pantai klayar indah

13 Pantai Terindah di Indonesia yang Gak Boleh Kamu Kunjungi Sekali

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan wisata baharinya. Banyak sekali pantai terindah di indonesia yang keindahannya terkenal sampai ke manca negara.

Luas perairan di Indonesia lebih besar dibandingkan daratan yaitu 64,7% dengan panjang garis pantai 99.000 km. Wajar jika banyak terdapat pantai terindah di Indonesia.

Bisikan deburan ombak, halus dan putihnya pasir, semilir angin yang sepoy-sepoy menjadi magnet untuk lekas berkunjung ke pantai-pantai terindah di Indonesia.

Pantai apa saja yang termasuk dalam pantai terindah di Indonesia? Berikut ini 10 Pantai Terindah di Indonesia.

1. Nusa Dua – Bali

nusa dua

Pantai Nusa Dua terletak 40 km di sebelah selatan Denpasar. Dengan pasir putih bersih dan indah, sehingga membuat para wisatawan betah berlama-lama menikmati pasir pantai yang hangat.

Pantai ini pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu pantai terbaik di dunia oleh TripAdvisor Communit.

Lokasi kawasan pantai Nusa Dua tidak begitu jauh dari Bandara Ngurah Rai, hanya sekitar 25 menit melintasi Jl. By Pass Ngurah Rai menuju arah selatan.

Cek Google Maps.

2. Pantai Senggigi, Lombok

pantai senggigi

Pantai Senggigi berlokasi di sisi barat Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal ini terletak di pantai barat Pulau Lombok.

Selain keindahan laut dengan pasir putih dan air biru, pantai ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah, yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Di Pantai Senggigi, ada terumbu karang yang menjulang di tengah lautan, sehingga ombak besar pecah sebelum mencapai pantai.

Cek Google Maps.

3. Pantai Plengkung – Jawa Timur

pantai plengkung

Pantai Plengkung terletak di ujung tenggara Pulau Jawa. Memiliki gelombang yang luar biasa dan pemandangan alam yang indah. Ombak besar membuat pantai ini menjadi surga bagi pecinta surfing.

Kamu juga dapat menikmati sunset sambil bersantai di pantai. Tak hanya itu, Pantai Plengkung memiliki sebuh penangkaran penyu. Jika beruntung kamu bisa melihat pelepasan tukik yang unyu-unyu.

Tak hanya itu, Pantai plengkung merupakan tempat berselancar kelas dunia, ombak tertingginya mencapai 6-8 menter.

Cek Google Maps.

4. Pantai Pangandaran – Jawa Barat

pantai pengandaran

Terletak di Desa Pananjung, 92 km dari kota Ciamis. Suguhan dari wisata pantai pangandaran ini adalah sunrise-nya, serta suasana magis khas pantai selatan juga terasa banget disini.

Selain ombak yang besar, Pangandaran juga memiliki taman laut, buat kamu yang suka snorkeling dapat melihat kehidupan bawah laut yang indah. Pasir pantai yang putih dan pemandangan samudera lepas cocok banget buat background selfie kamu. 😀

Mitos penguasa pantai selatan “Nyi Roro Kidul” sangat kental disini. Soo, hormati warga sekitar dengan tidak merusak ya gaess.. 🙂

Cek Google Maps.

5. Pantai Parai Tenggiri – Bangka Belitung

parai tenggiri

Untuk menuju “Pantai Laskar Pelangi” ini dibutuhkan sekitar 45 menit dengan berkendara dari Pelabuhan Pangkal Balam atau Bandara Depati Amir.

Sama seperti pantai-pantai indah di Indonesia lainnya, Parai Tenggiri memiliki pasir putih juga, namun yang membedakan adalah airnya yang berwarna hijau tisca yang menciptakan pemandangan yang luar biasa.

Batu-batuan besar yang indah khas film laskar pelangi melengkapi keindahan pantai ini. Kamu bisa berenang atau sekedar santai diatas batu-batu purba tersebut.

Cek Google Maps.

6. Pantai Parangtritis – DI Yogyakarta

pantai parangtritis

Di kota gudeg sana ada sebuah potongan pantai surga bernama Parangtritis, terletak 27 kilometer di sebelah selatan kota Yogyakarta.

Di sore hari, sebelum matahari terbenam adalah waktu terbaik untuk menikmati pantai ini. Sambil menunggu sunset kamu bisa menelusuri Situs Gembirowati yang terletak di belakang pantai.

Dari sana, pemandangan Pantai Parangtritis akan terekspos semua, cakrawala laut selatan dengan ombak penuh misteri. Di sisi timur, terdapat sebuah kuil kuno yang tersembunyi.

Cek Google Maps.

7. Pantai Tanjung Papuma – Jawa Timur

tanjung papuma

Dari kota Jember, membutuhkan sekitar 45 menit untuk sampai ke Tanjung Papumah. Sebelum melihat pantai, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan tropis yang disebut hutan Malikan, dipenuhi pepohonan yang masih alami seperti palem, serut dan beragam pohon kecil khas tropis lainnya.

Setelah “ngadem”, kamu akan disambut pasir putih bersih dan beberapa kapal tradisional milik nelayan. Ada banyak batu-batu besar dan pemandangan yang akan memanjakan mata Anda.

Cek Google Maps.

8. Pantai Maluk – Sumbawa

pantai terindah di indonesia

Maluk adalah salah satu pantai kebanggaan NKRI yang menakjubkan, terletak disepanjang pantai barat selatan selatan Pulau Sumbawa.

Banyak turis domestik maupun mancanegara yang singgah di tempat ini untuk snorkeling, diving ataupun menikmati birunya tepi laut dengan menggunakan kayak.

Pantai Ini sangat bebas polutan. Cocok untuk honeymoon ataupun menginap beberapa malam bersama keluarga. Pantai Maluk tercatat sebagai salah satu tempat terindah di Indonesia.

Cek Google Maps.

9. Pantai Klayar – Jawa Barat

pantai klayar indah

Pantai Klayar berada di Donorojo, sekitar 35 km di sebelah barat kota Pacitan dan dapat dicapai dalam 60 menit. Tidak banyak pengunjung ke pantai ini karena akses jalan yang masih sulit.

Perjalanan ke Pantai Klayar yang menantang, akan dibayar oleh pemandangan yang luar biasa, pasir putih, air biru dan bukit-buikt karang yang berdiri kokoh beberapa di antaranya berlubang akibat terkikis ombak, juga deretan pohon kelapa di kawasan bibir pantai.

Perlu dicatat, pengunjung tidak diizinkan berenang disini karena memang sangat berbahaya. Cek Google Maps.

10. Pink Beach – Taman Nasional Komodo

pink beach komodo

Selain warnanya yang berwarna merah muda, tak jauh dari bibir pantai kamu bisa menikmati taman bawah laut yang menakjubkan.

Warna merah muda dihasilkan karena pasir pantai yang tercampur pasir merah dari kawasan bukit gersah di pulau tersebut. Banyak cara untuk menikmati pantai ini, mulai dari berenang, snorkeling ataupun bermain kayak.

Jika berencana piknik ke Pulau Komodo, pastikan pantai ini menjadi salah satu daftar destinasi kamu.

Cek Google Maps.

11. Pantai Sawarna – Banten

pantai tanjung layar

Foto anekatempatwisata.com

Pantai sawarna adalah rentetat pantai yang indah dan mempesona yang ada di desa Sawarna. Nama pantainya sebenarnya bukan sawarna, hanya saja letaknya yang berada di desa Sawarna sehingga pantai ini disebut pantai sawarna.

Dan yang menjadi nilai plusnya adalah pantai disini begitu bersih. Jarang ditemukan sampah berserakan disini. Setidaknya ada empat pantai yang paling banyak dikunjungi; Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Taraje, Pantai Ciantir, Pulau Manuk. Baca selengkapnya tentang wisata Desa Sawarna.

Cek Google Maps.

12. Pantai Dreamland – Bali

pantai terindah di indonesia

Terletak di lepas pantai selatan Pulau Bali, Pantai Dreamland benar-benar “the dream come true” bagi mereka yang ingin menikmati petualangan dan romantisme.

Dengan langit dan air biru biru terang yang mungkin kamu belum pernah liat sebelumnya. Suasana tenang dan hangat sangat cocok untuk liburan keluarga, pun dengan fasilitas disana, lengkap! Akomodasi penginapan banyak tersedia untuk perorangan, keluarga dan kelompok besar ataupun kecil.

Cek Google Maps.

13. Pantai Kanawa – Flores

pantai kanawa

Kanawa adalah sebuah pulau tropis kecil yang sangat indah, sepenuhnya dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan terumbu karang cantik.

Terletak di perbatasan Taman Nasional Komodo, hanya satu jam penerbangan dari Bali. Kanawa adalah destinasi terbaik untuk melepas penat, snorkeling, diving dan menjelajahi taman bawah laut adalah kegiatan utama disini.

Pantai Kanawa sebenernya dimiliki oleh perorangan yaitu Haji Idris juragan dari suku bugis asal Labuan bajo lalu disewakan kepada WNA asal Itali dan menjadi terkenal seperti saat ini.

Cek Google Maps.

 

Sebelum traveling keliling dunia, kamu wajib keliling Indonesia gengs. Setengah dunia ada di negara kita loh. Sekian yah … byeee 🙂

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

13 Pantai Terindah di Indonesia yang Gak Boleh Kamu Kunjungi Sekali
Kasih bintang berapa?

Comments

  1. By Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *