Jika Mau sukses, Lakukan Hal Ini Saat Kamu Masih Remaja !

Hai sahabat muda yang sukagitu sayangi … Kali ini sukagitu akan berbagi tips apa yang harus kamu lakukan saat remaja, supaya kamu sukses nantinya.

Masa remaja itu memang masa-masa terindah, masa dimana kita menemukan hal-hal baru, masa dimana kita belum memikirkan hal yang berat, masa dimana kita mulai merasakan benih-benih cinta yang biasa dikenal dengan cinta monyet.

Pokoknya asyik deh, saking asyiknya bahkan sebagian dari kita menjadi lupa mempersiapkan masadepan. Jangan sampe yak..

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Wajar saja para remaja ini masih labil. Butuh pedoman agar jalan yang dilalui pada masa ini tidak menjerumuskannya ke hal-hal yang negatif.

Hidup memang jangan terlalu dibawa serius, tapi kalo terlalu nyantai gak baik juga buat kedepannya. Saat remaja, biasanya yang dicari yaitu hal-hal yang menyenangkan, sedikit yang berpikir kritis.

Wajar sih karena kamu belum dewasa. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa kritis.

Sebelum kamu terjerumus sampai akhirnya berada di titik penyesalan, nih sukagitu akan memberitahu hal yang harus kamu khususnya para remaja lakukan supaya hidup kamu sukses nantinya.

1. Menentukan Pilihan, Kuliah atau Kerja sejak dini.

Menikmati masa muda bukan berarti melupakan planning kedepannya mau apa. Setiap orang harus memiliki tunjuan hidup, jangan ikut-ikutan teman. Karena biasanya, setelah lulus SMP, kamu yang belum tahu tujuan hidup kamu mau dibawa kemana, cenderung mengikuti teman atau sahabat kalian saat melanjutkan sekolah.

Tentukanlah dari sekarang. Karena sekolah merupakan salah satu faktor pendukung masadepan (walaupun orang sukses tak semuanya makan bangku sekolah). Kalo kamu mempunyai keinginan mengenyam pendidikan sampai ke bangku kuliah, sebaiknya kamu memilih melanjutkan ke SMA. Sebaliknya, yang mau langsung kerja lebih baik melanjutkan ke SMK.

Lulusan SMK bukan tidak mungkin bisa melanjutkan ke bangku perkuliahan, hanya saja peluang untuk mendapatkan beasiswa atau masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) kemungkinannya sangat minim.

Jadi, berpikirlah, tanyakan hati nurani, mau kemana telapak kakimu berpijak nantinya.

2. Menabung

“Hemat pangkal kaya”, peribahasa tersebut mengajarkan kita untuk rajin menabung. Hemat disini adalah menggunakan uang seperlunya. Utamakan yang benar-benar kalian butuhkan. Jangan sampe boros. Bukan berarti pelit ya.. nanti saking hematnya mau makan minta sama temen, uang sendiri malah disimpen, itu sih namanya curang bin pelit bin kucrit. Iiihhh..iyuwww banget.

Mulailah menabung sejak kalian masih kecil. Saat remaja tepatnya saat kamu masih duduk dibangku SMP, menabung itu wajib. Tak perlu banyak-banyak. Sedikit juga tak masalah asal rutin. Seperti pepatah mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Kamu yang pengen melanjutkan sekolah, sukagitu sarankan agar kamu rajin menabung. Mengapa? Kita tak tahu bagaimana keadaan kedepan. Bagaimana kalo tiba-tiba saat kamu lulus, orang tua mu mengalami suatu masalah finasial, akibatnya tidak mampu melanjutkan kamu ke jenjang berikutnya.

Untuk mencegah kemungkinan buruk, jika kamu menabung sejak dini, setidaknya kamu mempunyai cadangan uang sendiri untuk melanjutkan sekolahmu. Gak mungkinkan kamu maksain ortu dalam keadaan tersebut? Kamu gak kasian? Jadi, mulailah menabung sejak dini.

3. Jangan jadikan pacar, jadikan motivasi.

Maksudnya disini adalah saat remaja mungkin awal kamu merasakan tumbuhnya benih-benih cinta. Wajarlah manusiawi, sudah kodratnya kita sebagai manusia menyukai lawan jenis.

Tapi menyukai bukan berarti memiliki. Orang pacaran juga sama aja gak memiliki kok, kalo mau memiliki, sekalian aja ke penghulu, betul apa benul?

Saat merasakan cimon, nikmati aja. Biarkan mengalir apa adanya. Tak usah bermain cinta dulu lah. Jadikan orang yang kamu suka sebagai motivasi kamu dalam belajar. Biar prestasi kamu bagus, gak malu-maluin di depan dia.

Takutnya, dimasa yang labil ini kamu sudah berurusan dengan masalah hati dan perasaan, malah menebarkan racun ke-baperan dalam diri kamu. Belajar jadi gak konsen, pikiran mangmung, nilai jadi mrosot, dan fatalnya yaitu merusak masadepan kamu.

4. Yang penting prestasi, bukan sensasi.

Kalo mau dikenal banyak orang, terkenalah karena kebaikanmu, kepintaranmu. Jangan malah kebanyakan gaya supaya kamu dikenal banyak orang.

Banyak anak remaja yang ikutan geng motor yang gak jelas, biar dibilang keren. Berdandan menor bahenol yang sama sekali gak pantes untuk usia yang masih belia.

Jangan sampai masa mudamu terjebak dalam pergaulan bebas yang jelas-jelas akan merusak masadepanmu. Karena melihat jaman yang semakin maju, semakin merosot moral para pemuda yang harusnya menjadi tonggak negeri ini. Melihat banyak kasus asusila yang dilakukan oleh para remaja.

Seperti terseset rasanya hati ini melihat dan mendengar pemberitaan semacam itu.

5. Gali potensi diri, cari tahu apa passionmu

Banyak orang yang bisa “hidup” dan sukses karena passion. Apa itu passion? Passion adalah sesuatu hal yang kamu kerjakan terus menerus tapi tidak membuatmu bosan, bahkan kamu kecanduan untuk melakukannya lagi dan lagi.

Biasanya passion berhubungan dengan bakat, kalo sudah mengetahui atau mempunyai bakat sejak kecil, bersyukurlah dan tekuni passion tersebut.

Tidak semua orang tahu passionnya dimana, bahkan ia akan berusaha trus menggali, mencoba segala bidang, mana yang benar-benar ia sukai dan tidak pernah merasa bosan saat ia mengerjakannya.

Passion sangat penting dalam diri kamu bahkan hidup kamu. Passion yang menentukan posisi atau bidang apa yang cocok saat kamu bekerja. Karena, bekerja sesuai passion itu ibarat melakukan hobi tapi dibayar. Asyik bukan? Kamu tidak akan pernah merasa jenuh.

Lain jika kamu bekerja dibidang yang tidak sesuai. Yang ada hanya rasa tidak nyaman dan mudah bosan. Itu sebabnya mengetahui passion itu penting karena mempengaruhi kesuksesanmu.

Jangan berkata kalau kamu tidak memiliki passion. Mustahil, karena semua orang pasti memiliki passion. Hanya saja, ia malas mencari tahu dan menggali potensi diri, sebenarnya passionnya itu dimana.

Mulailah menggali passionmu sejak dini. Dengan passion, kamu akan membuat hal yang luar biasa. Jika kamu tidak mempunyai passion, siap-siap cemas selama hidup.

Jika Mau sukses, Lakukan Hal Ini Saat Kamu Masih Remaja !
4.2 (84.35%) 23 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *