gili labak sumenep

Gili Labak Sumenep: Cantiknya Pulau Kecil Di Seberang Madura

Hallo sobat Sukagitu, hari minggu jangan sampai kelabu, mending mantai yuk.. Btw udah tau Gili Labak belum? hhe

Kali ini Sukagitu bakal ngajakin kamu menyusuri indahnya pulau kecil diseberang Madura. Gili Labak, sebuah pulau kecil nan indah bak surga tersembunyi yang wajib kamu telusuri.

Aktifitas di Gili Labak

Pulau ini memang sangat kecil, luasnya hanya lima hektar, namun tempatnya benar-benar indah dan menawan. Wisatawan yang suka aktifitas outdoor pantai, memang cocok kesini.

1. Snorkeling dan Diving

Taman bawah laut disini cukup indah, memiliki biota laut yang beragam. Sayangnya belum ada penyewaan alat snorkeling disini.

Masalah lainnya disini belum ada sumber air tawar untuk mencuci peralatan menyelam kamu.

2. Camping

Salah satu panorama disini adalah sunset, sunrise dan milkiway. Untuk mendapatkannya kamu bisa camping dibibir pantai pulau ini.

Disini belum ada penginapan, jadi mau gak mau ya camping kalo berencana untuk menginap atau bisa menginap dirumah warga.

3. Hiking keliling pulau

Untuk mengelilingi pulau Gili Labak seluas lima hektar, hanya membutuhkan sekitar 40 menit saja. Meski sebentar, kamu akan mendapatkan pengalaman berbeda. Karena pulau ini memiliki kondisi geografis unik.

Pulau Gili Labak memiliki hutan mini yang enggak lebat dan dihuni beberapa kepala keluarga.

gili labak

4. Santai di bibir pantai

Pantai Gili Labak memiliki pasir putih yang kecoklat-coklatan. Berpadu dengan biru laut yang jernih. Buat yang enggak pengen basah-basahan, sekedar santai menikmati suasana pantai cukup membuat pengunjung lupa diri.

Fasilitas di Gili Labak

Di pulau Gili Labak masih sangat minim fasilitas setandar tempat wisata. Bahkan kebutuhan- kebutuhan dasar pun masih sangat minim.

Seperti air bersih, rambu-rambu, spot kuliner, petugas kebersihan, infrastruktur layaknya destinasi wisata dan fasilitas-fasilitas mendasar lainnya belum tersedia disini.

Mungkin butuh peran pemerintah daerah juga untuk membangunnya sebagai destinasi wisata madura yang potensial.

tiket masuk pantai gili labak

Lokasi pulau Gili Labak

. Google Maps.

Rute Menuju Gili Labak

Ada beberapa alternatif untuk menuju pulau cantik ini, berikut adalah penjelasannya.

1. Desa Lobuk

Desa Lobuk memiliki dermaga kecil dan merupakan salah satu dermaga yang bisa digunakan penyebrangan menuju pulau Gili Labak,Gili Genting dan Gili Raja.

Saat ini dermaga di Desa Lobuk mulai ramai. Banyak pengunjung yang akan menuju Gili Labak memilih rute ini. Bagi kamu yang berasal dari luar Sumenep akan lebih mudah menggunakan rute ini dibandingkan dengan rute lain.

Dari luar Sumenep langsung belok kanan di pertigaan Bluto. Lanjutkan perjalanan ke kanan kemudian ke timur hingga menemukan dermaga kecil. Dari dermaga ini bisa langsung menaiki perahu atau bisa menggunakan jasa penyebrangan ke Gili Labak.

2. Tanjung Saronggi

Dari pertigaan Saronggi, silahkan menuju ke timur sampai ke pantai. Disini juga terdapat dermaga yang banyak tersedia perahu kecil untuk menuju Gili Labak.

3. Pelabuhan Kalianget

Rute ini merupakan rute yang paling banyak digunakan. Letaknya sangat strategis sehingga memudahkan pengunjung untuk menggunakan rute ini.

Jika kamu berangkat dari jantung kota Sumenep silahkan ke arah timur kurang lebih 10km. Sesampainya di pelabuhan, cari perahu untuk penyebrangan ke pulau Gili Labak.

Saat ini ada banyak jasa travel yang menawarkan perahu dan mengantarkan pengunjung hingga ke tempat tujuan. Jadi lebih mudah.

Tempat Wisata Rekomendasi:
Pulau Cinta Gorontalo, Destinasi Impian Nan Romantis di Boalemo

4. Desa Kombang

Desa ini terletak di kecamatan Talango. Dari kalingat harus ke Talango terlebih dulu dengan melewati jalur darat menuju Desa Kombang. Setelah itu kamu bisa langsung memesan perahu dengan harga yang lebih murah dan waktu tempuh yang lebih cepat.

biaya ke gili labak

Waktu Kunjung Terbaik

Untuk menghasilkan foto kece dengan pasir putih bersih, kamu harus datang pada waktu siang hari di saat langit cerah. Tapi kosekuensinya adalah harus memakai sunblok dan kacamata hitam karena sinar matahari yang menyengat.

Terutama yang memiliki kulit yang sensitif!

Ada Duka di Gili Labak

Banyak sampah plastik di pinggir pantai. Sangat disayangkan kan, padahal bisa menjadi tujuan pariwisata yang potensial.

Jika tidak segera diambil tindakan, lama-lama pulau mini yang indah ini bisa rusak dan sepi peminat. Tentunya menjadi masalah serius bagi masyarakat yang mencari nafkah di pariwisata pulau ini.

penginapan di gili labak

Tips Penting Wisata di Gili Labak

  • Siapkan budget dan kebutuhan pokok untuk menunjang perjalanan wisatamu.
  • Membawa bekal seperti makanan, air mineral, pakaian, obat-obatan serta kebutuhan dasar lainnya karena fasilitas disini masih sangat minim.
  • Kamu yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut disini, usahakan untuk membawa perlengkapan untuk snorkeling atau diving, karena ditempat ini belum tersedia penyewaan alat tersebut.
  • Jangan lupa membawa tenda bagi kamu yang ingin bermalam atau camping disini, jika tidak membawa kamu bisa ┬ámenginap di rumah warga.
  • Jaga kebersihan selama di tempat wisata dan dimanapun.
  • Ramah dan sopan terhadap warga sekitar di daerah tersebut.
  • Jangan malu bertanya saat melakukan perjalan kesini, karena pepatah bilang “Malu bertanya, sesat di kuburan” hehehe
Gili Labak Sumenep: Cantiknya Pulau Kecil Di Seberang Madura
3 (60%) 3 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *