kalibiru yogyakarta

Kalibiru, Menikmati Langit Jogja dari Atap Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Hai sobat sukagitu, main yuk ke Kalibiru. Jogja, kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar ini memang tidak ada habisnya soal tempat wisata.

Banyak sekali tempat wisata di Jogja jika kamu telusuri satu persatu. Baik itu wisata alam, wisata kuliner, sampai ke wisata edukasi.

Kali ini sukagitu akan membahas salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam di Jogja, yaitu tempat wisata Kalibiru Kulon Progo.

Kalibiru merupakan nama sebuah hutan yang berada di area perbukitan Manoreh. Hutan ini merupakan hutan milik pemerintah yang kemudian di kelola oleh warga atau masyarakat sekitar.

Saat ini hutan Kalibiru dikelola menjadi tempat wisata alam yang kita kenal dengan Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo.

kalibiru

Jadi, kapan kesini? via piknikasik.com

Tempatnya yang benar-benar masih alami serta pemandangannya yang begitu menyejukan mata, membuat tempat ini menjadi salah satu wisata alam Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Kalibiru

Panorama Yang Memanjakan Mata

Saat kamu berwisata ke Kalibiru Kulonprogo, kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam yang luar biasa indah dan mengagumkan.

Dari atas kamu bisa menikmati view waduk Sermo serta kota yang berada di bagian selatan seperti laut kidul dan wates.

wisata kalibiru

Bikin mupeng kan ūüėÄ via pamitrantours.com

Tempatnya yang benar-benar masih alami serta rindang tentunya, cocok sekali untuk kamu yang ingin refreshing.

Anginnya yang begitu segar dan sepoy-sepoy membuat pikiran dan hati menjadi tenang, cocok untuk kamu yang ingin melepas lelah dari hiruk-pikuk perkotaan.

Spot Cantik Untuk Berselfie

Untuk kamu yang gemar berselfie, di Kalibiru Yogyakarta kamu bisa narsis di pohon menara pandang. Karena salah satu aktifitas utama saat berwisata kesini tidak lain adalah berfoto.

Saat kamu memasuki tempat wisata ini,¬†terdapat papan penunjuk arah bertuliskan ”Spot Foto”. Jadi, buat kamu yang pengen langsung foto, tinggal langsung capcus ke tekape dengan mengikuti papan arah tersebut.

wisata alam jogja

Mbak Titi aja selfi disini ^_^ via instagram @titi_kamall

Terdapat tiga spot foto utama disini. Awalnya ketiga spot foto ini yaitu menara pandang, berbentuk kotak semua.

Namun, beberapa bulan yang lalu satu diantara menara pandang yang berbentuk kotak tersebut diubah menjadi bentuk love agar lebih menarik.

selfie kalibiru

Pohon pandang berbetuk love. via twitter @IndahJuli

Bahkan kabar baiknya, untuk spot foto yang ketiga ini (yang berbentuk love) bisa dijadikan tempat foto prewedding juga lho, duhh jadi pengen hehe.

Meskipun deg-degan saat menaiki menara, tapi dijamin hasil jepretannya kece badai, looksnya keren banget dengan background alam dan waduk yang begitu mempesona.

Oh iya, sekedar info, untuk foto di menara pandang setiap orang mendapat nomor urut antrian.

High Ropes Game

Buat kamu yang suka tantangan, disini terdapat permainan yang cukup memacu adrenalin. Bahkan permainan ini cukup banyak digandrungi oleh para wisatawan untuk saat ini lho.

Permainan tersebut yaitu seperti permainan outbond. Terdiri dari lima buah permainan yang dirangkai menjadi satu.

Kelima permainan tersebut jika diurutkan sesuai urutannya diantaranya yaitu yang pertama panjat batu.

high ropes game kalibiru

Ngeri-ngeriindah gimana gitu. via kalibirumemotret.com

Setelah panjat batu, kamu akan berjalan diatas jaring ala-ala spiderman.

Usai berjalan diatas jaring, adrenalinmu akan tertantang dengan berjalan diatas sebuah tali. Dilanjutkan dengan berjalan diatas kayu yang bergantung.

Finally, kamu akan terbang dan melayang dengan menjajal permainan yang terakhir ini yakni flyingfox yaitu bergelantung kemudian meluncur diatas seutas tali.

Trekking Seru Ala Kalibiru

Disini gak melulu soal spot foto doang lho.Disini  juga menyediakan jalur trekking khusus buat kamu para pecinta hiking.

Buat kamu yang gak cinta2 banget sama hiking, kamu juga bisa nyobain kok menjelajahi jalur tersebut (asal jangan coba2 menjelajahi hati aku aja hhe).

jalur trekking kalibiru

via jomjogja.blogspot.com

Terdapat beberapa pilihan jalur trekking dengan panjang jalur dan rute yang berbeda.

Yang pertama, jalur trekking dengan jarak 2 km sampai 3 km bahkan ada yang berjarak 4 sampai 5 km.

Kamu bebas memilih jalur mana sesuai kemampuan kamu. Dan satu lagi, permainan ini gratis.

Jadi, tunggu apalagi, kamu bisa menjajaki jalur trekking yang ada di Kalibiru, pastinya seru dan menjadi pengalaman baru.

Eksotisme Langit Pagi di Kalibiru

Satu lagi keindahan alam yang luar biasa indah yang bisa kamu nikmati di Kalibiru yaitu sunrise.

kalibiru jogja

via jogjaempatroda.com

Warna biru serta kilau orange keemasan menyelimuti langit Jogja di pagi hari. Menambah eksotisme panorama pagi di Kalibiru.

Fasilitas dan Akomodasi Penginapan

Fasilitas di Kalibiru cukup lengkap. Mulai dari toilet dan kamar mandi, tempat ibadah, area parkir yang cukup luas serta tempat makan hingga penginapan.

Untuk tempat makan, terdapat banyak sekali pilihan,mulai dari tempat makan yang berkonsep seperti kafe, warung lesehan hingga penjaja makanan ringan biasa.

kuliner kalibiru

Tempat makan lesehan. via pondokshafalla.com

Untuk tempat makan yang berkonsep kafe, bisa kamu temui di pintu masuk, tepatnya setelah halaman parkir.

Sedangkan untuk kamu yang ingin makan di warung lesehan, tempat ini bisa kamu temui di turunan dekat gardu menara pandang.

Jika diperjalanan kamu merasa lapar, tak perlu khawatir. Karena hampir setiap 50 meter, kamu akan menjumpai pedagang yang menjajakan makanan ringan.

cottage kalibiru

Cottage kayu minimalis via soedoengdoeng.wordpress.com

Bahkan mie ayam, sayur lontong, nasi beserta lauk pauknya juga ada. Jadi, tak perlu khawatir bakal kelaparan disini.

Untuk kamu yang ingin bermalam disini, tersedia penginapan berupa homestay dan wisma. Penginapan ini sengaja dikelola oleh masyarakat sekitar untuk para wisatawan yang ingin bermalam di Kalibiru dengan tarif sekitar Rp. 250.000

Lokasi penginapan tersebut berada di dalam area dan sekitar wisata Kalibiru. Jadi, kamu bisa menikmati sunset saat senja hari serta sunrise di pagi hari saat kamu bangun tidur.

wisata kulon progo

via traveliday.com

Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Lokasi Wisata Kalibiru Kulonprogo ini beralamatkan di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653.

Lihat di Google Maps.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru

  • Rp. 10.000/orang tiket masuk
  • Rp. 2.000/unit untuk parkir sepeda motor
  • Rp. 5.000/unit untuk parkir mini bus atau kendaraan roda empat
  • Rp. 10.000/orang tiket foto
  • Rp. 25.000/orang tiket High Rope Game
prewedding kalibiru

via tempatwisatadaerah.blogspot.com

Rute Menuju Kawasan Wisata Kalibiru

Dari Arah Jogja ke Kalibiru

Untuk kamu yang dari arah Jogja, terdapat dua jalur yang bisa kamu tempuh untuk sampai di Wisata Alam Kalibiru.

1. Jalur Sermo

Jalur Sermo merupakan jalur favorit yang biasa dilalui para wisatawan saat ingin berwisata ke Kalibiru. Karena melalui jalur ini, wisatawan bisa menikmati indahnya waduk Sermo. Karena rutenya yang melewati waduk ini.

Adapun jalur alternatif agar cepat sampai yaitu via Sentolo, kemudian Pengasih, Alun-alun Wates, RSUD Wates, Beji, Sermo dan sampailah di Kalibiru.

Untuk rute lebih detailnya yaitu dari kota Jogja kamu akan melewati jembatan Banjar, yaitu 3 jembatan panjang yang berjajar.

Dari jembatan, terdapat stasiun Sentolo yang berjarak sekitar 3km dari jembatan. Nah, darisitu ikuti saja plang ke arah kanan yang menuju Pengasih-Wates.

flying fox kalibiru

via amandahomestay.com

2. Jalur Clereng

Buat kamu yang gak mau ribet dan pengen cepet sampai di Kalibiru, lebih disarankan melalui jalur clereng.

Karena medan di jalur clereng cukup mudah dilalui, tidak seberat medan di jalur sermo. Untuk jalurnya tetap sama via Sentolo da Pengasih.

Adapun rutenya hampir sama, bedanya jika sudah sampai diperempatan ambil arah kanan menuju Clereng-Kalibiru.

sunset kalibiru

via youtube.com

Sesampainya di pasar Clereng, terdapat jembatan yang terletak di tikungan. Jarak pasar ke jembatan tersebut kira-kira 300 meter.

Sekitar jarak 200 meter dari jembatan, kamu akan menemui plang petunjuk arah (menuju Kalibiru). Nah, ikuti saja arah plang tersebut, yaitu ambil arah kiri menuju Kalibiru.

Dari Malioboro ke Kalibiru

Untuk kamu yang berada di daerah Malioboro atau arah Malioboro dan sekitarnya, untuk sampai ke Kalibiru kamu bisa ambil jalur yang menuju Purworejo.

Terus saja jalan sampai ke terminal Wates. Sesampainya di terminal terdapat plang atau penunjuk arah menuju arah Waduk Sermo. Nah, ikuti saja plang tersebut kemudian ikuti rute seperti yang telah dijelaskan diatas.

 


Video review by Official NET News

Kalibiru, Menikmati Langit Jogja dari Atap Perbukitan Menoreh Kulon Progo
4.8 (96.67%) 6 votes

Comments

  1. By sleepy

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *