mengapa ketika kamu piknik ke pantai ini, rasa-rasa seperti ada di Bali, karena bangunan Pure yang ada disekitaran pantai tersebut.

Uniknya Pantai Ngobaran

Berbeda dengan pantai kebanyakan, yang hanya menyuguhkan indahnya pesona alam. Lain dengan di Pantai Ngobaran, kamu dapat melihat deburan ombak dari atas Masjid dan Pure yang tepat menghadap ke laut.

ngobaran

Bukan hanya di Jakarta kamu dapat melihat Masjid dan Gereja berdampingan, tapi di sinipun kamu dapat melihat Masjid dan Pure berdampingan.

Bukan hanya Masjid dan Pure, di sini terdapat tempat peribadatan kaum aliran, yaitu Kejawen dan Kejawan yang merupakan aliran umat Prabu Brawijaya V. Dari tokoh Prabu Brawijaya V lah, terbentuknya tempat ini.

Pemandangan mistis akan kamu rasakan disini, karena di Pantai Ngobaran terdapat kotak batu yang berada di atas puncak bukit karang, tepat di depan rumah joglo yang merupakan tempat dimana Prabu Brawijaya V serta istri keduanya membakarkan diri.

Darisinilah kata ngobaran menjadi nama pantai ini. Dalam bahasa Jawa, ngobaran berarti berkobar atau membakar.

Selain peristiwa Prabu Brawijaya V, Wisata pantai Jogja ini juga seringkali dijadikan tempat ritual bagi para penganut atau kaum aliran peninggalan Prabu Brawijaya. Saat hari raya Nyepi tiba, disini diadakan upacara Melastri.

Selain itu, para penganut ajaran Hindu seringkali melaksanakan upacara Galungan yang dilaksanakan setiap bulan purnama di Pantai Ngobaran. Serangkaian upacara serta ritual tersebut menambah suasana mistis di kawasan Pantai Ngobaran.

lokasi pantai ngobaran

Yang Bisa kamu Nikmati di Pantai Ngobaran

Hamparan pasir putih, birunya air laut serta deburan ombak seirama, menemani setiap detik waktu kamu ketika berada disini. Jejeran bukit karang yang kokoh menambah cantik kawasan ini. Rumah Joglo, Pure, relief membuat kamu merasa lekat dengan sejarah.

gambar pantai ngobaran

Sela-sela bukit karang menjadi ladang pencaharian para nelayan di daerah sekitar. Wajar jika kamu melihat para nelayan mencari kerang, lobster, bintang laut, serta biota laut lainya disore hari. Bahkan jika kamu tertarik, kamu bisa ikut mencarinya.

Tapi, bilang dulu yak sama bapak bapak nelayannya. Nanti dikira ambil lapak orang lagi. Hehe

Selain yang telah disebutkan diatas, kamu akan melihat pemandangan lain di pantai cantik ini, saat surut kamu akan menjumpai hamparan rumput laut disekitaran pantai.

Jika kamu mau, kamu bisa membeli rumput laut tersebut kepada para pedagang yang ada di Pantai Ngobaran.

Kuliner Landak Laut Goreng

Salah satu kuliner khas yang tersedia di warung-warung makan di pantai ngobaran adalah landak laut goreng. Daging landak laut sangat kenyal dan rasanya lezat.

Cara menikmatinya pun cukup unik, duri landak sebelumnya di potong hingga rata kemudian dipecah dengan menggunakan sabit hingga dagingnya terlihat.

Setelah itu dagingnya dicongkel. Kuliner ini merupakan sajian yang ekstrem, dan akan memberikan pengalaman berbeda.

Lokasi Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Lihat di Google Maps.

Tarif Pantai Ngobaran

  1. Tiket masuk Rp. 3.000/orang plus tiket masuk Pantai Ngrenehan.
  2. Harga buah tangan atau oleh-oleh: karangan lumut Rp. 1.500 s.d Rp. 2.000/kg, karangan agar-agar dipatok dengan harga Rp.1.200 s.d Rp. 1500/kg, serta karangan Simbar sebagai bahan untuk membuat kerupuk  yang dipatok dengan harga Rp. 3.000 s.d Rp. 5.000/kg.

Rute Menuju Pantai Ngobaran

  1. Yogyakarta – Tikungan Bokong Semar – Hargodumilah – Patuk – Tikungan Irung Petruk – Sambi Pitu – Hutan Tleseh – Lapangan Udara Gading – Pertigaan Gading – Pusdiklat TNI AD – Hutan Sodong – Telaga Namberan – Pasar Trawono – Kanigoro Saptosari – Pertigaan – Ambil arah kanan – Pantai Ngobaran.
  2. Wonosari – Siyono – Bogor – Playen – Paliyan – Pasar Trowono – Kanigoro – Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran.

Meskipun suasananya sedikit mistis, keunikan dan keindahannya tidak kalah menawan dengan pantai lainnya. Bukit karang, relief serta tempat peribadatan menjadi pemandangan yang berbeda yang membuat looks pantai ini justru semakin mempesona.

wisata pantai jogja

Tips Wisata di Pantai Ngobaran

Jika kamu ke Jogja, jangan lupa menjadikan pantai bersejarah ini sebagai salah satu deatinasi wisata Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Saya disarankan untuk datang pada pagi dan siang hari, agar kamu puas menikmati romantika pantai karang ngobaran hingga sore hari.

Jangan datang sore hari, karena belum tersedia penginapan, serta kawasannya yang masih belum terfasilitasi listrik, tidak memungkinkan para wisatawan untuk bermalam disana.

Video review by: Setapak Pesona on Youtube.

Pantai Ngobaran, Sensasi Jogja Rasa Bali
Kasih bintang berapa?

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *