gunung tangkuban perahu

Gunung Tangkuban Perahu, Pesona Dibalik Legenda Sangkuriang

Masih ingat legenda Sangkuriang? Ya, sebuah legenda yang diyakini sebagai asal mula terbentuknya gunung Tangkuban Perahu. Dimana pada zaman dahulu, seorang anak yang bernama Sangkuriang jatuh cinta terhadap ibu kandungnya sendiri, yaitu Dayang Sumbi.

Setelah mengetahui bahwa Sangkuriang adalah putra kandungnya, Dayang Sumbi berniat untuk menggagalkan rencana putranya itu untuk meminangnya. Dayang Sumbi mengajukan sebuah syarat kepada Sangkuriang yaitu membuat sebuah telaga dan perahu dalam waktu semalam. Hingga batas waktu yang diberikan habis, Sangkuriang belum menyelesaikannya. Hingga pada akhirnya Sangkuriangpun kesal dan menendang perahu tersebut sampai terbalik. Dari peristiwa tersebutlah diyakini terbentuknya gunung Tangkuban Perahu.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya Bandung. Gunung dengan tinggi 2.084 merupakan gunung berapi yang masih aktif dan termasuk kedalam jenis gunung Stratovulcano. Wisata gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung yang sering dikunjungi para wisatawan.

Baik itu wisatawan dari daerah Bandung maupun dari luar daerah. Gunung Tangkuban Perahu memang sedikit berbeda dari gunung-gunung yang ada biasanya. Seperti namanya yaitu Tangkuban Perahu, gunung ini terlihat seperti perahu terbalik apa bila dilihat dari kejauhan.

Klik disini untuk melihat data geologis dari gunung tangkuban perahu.

Pesona Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Pemandangan pertama yang akan kamu lihat saat piknik ke Gunung Tangkuban Perahu yaitu pohon pinus berjejeran menjulang tinggi serta hutan gunung. Suhunya yang mencapai 17°C membuat udara di Tangkuban Perahu pada siang hari membuat udara di kawasan tersebut terasa sejuk.

gunung tangkuban perahu

Foto www.travelliatours.com

Tetapi ketika sore hingga malam hari suhunya mencapai 6°C membuat badan terasa dingin hingga menusuk tulang. Bebatuan berundak akan kamu temui disini. Yang menjadi pemandangan utama saat kamu berwisata ke sini yaitu kawah Gunung Tangkuban Perahu yang terlihat begitu mempesona.

Di area wisata Tangkuban Perahu, terdapat tiga kawah yaitu Kawah Ratu, Kawah Dimas dan Kawah Upas. Selain kamu bisa menikmati pemandangan yang begitu indah serta sejuknya udara di kawasan Tangkuban Perahu, kamu dapat mencicipi aneka kuliner khas Bandung disini. Kamu yang suka belanja, disini juga terdapat banyak pedagang yang menjual beraneka macam pakaian, tas, topi, sepatu hingga aksesoris.

Fasilitas di Gunung Tangkuban Perahu

1. Toilet

Di Gunung Tangkuban Perahu menyediakan banyak toilet bagi para wisatawan.

2. Mushala

Bagi kamu umat muslim yang hendak beribadah saat berada di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu, disini terdapat mushala yang cukup bersih dan nyaman.

3. Parkir

Bagi kamu yang membawa kendaraan, disini disediakan area parkir yang luas. Terdapat dua area parkir, yaitu diatas dan dibawah.

4. Tempat Makan

Laper seharian berjalan jalan keliling Tangkuban Perahu? Saatnya isi perut kamu. Disini terdapat banyak pedagang yang menawarkan beraneka macam makanan seperti gorengan, pop mie, jagung bakar yang pas sekali untuk kamu santap di Tangkuban Perahu yang cuacanya dingin-dingin gimana gitu.

5. Sewa Naik Kuda

Mau ngerasai gimana rasanya naik kuda? Disini kamu bisa merasakan gimana rasanya naik kuda, tentunya dengan membayar tarif yang telah ditentukan.

6. Souvenir

Jalan-jalan memang kurang lengkap jika tidak membawa buah tangan. Di Tangkuban Perahu banyak sekali pedagang yang menawarkan berbagai macam souvenir, seperti kaos, baju batik, topi, tas, makanan, aksesoris serta masih banyak lagi yang lainnya.

wisata gunung tangkuban perahu

Foto www.initempatwisata.com

Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawasan Cikole, Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tarif

  1. Tiket masuk Rp. 13.000/orang untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 50.000/orang.
  2. Parkir motor untuk wisatawan lokal Rp. 5.000/unit, sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 7.000/unit.
  3. Parkir Mobil untuk wisatawan lokal Rp. 10.000/unit, sedangkan wisatawan asing Rp. 15.000/unit.
  4. Parkir Bus untuk wisatawan lokal Rp. 20.000/unit, sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 25.000/unit.
  5. Foto Pre Wedding Rp. 500.000
  6. Pasang Baliho Rp. 75.000
  7. Pasang Spanduk Rp. 350.000
  8. Syuting Video Rp. 800.000
  9. Syuting Acara Rp. 2.000.000

Rute Menuju Wisata Gunung Tangkuban Perahu

  1. Pintu tol Pasteur – Jl. Dr. Djunjunan Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Lokasi Wisata Gunung Tangkuban parahu (Gerbang bagian Atas).
  2. Tol Cipularang – Cimahi – Belok ke arah kiri – Jl. Kolonel Masturi (sampai ujung jalan) – Kecamatan Cisarua – Kecamatan Parongpong – Kab. Bandung Barat – Pertigaan Jl. Raya Lembang – Belok kiri – Markas Brimob – Plang Tahu Tauhid (berada di sebelah kiri) – Gerbang akses menuju ke wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu (berada di kiri jalan).
  3. Terminal Leuwi Panjang – Naik Bus jurusan Bandung Indramayu – Setiabudi – Lembang – Lokasi Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu, Pesona Dibalik Legenda Sangkuriang
Kasih bintang berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *