air terjun kedung pedut

Kedung Pedut: Curug Mini si Pemikat Hati

Halo sobat sukagitu, udah lama nih gak sharing, jadi kangen hhe. Buat yang udah pernah ke Kalibiru, ada baiknya mampir ke salah satu curug terindah di Kulon Progo yaitu Curug Kedung Pedut.

Jika kemarin mimin membahas danau dua rasa, kali ini sukagitu bakal ngebahas curug dua warna. Hmm serba dua ya topik kita kali ini, yang double emang lebih berasa sih. hehe

Kulon Progo memang terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri, sehingga banyak sekali tempat wisata alam di tempat ini.

Salah satu wisata alam di Jogja khususnya Kulon Progo yang wajib kamu kunjungi yaitu Air Terjun Kedung Pedut yang terkenal dengan kejernihan airnya.

Tidak hanya jernih, curug Kedung Pedut ini memiliki dua warna yaitu airnya yang jernih dan berwarna biru toska. Hmm penasaran kan? Yuk ikut sukagitu menyelami curug dua warna ini.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Curug Kedung Pedut

Saat kamu berwisata ke air terjun kedung pedut dijamin kamu gak bakal kecewa mengunjungi tempat wisata air di Jogja yang satu ini, walaupun saat kemarau.

Banyak hal yang bisa kamu nikmati di air terjun kedung pedut, diantaranya yaitu:

Cuci Mata Dengan Keindahan Curug Dua Warna

Salah satu tujuan orang berwisata alam yaitu untuk merefresh pikiran dari segala kepenatan dengan memandang pesona keindahan alam.

Saat berwisata ke curug kedung pedut, keindahan pemandangan curug kedung pedut ini mampu merefresh pikiran, jiwa, raga dan hati. hhhe

curug dua warna

Keindahan perpaduan warna putih dari beningnya air dan warna biru tosca dari curug kedung pedut bisa dijadikan objek untuk mencuci mata.

Menyelami Segarnya Air Curug Kedung Pedut

Salah satu kegiatan yang gak boleh dilewati saat berwisata air yaitu berenang. Yap, beningnya air terjun ini begitu menggoda siapa saja yang datang kemari untuk menyelaminya.

Saat berenang disini, saking segarnya segala kepenatan dan segala masalah seakan hanyut terbawa arus air. Tubuh menjadi segar dan jiwa terasa hidup kembali (lebay, wkwk).

Bermain Air, Menikmati Kesegaran Curug Kedung Pedut

Jika kamu takut atau gak mau berenang, kamu masih tetep bisa menikmati kesegaran air curug dua warna ini yaitu dengan sekedar bermain-main air.

Khususnya bagi anak-anak yang berwisata kesini bersama keluarga, jika anak takut untuk berenang, orang tua cukup mengajaknya bermain air saja.

Tanpa berenang, kamu masih tetep bisa menikmati kesegaran air curug kedung pedut, udara dan hawa disekitar curug pun terasa begitu segar, adem-adem nyesss gimana gitu.hhe

Selfie dan Wefie di Curug Dua Warna

Nah, ini dia kegiatan wajib yang gak pernah terlewatkan saat berwisata, yap selfie atau wefie. Cantik dikit jepreett, bening dikitt jepreett.

Keindahan beningnya curug dan warna biru tosca yang menggoda wajib dijadikan background untuk berfoto selfie maupun wefie bareng temen.

Foto dengan background wisata alam yang indah, lumayan bisa dijadikan stock untuk upload via instagram. hhha

Kulineran

Sepanjang jalur tracking menuju lokasi curug berdiri warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Kamu bisa menikmati jajanan dan beristirahat di shelter-shelter yang sudah tersedia di sana. Selain harganya murah, kita bisa membantu menambah pemasukan untuk warga sekitar. nice 🙂

Fasilitas di Curug Kedung Pedut

Curug Kedung Pedut merupakan objek wisata alam yang dikelola oleh masyarakat sekitar, tepatnya dibawah naungan desa wisata Jatimulyo.

kedung pedut

Jadi, buat kamu yang berwisata kesini tak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ada di curug kedung pedut. Fasilitas disini terbilang cukup memadai untuk wisata alam khususnya curug.

Beberapa fasilitas yang disediakan pengelola di air terjun kedung pedut diantaranya:

Toilet

Salah satu fasilitas yang paling utama yang harus ada di tempat wisata yaitu toilet. Di wisata alam air terjun kedung pedut terdapat toilet yang cukup bersih.

Kamar Mandi

Rekreasi di wisata air kurang afdol kalo gak berenang. Saat berwisata ke air terjun kedung pedut, kamu bisa puas-puasin menikmati kejernihan dan kesegaran airnya.

Setelah puas berenang, kamu bisa membilas tubuh kamu alias mandi dan mengganti baju di kamar mandi yang telah disediakan khusus untuk para pengunjung.

Mushola

Wisata alam air khususnya air terjun biasanya jarang sekali ditemukan tempat ibadah atau mushola. Tapi di air terjun kedung pedut tersedia mushola agar mempermudah pengunjung yang ingin beribadah.

Tempat duduk

Buat kamu yang datang kesini hanya untuk menikmati keindahan curug, pengelola sudah menyediakan beberapa tempat duduk yang terbuat dari kayu untuk leye-leye, menikmati indahnya suasana dan menikmati bekal atau cemilan.

Menara Pandang

Biar lebih kenyang menikmati keindahan air terjun dua warna, kamu bisa mencoba melihat pemandangan sekitar curug lewat menara pandang.

curug kedung pedut

Area parkir yang cukup luas

Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat bisa parkir di area parkir yang telah disediakan pengelola. Area parkir di air terjun ini cukup luas.

Warung

Bagi para pengunjung yang gak bawa bekel, tak perlu khawatir bakal kelaparan. Disini tersedia beberapa warung yang menyediakan aneka makanan.

Lokasi Curug Kedung Pedut

Air terjun dua warna ini berlokasi di Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon progo, Yogyakarta.

Peta Google Maps.

Harga Tiket Masuk Curug Kedung Pedut

Untuk menikmati keindahan alam air terjun kedung pedut yang menyuguhkan kejernihan air dua warna ini, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Harga tiket masuk ke curug ini cukup ramah di kantong, harga tiket masuk air terjun kedung pedut yaitu :

  • Tiket masuk Rp. 3.000/orang
  • Parkir motor  Rp. 2.000/unit
  • Parkir mobil Rp. 5.000/unit

kedung pedut di jatimulyo girimulyo kulon progo

Rute Menuju Curug Kedung Pedut

Yang mau berwisata kesini, biar gak nyasar sukagitu bakal berbagi info rute menuju air terjun kedung pedut. Berikut ini rute menuju air terjun kedung pedut :

Yogyakarta

Bagi kamu para wisatawan yang berasal dari Yogyakarta, kamu bisa ambil arah barat dari tugu Jogja menuju perempatan Bangjo yaitu lampu lalu lintas Ringroad Barat Demak Ijo.

Dari situ melewati Jl. Godean, ambil arah barat menuju Pasar Godean. Darisitu jalan terus sampai menuju Jembatan Sungai Progo.

Sampai di Jembatan Sungai Progo, kamu masih harus jalan terus sampai melewati Perempatan Bangjo Nanggulan, Pasar Kenteng dan tanjakan Gunung Manoreh.

Nah, jika sudah mentok dipertigaan, ambil arah kanan menuju Goa Kiskendo. Jika sudah sampai di GoaKiskendo, jalan lagi sampai pertigaan lalu ambil arah kiri.

Darisitu kamu masih harus jalan lagi sampai pertigaan Grojogan Mudal lalu ambil arah kiri menuju Air Terjun Kembang Soka.

Setelah gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka terdapat pertigaan, darisitu kamu ambil arah kiri menuju Air Terjun Kedung Pedut.

Note : Panjang lebar sih, keliatannya aja ribet, tapi kamu akan dimudahkan dengan adanya papan petunjuk arah.

Magelang

Buat yang dari arah Magelang, kamu bisa sampai ke curug kedung pedut dengan melewati jalur Jl. Magelang-Kalibawang. Jika sudah sampai di Jl. Kalibawang, jalan terus sampai Nanggulan.

Dari Nanggulan, ambil arah kanan menuju Jl. Goa Kiskendo, dari situ ikuti jalur yang sama seperti yang diatas.

Sentolo

Kamu yang dari arah Sentolo, untuk sampai di air terjun dua warna ini bisa melalui jalur Jl. Sentolo-Nanggulan. Darisitu ambil arah kanan menuju Jl. Kiskendo, berikutnya ikuti rute yang sama seperti diatas.

Akses dan Kondisi Jalan

Akses dan jalan menuju air terjun ini sudah cukup dikatakan baik, karena tekstur jalan sudah tidak tanah lagi melainkan sudah di aspal.

Namun kendalanya adalah jalanan yang dilalui menuju air terjun ini cenderung sempit dan naik turun.

Saat tiba di parkiran, kamu masih harus berjalan menuju air terjun dengan jarak sekitar 200 meter. Disepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu akan melewati area perkebunan penduduk.

kedung pedut water park alami

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Agar kamu tidak kecewa saat berkunjung kesini, pilihlah waktu yang tepat untuk berkujung ke air terjun ini. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung kesini yaitu pada pagi dan sore hari.

Karena pada pagi hari selain masih sepi, suasananya pun masih segar dan adem, lain jika siang hari selain panas pengunjungpun mulai ramai.

Sekedar info, untuk akhir pekan biasanya pengunjung mulai ramai saat menjelang siang, tepatnya pukul 10.00 pagi.

Tips Berwisata ke Curug Kedung Pedut

Agar wisatamu nyaman, aman dan tentram saat berwisata ke Curug Kedung Pedut, alangkah lebih baik ikuti tips berikut ini :

  1. Pastikan kondisi fisik kamu prima sebelum berkunjung, karena akan menempuh jalur traking yang lumayan jauh dan masih terbuat dari tanah.
  2. Jika menggunakan kendaraan pribadi, periksa dulu kelengkapannya, rem dan ban pastikan dapat bekerja normal. Bawa kunci ganda bila perlu.
  3. Sediakan bekal air mineral, agar tidak kehausan ditengah jalan.
  4. Bawa pakaian ganti, ya namanya juga wisata air. Rugi banget kalo ga maen basah-basahan disana.
  5. Buat sista, jangan pake high heels. Gunakan alas kaki yang aman buat perjalanan off road dan jembatan bambu. Sepatu sangat disarankan.
  6. Patuhi peraturan yang berlaku di tempat ini. Hormati warga sekitar.


Video riview on youtube by: yogyalagi dotcom

Kedung Pedut: Curug Mini si Pemikat Hati
Kasih bintang berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *