Membuat Travel Blog

[Step by Step] Membuat Travel Blog yang Profitable untuk Pemula

Kamu hobi nulis plus jalan-jalan? Tahu gak sih hobi tersebut bisa dijadikan uang? Gimana caranya? Salah satu caranya yaitu dengan membuat travel blog.

Bagi kamu yang hobi menulis, saat ini kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk dijadikan ladang penghasilan. Daripada kamu menulisnya dalam buku diary, lebih baik kamu membuat blog sendiri.

Isi blog tersebut dengan hal-hal menarik dan bermanfaat, salah satu topik yang bisa kamu pilih yaitu tempat wisata atau travel blog.

Kenapa Travel Blog?

Perilaku pengguna internet yang suka memposting segala sesuatu di sosmed, membuat sebagian orang berlomba-lomba memposting sesuatu yang menarik.

Semakin unik foto yang diunggah, follower-nya pun semakin banyak. Nah, untuk mengisi profil instagramnya dengan foto-foto yang menarik, mereka akan mencari informasi tempat wisata yang menarik dan tentunya instagramable.

Selain itu, setiap orang tentunya mengalami kejenuhan dengan segala aktifitas yang dilakukan. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kepenatan tersebut yaitu dengan travelling.

Sebelum berwisata, tentunya mereka akan mencari informasi mengenai tempat wisata yang ingin mereka kunjungi. Salah satu media untuk mencari informasi tersebut yaitu blog yang membahas tempat wisata.

Kali ini sukagitu akan membahas cara membuat travel blog yang menguntungkan. Agar kamu bisa berbagi informasi langsung di website kamu sendiri.

1. Tahap Persiapan Membuat Travel Blog Untuk yang Agak Gaptek

Sebenarnya membuat website sendiri tidak sesulit yang orang awam bayangkan. Bayangan orang awam ketika membayangkan pembuatan website adalah dengan menuliskan bahasa pemrograman yang rumit.

Namun sebenarnya tidak sesulit itu, karena sekarang banyak sekali teknologi untuk mengatasi hal-hal rumit tersebut.

Berikut hal teknis yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website:

  1. Domain : domain adalah alamat untuk menuju website kamu. Ex: sukagitu.com
  2. Hosting : hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua file website kita. Baik itu text, gambar, video maupun data-data yang dimuat dalam website.
  3. CMS : content managemen system adalah aplikasi untuk mengatur konten website, menambah, edit, hapus posting dan lain-lain. Seperti yang dijelaskan diatas, sekarang untuk membuat website hampir tidak butuh skill IT, karena ada CMS semua di desain dengan mudah.
cara kerja domain dan hosting

Cara kerja domain dan hosting.

Untuk pembahasan ini kita gunakan WordPress.Org. WordPress adalah CMS paling populer saat ini.

Klik disini untuk mengenal lebih lanjut.

Jenis Nama Domain

  1. Keyword on domain : Biasa disebut KOD adalah domain yang mengandung kata kunci. Jika blog kamu membahas wisata pantai, kamu bisa menggunakan domain piknikpantai.com atau pantailestari.net.
  2. Personal domain : Kamu penuh percaya diri dan punya nama unik? menggunakan nama kamu sebagai domain menjadi pilihan tepat. Contoh: namakamu.com.
  3. Brand domain : Membuat brand sendiri yang unik bisa kamu aplikasikan pada domain kamu. Contoh: sukagitu.com, olx.co.id, kaskus.co.id

Tips Memilih Nama Domain

Karena domain kamu tidak bisa diganti di tengah jalan, fikirkan baik-baik sebelum memutuskan apa nama domain kamu.

Berikut beberapa tips memilih nama domain secara profesional :

bagian nama domain

Mengenal bagian nama domain.

Mudah di eja

Domain adalah “nama panggung” kamu di internet, pastikan domain kamu mudah dieja manusia pada umumnya. Jangan seperti ini: xulineerbandoeng.com atau pantaytjantix.net.

Pendek, Brandable dan Memorable

Buat sependek dan semanis mungkin. Memiliki daya merek dan mudah di ingat adalah elemen penting dalam tahap pemilihan domain. Jadi, jangan asal pendek !

Hindari Tanda Hubung dan Angka

Tanda penghubung dan angka memungkinkan pembaca setia blog kamu mengalami typo saat menuliskan nama domain. Jika terpaksa gunakan strip (-) saja untuk tanda penghubung.

Hindari Hak Cipta Merk

Yang satu ini juga sangat penting, jangan sampai blog kesayangan kamu di gugat sang pemilik merk. Runyam kan ­čśÇ

Pilih “.com” Terlebih Dahulu

Jika ada beberapa pilihan, choose .com first karena ekstensi domain tersebut sudah sangat familiar dengan pengguna internet.

Pikirkan untuk jangka panjang

Domain itu seperti nama orang saja. Dia digunakan selamanya, sampai expired atau di banned pihak tertentu. hihhii

Pastikan Domain Pilihanmu tersedia

Sudah dipikirin siang malam, ehh malah udah di beli orang :D. Karena ada milyaran domain yang terdaftar di internet. Sangat mungkin kan domain yang kamu fikirkan sama dengan domain lain.

Kamu bisa cek Disini

2. Memilih Hosting Terbaik

Hosting yang handal faktor penting dalam pembuatan blog dengan minat pencarian yang tinggi (termasuk travel blog).

SGDC sendiri menggunakan Niagahoster – Hosting personal dengan biaya sekitar 700ribu per tahunnya. Dengan harga segitu sih udah murah banget.

Ditambah supportnya oke punya.

Ada beberapa paket hosting dengan spesifikasi berbeda yang kamu pilih sesuai kebutuhan. Pilih paket hosting disini.

3. Instalasi dan Mempelajari WordPress

Kamu akan menginstal WordPress self-host. Maksudnya perangkat lunak WordPress berada pada server perusahaan hosting yang kamu sewa, bukan akun wordpress.com, blogspot atau blogger gratisan. Apa sih bedanya?

  • Website kamu adalah “sukagitu.com” bukan “sukagitu.wordpress.com”
  • Hak┬ámemiliki data dan kontrol penuh
  • Kamu bisa menginstal plugin & tema sesuka hati
  • Terhindar dari penghapusan sepihak dari pihak wordpress.com
  • Kamu bisa menjual slot iklan di website
  • Tidak numpang ­čśÇ

Wordpess itu software, jadi kamu tinggal mengenalnya saja sudah cukup. Jadi jangan bayangkan kode-kode rumit itu. Berikut sukagitu bagikan resource gratis dasar-dasar WordPress:

Panduan dan Tutorial WordPress lengkap.

4. Memilih Tamplate Profesional

WordPress dilengkapi dengan beberapa desain standar. Tapi, dalam membuat travel blog tentunya harus punya ciri khas.

Harga tema blog profesional hanya sekitar $30- $80. Namun jika itu terlalu mahal, kamu bisa download tema gratis di WordPress Theme Directory, tenang, semuanya legal dan aman.

Untuk yang ingin membeli tema premium sukagitu rekomendasikan Themeforest.net. Jangan lupa untuk membeli dari desainer Indonesia, cirinya mudah kok, ada logo merah putih di badge-nya.

Tips menentukan tema dan desain blog:

  1. Responsive, pastikan desain blog kamu mampu menyesuaikan diri dengan lebar layar perangkat.
  2. Mobile friendly. Bisa kamu test di sini. Karena 80% pengguna internet dunia berasal dari perangkat mobile.
  3. Navigasi fiturnya mudah dimengerti dan digunakan.
  4. Ukuran dan jenis font standar Google Font. sukagitu.com memiliki ukuran font sebesar 15px pada konten artikel, lebih besar dari font standar skripsi (y)
  5. Memilih warna background yang ke arah putih. Hindari warna-warna stabilo alay yang memusingkan.
  6. Ringan, simple dan fungsional, maksudnya semua fitur yang dimuat memang dibutuhkan pembaca. Jangan memasang hal-hal yang tidak penting, seperti kalender dll.
  7. Support semua browser populer. Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari, UC dll.
  8. Mudah di share ke media sosial.

Beberapa contoh blog traveling yang kece:

contoh travel blog alam

expertvagabond.com

contoh travel blog keren

twomonkeystravelgroup.com

8. Plugin Penting untuk Membuat Travel Blog

Sekali lagi, wordpress self-host adalah milik kita sepenuhnya. Jadi kita bebas menambahkan fitur apapun yang blog butuhkan.

Plugin adalah fungsi tambahan yang bisa diinstall pada travel blog kamu. Namun bukan berarti semuanya kamu install ya ­čśÇ

Berikut adalah beberapa plugin penting untuk membuat travel blog mu tampil profesional:

  1. Akismet, berfungsi untuk menyaring komentar spam yang membahayakan keamanan website.
  2. SEO by Yoast, berguna untuk membantu SEO On-page artikel yang kamu tulis benar. Dan fungsi lain yang berhubungan dengan SEO.
  3. Jetpack, plugin ini biasanya sudah terinstall. Jetpack adalah induk dari beberapa plugin, karena memiliki 30+ fitur yang sangat powerful.
  4. KK-star rating, nah ini penting. Plugin ini memberikan fitur sistem rating berupa skor bintang 1-5.

9. Gadget yang Digunakan Travel Blogger Profesional

Gadget kini sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Ibarat nasi, gadget merupakan kebutuhan pokok  bagi para travel blogger profesional.

Membuat Travel Blog

Lalu, gadget apa saja sih yang dibutuhkan ? Berikut ini beberapa gadget yang digunakan untuk travel blog profesional :

Smartphone

Selain untuk komunikasi, handphone memiliki beberapa manfaat penting bagi para travel blogger.

Manfaat tersebut diantaranya aplikasi Google Maps yang biasa digunakan sebagai petunjuk arah saat menuju tempat wisata, serta note yang tentunya bermanfaat untuk mencatat hal-hal penting seperti harga tiket masuk serta tarif lainnya.

Beberapa smartphone dengan kualitas kamera setara DSLR; Samsung Galaxy S4 Zoom, Samsung Galaxy K Zoom dan Asus Zenfone Zoom, Tak ketinggalan iPhone 6 Plus.

Kamera Berkualitas

Dengan kamera, kamu bisa mengambil beberapa gambar atau foto tempat-tempat wisata yang pernah kamu kunjungi untuk memaksimalkan isi konten.

Artikel wisata tanpa gambar ibarat mendengarkan film di radio. Kamu bisa bayangkan sendiri rasanya melihat film lewat radio. Hehehe

Bagi pemula, bisa membeli kamera murah dengan kualitas DSLR. Seperti; Olympus VG-180, Sony Cybershot DSC-W810, Samsung WB-50, Canon IXUS 180, Nikon Coolpix S33, Sony DSC-W830, Olympus VR-350, dan Canon IXUS 175.

Laptop / Komputer

Fungsinya banyak ya, mulai dari menulis artikel, editing foto, backup data-data foto kamu dan masih banyak lagi.

Untuk editing foto dan video, kamu butuh komputer dengan kemampuan grafis (VGA) yang tangguh dan kapasitas RAM serta kecepatan prosesor yang memadai.

Powerbank

Kamu yang hobi travel jauh, pasti ngerti banget kebutuhan ini. Tapi ingat, jangan beli powerbank abal-abal. Karena bisa merusak gadget-gadget diatas.

Note: Buat yang masih sekedar coba-coba bisa mengganti beberapa perangkat diatas dengan smartphone saja ­čśÇ

10. Mulai Ngeblog

Setelah masalah teknis seperti yang telah dijelaskan diatas selesai dan siap, kini waktunya kamu berkreasi dan mulai ngeblog.

menulis blog

Saat memulai untuk ngeblog, ada poin-poin penting yang harus kamu perhatikan. Poin-poin tersebut diantaranya yaitu :

  1. Pahami Demografi pembaca : Memahami demografi sangat penting. Jika konten yang kaum buat ditujukan kepada pembaca dengan usia yang relatif masih muda, kamu bisa memilih gaya penulisan yang santai. Dll
  2. Buat Konten Yang Berguna : Dari data-data diatas kamu bisa menentukan konten apa yang harus kamu buat. Konten yang dibuat tentunya konten yang berguna dan menjawab semua kebutuhan para pembaca.
  3. Uptodate : Buatlah konten yang uptodate yaitu konten tempat wisata yang lagi ngehits. Untuk membuat travel blog yang baik dan profesional, uptodate itu penting.
  4. Menjadi penulis tamu di travel blog lain
  5. Promosikan Kampung Halaman : Kamu bisa menulis konten tentang tempat wisata di kampung halamanmu. Dengan begitu secara tidak langsung kamu mempromosikan kampung halamanmu.

Pelajari: Panduan menulis konten yang terbukti populer

11. Memahami Dasar SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimalkan website agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Kamu pasti pernah melakukan pencarian di search engine seperti Google, kamu akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian tersebut. Search engine mengurutkan hasil pencarian bukan secara acak, tapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas konten suatu website.

Banyak banget tutorial SEO yang berseliweran di Internet, tapi TIDAK semuanya benar. Bahkan banyak yang membahayakan.

Untuk mempelajari SEO secara benar ada baiknya kamu mengikuti panduan yang di tulis PanduanIM.com milik master internet marketing Indonesia, mas Darmawan.

Mulai dari sini, panduan tersebut terdiri dari tujuh bab ajaib yang mudah di praktekin banget.

Kenapa sukagitu merekomendasikan panduanim? Karena tutorial di panduanim adalah salah satu yang terbaik dan paling mendasar.

12. Gaet Pembaca dari Sosmed dan Forum

Sosial media dan forum menjadi tempat nongkrongnya semua komunitas. Termasuk yang suka jalan-jalan.

Membuat travel blog tanpa mengembangkan sosial media akan sangat kurang optimal. Karena selain search engine, sosial media dan forum adalah tempat kumpulnya calon pembaca.

Beberapa sosial media yang cocok untuk jenis post berupa gambar dan link, tentunya gambar dan link berkaitan dengan blog kamu:

  1. Facebook, memiliki 70juta++ pengguna aktif asal Indonesia (data 2015), lebih dari 40%-nya berumur 20-29 tahun. So, Facebook adalah ladang subur buat travel blog. Dari group, fanspage sampai akun pribadi akan dengan mudah share artikel wisata.
  2. Twitter, 28% pengguna twitter berasal dari Indonesia (data 2012), membuat travel blog berbahasa Indonesia dan mempromosikannya di Twitter bukan hal yang remeh.
  3. Instagram, entah kenapa si pendatang baru ini sangat populer, 400juta pengguna seluruh dunia aktif setiap bulannya. Mendatangkan ribuan follower untuk akun yang punya postingan unik. Termasuk foto jalan-jalan !
  4. Pinterest, di Indonesia sosmed yang satu ini memang tidak sepopuler platform-platform diatas. Namun 1juta pecinta gambar aktif disini. Kamu jago fotografi? share karya kamu dan datangkan pengunjung ke blog mu.

Selain di sosial media, bertanya, menjawab serta berdiskusi di forum tidak akan sia-sia. Jika kamu melakukannya dengan tepat, kamu bisa mendatangkan ribuan pengunjung.

Referensi forum besar yang aktif membahas wisata:

  1. Kaskus, forum online besutan Andrew Darwis dan Ken Dean ini memiliki beberapa forum didalamnya, salah satunya Kaskus Travellers.
  2. Jalan2.com, jalan2.com sendiri adalah platform traveling asal Indonesia yang juga menyediakan fasilitas forum yaitu Forum Jalan2.com.

Sosmed dan forum adalah platform bersosialisasi, silakan share hal-hal bermanfaat. Dan jangan nyepam!

Tindakan mengganggu justru akan merusak blog kamu sendiri. Untuk Sosial media marketing akan dibahas lebih lanjut di post khusus.

13. Mengenal dan Menentukan Sumber Penghasilan

Setelah mulai ngeblog, dan mendapatkan pembaca setia. Jumlah visitor diatas 1000. Kamu berhak menguangkan usaha keras mu.

Sumber penghasilan bisa kamu tentukan jenis dan bentuknya. Berikut sukagitu jelaskan beberapa jalan untuk mengubah pembaca travel blog mu menjadi pemasukan mu.

Menjadi Publisher Iklan

Cara ini mungkin cara yang paling mudah untuk membuat travel blog kamu menghasilkan uang. Publisher maksudnya, blog kamu akan menampilkan iklan yang disediakan perusahaan jaringan iklan (Ads Network).

Salah satu ads network terbesar adalah Google Adsense, ads network milik Google ini menjadi ads network favorit di Indonesia, atau mungkin di Dunia.

Sistem pembayarannya:

  1. CPM = Cost per Million, jadi kamu dibayar per 1000 tayangan iklan.
  2. CPC = Cost per Click, artinya kamu akan dibayar setiap ada penunjung yang klik iklan. Biasanya untuk user Indonesia akan dibayar 400-1000 rupiah per klik.

Sukagitu.com menggunakan ads network Google Adsense.

Menjual Produk Fisik dan Jasa

Menjual produk dan jasa adalah metode terbaik saat ini. Karena penghasilan yang didapat bisa berkali-kali lipat dari pada hanya mengandalkan ads network.

Contoh, rata-rata CPM di Indonesia adalah 10.000 rupiah, berarti untuk bisa menghasilkan 100ribu perhari, kamu butuh 10.000 pengunjung.

Bayangkan kalo kamu jual produk atau jasa sendiri? Kamu bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan pengunjung 10.000 perharinya.

Sponsored Posts

Metode ini adalah salah satu yang digunakan Sukagitu.com. Sponsored post adalah konten yang di posting dalam blog kita yang didalamnya mengandung unsur iklan dan biasanya memiliki link ke halaman tertentu.

Jika tulisanmu berkualitas, gak mustahil akan ada banyak pihak yang ingin menampilkan produknya di post kamu.

Contoh, blog kamu membahas wisata Bali. Karena blog mu berkualitas ada perusahaan paket wisata yang ingin mempromosikan jasanya didalam post kita.

Biasanya pihak klien selalu menyisipkan link menuju halaman websitenya. Tema postingannya sendiri bisa berupa review atau tema yang berkaitan dengan produk atau jasa yang di iklankan.

contoh permintaan sponsored post

Contoh permohonan sponsored post yang pernah diterima Sukagitu.com.

Affiliate Marketing

Sistem afiliasi adalah proses pemasaran online untuk menjualkan produk-produk milik orang lain melalui link referensi. Mempromosikan produk tertentu dengan sistem afiliasi sangat menguntungkan.

Kamu hampir tidak memiliki resiko rugi, ya kan?, begini skemanya.

program affiliate

Skema sistem affiliate marketing.

Done !

Aktifitas membuat konten lalu kita bagikan di sebuah blog bukan sekedar iseng dan mengisi waktu luang. Bloging bisa kamu jadikan aktifitas yang produktif, bahkan ada kesempatan berkarir di sana.

Namun untuk menghasilkan uang yang diharapkan tidak semudah itu, semua butuh proses usaha dan proses kreatif.

Kamu butuh pembaca yang loyal dan setia. Maka buatlah konten untuk mereka dengan sepenuh hati, buat mereka betah berlama-lama membaca blog kamu.

Selain menguntungkan, Membuat travel blog juga dapat dijadikan wadah untuk berprestasi, karena banyak juga artis-artis kreatif yang berasal dari blog.

Seperti Raditya Dika dengan kambingjantan.com-nya (sekarang ganti radityadika.com), Alit Susanto dengan shitlicious.com-nya, atau Bena Kribo dengan benablog.com-nya.

 

Konten ini ditulis oleh team sukagitu.com dengan sesimpel-simpelnya agar dimengerti pembaca awam. Kalo ada pertanyaan silahkan komen, dan yang berminat membuat travel blog bisa kami bantu.

[Step by Step] Membuat Travel Blog yang Profitable untuk Pemula
4.6 (92.31%) 13 votes

Comments

  1. By Nurul widiyatmoko

    Reply

    • By Mpit

      Reply

  2. By Erick Girimukti

    Reply

    • By Mpit

      Reply

  3. By Rizki

    Reply

    • By Mpit

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *