Kepemimpinan Dalam Kewirausahaan

Keberhasilan sebuah bisnis tergantung bagaimana kepmemimpinan didalam organisasi usaha dengan menggunakan pengaruh untuk memotivasi pengikut dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

Kepemimpinan adalah suatu upaya penggunaan jenis pengaruh bukan paksaan (concoersive) untuk memotivasi orang-orang dalam mencapai tujuan tertentu” Gibson, Ivancevich, & Donnelly.

Ada suatu keunggulan wirausaha yang sukses dibandingkan dengan wirausaha yang gagal atau bangkrut yaitu terletak pada dinamika dan efektifitas kepemimpinan.

Hal ini dikuatkan dengan data statistik, dari perkembangan 100 perusahaan yang baru berdiri 50% gagal dalam jangka waktu 2 tahun dan pada akhir tahun kelima hanya tinggal 30 % yang masih jalan.

kepemimpinan-wirausaha

Variabel penting menjadi wirausaha yang sukses

  1. Menggunakan Pengaruh: Kepemimpinan adalah menyangkut penggunaan dan penanaman pengaruh dalam rangka memotivasi dan mengarahkan pegawainya
  2. Menciptakan komunikasi yang jelas dan dapat dipercaya: Kejelasan dan ketepatan komunikasi mempengaruhi perilaku dan prestasi pengikut
  3. Menetapkan pencapaian tujuan perusahaan: Pemimpin yang efektif mungkin harus berurusan dengan tujuan individu karyawannya, kelompok dan organisasi perusahaan

Kepemimpinan Menurut Jendela Johari

Jendela Johari digunakan PAUL HERSEY dan KEN BLANCHARD untukmenggambarkan kepribadian kepemimpinan (bukan kepribadian secara keseluruhan).

Perbedaan antara kepribadian kepemimpinan dengan gaya kepemimpinan, dalam kaitan ini adalah:

  1. Kepribadian kepemimpinan
  2. Mencakup persepsi pribadi dan persepsi orang lain
  3. Gaya kepemimpinan
  4. Hanya mencakup perilaku kepemimpinan seseorang menurut persepsi orang lain

Teori Kepemimpinan

Dari semua kelompok di mana anda termasuk di dalamnya keluarga, tim olah raga, perkumpilan sosial, unit kerja terdapat seseorang yang lebih berpengaruh dibandingkan yang lainnya. Orang yang paling berpengaruh dalam kelompok tersebut mungkin disebut pemimpin.

Meskipun kepemimpinan itu penting dan telah dipelajari oleh para ilmuwan keperilakuan selama beberapa dasawarsa, tetapi konsep itu sendiri masih merupakan suatu misteri.

Terdapat kriteria perilaku kepemimpinan yang dapat menentukan gaya kepemimpinan pengusaha adalah:

  1. Gaya kepemimpinan diktator
  2. Gaya kepemimpinan partisipasi
  3. Gaya kepemimpinan delegasi
  4. Gaya kepemimpinan konsiderasi

Defisi Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi kegia tan pengikut melalui proses komunikasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Definisi ini menunjukkan bahwa kepemimpinan melibatkan penggunaan pengaruh dan karenanya semua hubungan dapat merupakan upaya kepemimpinan. Unsur kedua dari definisi itu menyangkut pentingnya proses komunikasi. Kejelasan dan ketepatan komunikasi mempengaruhi perilaku dan prestasi pengikut.

Unsur lain dalam definisi tersebut berfokus pada pencapaian tujuan. Pemimpin yang efektif mungkin harus berurusan dengan tujuan individu, kelompok dan organisasi.

keefektifan-kepemimpinan

Sifat-sifat Yang Dikaitkan Dengan Keefektifan Kepemimpinan

Tinjauan atas teori dan riset terkemuka tentang keprilakuan pribadi menunjukkan sejumlah tema umum. Kedua teori tersebut masing-masing mencoba memisahkan dimensi perilaku pemimpn yang luas.

Logika dari kenyataan ini ialah bahwa dimensi ganda mengacaukan tafsiran tentang perilaku kepemimpinan dan merumitkan rancangan riset yang di kembangkan untuk menguji teori khusus tersebut.

Lebih dari dua dasa warsa yang lalu, Fiedler dan para pendukung model kontinggensi telah meneliti para pemimpin militer, pendidikan dan industri. Dalam suatu ringka san 63 studi yang didasarkan atas 454 kelompok terpisah, Fiedler mengajukan jenis kepe mimpinan yang paling sesuai bagi situasi tertentu.

Mengapa Kepemimpinan Penting dalam Berwirausaha?

  1. Agar dalam pelaksanaan berwirausaha dapat terorganisir dengan baik.
  2. Dalam berwirausaha dibutuhkan sosok yang dapat memimpin dan bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola suatu usaha.
  3. Pemimpin adalah jabatan tertinggi yang memiliki tugas-tugas yang sangat penting dan vital dalam kewirausahaan seperti pengambil keputusan, penanggung jawab tindakan yang dilakukan oleh setiap bawahannya, memberikan wewenang, dan lain-lain.
  4. Bila dalam mengelola suatu usaha tidak ada pemimpin, maka akan terjadi kekacauan dan kerancuan dalam pembagian tugas-tugas yang mengakibatkan kebangkrutan.
  5. Pemimpin merupakan salah satu syarat utama dalam berwirausaha

Yogi Prasetya
20180801192

Profil Linkedin

Fasilkom – Teknik Informatika
Untuk Tugas Motivasi Usaha KJ010-6494

Kepemimpinan Dalam Kewirausahaan
Kasih bintang berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *