labuan cermin

Menikmati Beningnya Danau Labuan Cermin, Danau “Tanpa Air”

Pengen lihat yang bening-bening? Apalagi bikin mata dan hati semriwing. Yuk ikut sukagitu menyusuri Danau Labuan Cermin.

Danau dua rasa ini berada di daerah Kalimantan Timur. Danau ini terkenal disebut Danau Labuan Cermin karena airnya yang begitu bening dan mengkilap layaknya cermin.

Bahkan saking beningnya penglihatan kita sampai tembus ke dasar danau. Airnya yang berwarna hijau kebiruan serta memiliki dua rasa yang berbeda, menjadi keunikan tersendiri.

Bahkan konon katanya Danau Labuan Cermin merupakan sebuah danau yang dulu pernah dijadikan tempat mandinya para raja Berau.

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu wisata air atau bahari yang dikelola oleh masyarakat sekitar dengan “Lekma Lamin” atau Lembaga Masyarakat Labuan Cermin yang menaunginya.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Danau Labuan Cermin

1. Beningnya Air Danau Labuan Cermin Yang Sebening Kaca

Yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi danau ini salah satunya tidak lain adalah kejernihan dan beningnya air di danau tersebut.

Danau yang memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter, bisa kamu lihat dasarnya dari atas permukaan, bahkan cahaya dari atas bisa tembus sampai ke dasar. Itu membuktikan kalau air tersebut benar-benar bening.

Kejernihan air dengan warnanya hijau kebiruan benar-benar menyejukan mata.

wisata kalimantan timur

Bening banget gan ! via cari.com.my

Jadi, jika kamu tidak ingin berenang, panorama sekitar danau serta dasar danau yang bisa kamu nikmati dari atas permukaan, sudah cukup membuatmu relaks dan merefresh otak kamu dari segala kepenatan.

2. Danau Dua Rasa

Hal terunik yang bisa kamu dapatkan serta rasakan di tempat ini yaitu kandungan air danau ini. Terdapat dua kandungan air yaitu tawar serta asin.

Benar-benar luar biasa. Dua air yang berbeda, berada di satu tempat. Untuk air yang diatas permukaan, memiliki kandungan air tawar dan sebaliknya untuk bagian bawah atau dasar kandungan airnya asin.

wisata berau

Danau unik dua rasa. via tempatwisatakita.com

Jika kamu tidak percaya, kamu bisa diving agar mengetahui batasan air tawar serta asin tersebut. Coba saja cicipi, bedakan sendiri rasa air yang dipermukaan serta air yang di dasar atau dibagian bawah.

3. Berenang dan Diving

Berwisata air atau bahari kurang lengkap jika tidak menceburkan diri untuk berenang. Apalagi airnya begitu jernih dan bening. Bakal nyesel deh kalau gak nyebur.

Kualitas air yang jernih menjadi salah satu magnet yang membuat para wisatawan tak sabar untuk menikmati kejernihan air tersebut.

Saat berenang, badan seketika menjadi segar serta pikiranpun menjadi fresh, seolah-olah segala penat dan masalah luntur terbawa arus air.

Salah satu aktifitas yang wajib kamu lakukan saat berwisata ke danau dua rasa ini yaitu diving.

Panorama dasar danau yang indah, lengkap dengan biotanya menggugah hati para wisatawan untuk menyelaminya.

Saat melakukan diving, kamu akan menemukan keunikan dari danau labuan cermin. Keunikan tersebut diantaranya yaitu kamu dapat membuktikan dan merasakan sendiri perbedaan kandungan air.

diving labuan cermin

via tempatwisatakita.com

Yang paling uniknya lagi, kamu bisa menikmati keindahan biota air tawar dan asin sekaligus. Salah satunya yaitu segerombolan ikan yang asyik berenang kesana kemari.

4. Menikmati Keindahan Hutan Hujan Tropis

Saat berwisata ke tempat wisata di Kalimantan Timur  yang satu ini, kamu  akan dimanjakan dengan indahnya hutan hujan tropis. Namun, untuk menikmati keindahan alam tersebut kamu harus melakukan perjalanan menuju Danau Labuan Cermin via jalur darat.

hutan tropis kalimantan timur

Via: Berau Tourism

Saat  melakukan perjalanan menuju Danau Labuan Cermin, tidak hanya deretan pepohonan hutan hujan tropis yang bisa kamu nikmati, kamu pun akan mendapati beberapa perkebunan sawit milik warga sekitar.

Hutan hujan tropis selain dapat dinikmati keindahannya serta mampu memberikan efek yang menyegarkan, juga bisa dijadikan objek bagi para pecinta fotografi untuk mengabadikan momen keindahan alam tersebut.

Fasilitas di Danau Labuan Cermin

Jika kamu berwisata ke Berau Kalimantan Timur yaitu khususnya ke Danau Labuan Cermin, kamu tak usah khawatir akan tidur dimana. Karena terdapat banyak hotel di Berau Kalimantan Timur yang dekat dengan tempat wisata tersebut.

Kamu bisa bermalam di hotel tersebut dengan tarif yang berfariasi. Dimulai dari tarif yang paling murah yaitu sekitar Rp. 80.000/malam sampai dengan Rp. 250.000/malam.

Bagi kamu yang memiliki bugdet minim, kamu masih bisa menghemat biaya dengan memilih penginapan dengan tarif yang murah. Salah satu penginapan yang cocok untuk kamu pilih yaitu pondok.

Dimana pondok tersebut biasa dijadikan tempat menginapnya para pemancing. Pondok tersebut memasang tarif sebesar Rp. 100.000 untuk waktu satu minggu. Gimana? murah bukan?

tempat wisata di berau

Lokasi Danau Labuan Cermin

Lokasi Danau Labuan Cermin ini berlokasi di desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimanan Timur.

Tiket Masuk Danau Labuan Cermin

Untuk tiket masuk Danau Labuan Cermin tidak dikenakan biaya sepeserpun. Namun kamu harus memiliki budget yang cukup untuk biaya perjalanan menuju Danau Labuan Cermin serta biaya penginapan disana.

Berikut ini ada beberapa perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat berwisata ke danau dengan air yang bening seperti kaca ini.

Untuk dijadikan referensi seberapa besar budget yang harus kamu siapkan untuk terbang menuju tempat wisata di Kalimantan Timur yang satu ini.

1. Tiket Pesawat

Bagi kamu yang berada di Jakarta atau di luar daerah, untuk menuju ke Danau Labuan Cermin tentunya harus berangkat melalui jalur udara.

Untuk biaya tiket pesawat dari Jakarta menuju Balikpapan kemudian dilanjutkan lagi menuju Tanjung Redep diperkirakan membutuhkan biaya sekitar kurang lebih Rp. 1.000.000 s.d Rp. 2.000.000.

2. Tarif Paket Travel

  • Tarif paket travel dari Balikpapan menuju Tanjung Redep Berau yaitu sekitar Rp. 2.500.000/4 orang untuk sekali jalan.
  • Tarif dari Tanjung Redep  menuju Biduk-biduk sekitar kurang lebih Rp. 150.000.
  • Tarif perahu menuju Danau Labuan Cermin kurang lebih sekitar Rp. 100.000.
berau kaltim

Via: TripTrus

Rute Menuju Danau Labuan Cermin

Untuk menikmati keindahan Danau Labuan Cermin memang tidak mudah serta butuh perjuangan. Karena untuk menuju atau sampai di tempat tersebut cukup susah dan memerlukan waktu yang lumayan.

Tapi, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan Danau Labuan Cermin yang benar-benar menakjubkan. Untuk sampai ke labuan cermin, kamu harus melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Balikpapan dengan menggunakan pesawat.

pantai labuan cermin

Via: Kaltim Post

Jika kamu sudah sampai di Kota atau Kabupaten Berau, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Redep. Dari Tanjung Redep lanjut lagi menuju ke Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Dari situ kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk arah menuju Danau Labuan Cermin dengan menggunakan perahu yang kamu sewa.

Selain jalur air, kamu bisa menggunakan jalur darat untuk menuju ke Danau Labuan Cermin. Kamu bisa memulai perjalanan darat dari kota Samarinda atau Sangatta menuju Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 13 jam.

Tips Berwisata Ke Danau Labuan Cermin

Agar perjalanan wisata kamu ke Danau Labuan Cermin lancar, ada baiknya ikuti tips berikut ini :

  • Agar perjalanan wisata kamu berjalan lancar serta tidak menghabiskan banyak waktu di jalan karena tidak mengetahui rute menuju Danau Labuan Cermin, lebih baik menggunakan agen wisata.
  • Bawa peralatan yang dibutuhkan, seperti snorkeling. Karena snorkeling yang disewakan disana sudah banyak yang rusak.
  • Isi penuh baterai peralatan elektronik seperti hp, karena ketersedian listri disana hanya pada malam hari saja.
  • Bersikap ramah serta berbaur dengan penduduk sekitar.
  • Berpuas-puaslah menikmati pantai yang ada disana. Karena disana terdapat banyak pantai yang indah yang bisa kamu nikmati.
  • Jangan merusak dan mengotori lingkungan sekitar.


Video by: Giovanni Tendean

Menikmati Beningnya Danau Labuan Cermin, Danau “Tanpa Air”
4.8 (96%) 5 votes

Comments

  1. By rain

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *