Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana, Daya Tarik Baru Pulau Dewata

Indonesia menjadi salah satu Negara yang cukup banyak digemari para turis sebagai tempat untuk melipir, baik untuk menikmati angin yang semilir lewat ribuan pantai dengan ombaknya yang mendesir, atau sekedar berjemur di atas permadani pasir.

Indonesia bak pelangi, semua warna wisata bisa ditemui disini. Biru nya pantai, hijaunya hamparan sawah dan pegunungan,  rona jingga sunset dibalik bukit yang mempesona dan masih banyak lagi.

Tidak heran jika Indonesia menduduki posisi keempat Negara di ASEAN yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara pada tahun 2014.

Berbicara mengenai daya tarik Indonesia, salah satu tempat yang menjadi magnet bagi para wisatawan asing maupun domestik yaitu Bali.

Bali memiliki berbagai menu wisata mulai dari pantai, hutan tropis, pegunungan hingga bangunan Pura yang tidak kalah menarik.

Bali tidak hanya soal Pantai Kute, Pantai Sanur, Uluwatu, Seminyak, Pura Ulun Danau Bertan Begudul tapi lebih dari itu. Karena ada satu daya tarik baru dari Pulau Dewata ini yaitu Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

Apa Itu Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah taman budaya dengan luas sekitar 60 hektare.

Seperti namanya, disini para pengunjung disuguhkan patung Dewa Wisnu dan Garuda dengan ukuran yang sangat besar yakni 121 meter dan menjadi patung dengan ukuran terbesar di dunia dan tertinggi ketiga di dunia.

Karena ukurannya yang begitu besar, patung Garuda Wisnu Kencana ini menjadi landmark pariwisata di Pulau Dewata. Garuda Wisnu Kencana yang terkenal dengan sebutan lain Mandala Garuda Wisnu Kencana ini diresmikan pada  September 2018.

Patung yang begitu megah dan gagah ini merupakan karya seniman tanah air yaitu  I Nyoman Nuarta.

Yang Bisa Anda Nikmati Di Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Buat kalian yang ingin melancong dan mencoba keseruan liburan di Garuda Wisnu Kencana, yuk intip apa saja yang bisa kalian dapatkan ketika berlibur ke tempat wisata di Bali yang satu ini.

Berfoto di Patung Garuda Wisnu Kencana

Salah satu magnet terkuat yang mampu menarik pengunjung untuk datang berwisata kesini tidak lain adalah karena patungnya sendiri. Masyarakat banyak yang penasaran dan ingin berfoto dengan patung Dewa Wisnu dan Garuda yang begitu besar.

Saat berkunjung kesini, jangan hanya melihat aja yak, sempatkan untuk berfoto dengan background patung raksasa.

Bagi kalian yang gemar selfie atau berswafoto, tahan dulu, lebih baik kalian minta teman untuk memfotokan pose indah kalian, karena dengan selfie kemegahan patung Dewa Wisnu dan Garuda tidak akan terlihat.

Lotus Pond Garuda Wisnu Kencana

Bagi pecinta alam, Garuda Wisnu Kencana juga menyuguhkan salah satu tempat khusus yaitu Lotus Pond.

Lotus Pond

Lotus Pond ini merupakan ruang terbuka yang begitu luas dengan dinding batu kapur dibagian sisinya menambah kesan alami dan unik.

Tidak hanya menjadi tempat untuk melepas penat, kalian juga bisa berfoto dengan background lapangan luas dan dinding batu kapur yang semakin mempercantik hasil jepretanmu.

Areanya yang begitu luas menjadikan Lotus Pond sebagai tempat untuk konser musik, gala dinner dan acara-acara megah lainnya.

Indraloka Garden

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali ini ibarat menu makanan merupakan paket komplit.

Indraloka Garden

Tidak hanya menyuguhkan mahakarya bangunan patung Dewa Wisnu dan Garuda yang begitu besar, parade acara musik dan pertunjukkan seni khas Bali juga tentunya pesona indahnya alam Bali tentu tidak ketinggalan bagi kalian pecinta alam.

Selain Lotus Pond, tempat lain yang berada di kawasan Garuda Wisnu Kencana yang menyuguhkan bentang alam yang indah dari Pulau Dewata ini yaitu Indraloka Garden.

Jika kalian ingin leyeh-leyeh menikmati udara yang segar sembari cuci mata melihat keindahan beberapa tempat wisata di Bali, Indraloka Garden ini wajib kamu kunjungi.

Indraloka Garden juga sering dijadikan tempat untuk beberapa acara namun dengan skala kecil jika dibandingkan dengan Lotus Pond.

Menikmati Keseruan Bali Parade

Setelah tubuh relaks menikmati pemandangan yang indah dengan udara yang segar, waktunya untuk menikmati keseruan Bali Parade. Selain tempat yang indah, Bali juga terkenal dengan berbagai kebudayaannya yang unik, salah satunya pertunjukkan seni dan upacara adatnya.

Nah, buat kalian yang berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana Bali, kalian bisa menikmati Bali Parade yakni sebuah pertunjukkan dimana beberapa penari dan pembawa alat musik mengelilingi area GWK.

Parade ini menunjukkan bagaimana persiapan masyarakat Bali sebelum melakukan sembahyang. Disini para penari membawa beberapa sesajen yang biasa disuguhkan saat sembahyang. Tepat di depan patung Dewa Wisnu, para penari ini mulai melakukan pertunjukkan tari yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan.

Ikut Menari di Amphitheatre

Jika sebelumnya kalian hanya bisa menikmati keseruan pertunjukkan tari, kini saatnya kamu bisa ikut menari dengan penari di Amphitheater.

Di Amphitheater kamu akan disuguhkan berbagai pertunjukkan seni tradisional Bali seperti Tari Kecak, Tari Keris Barong, Tari Balet Garuda Wisnu, Tari Nusantara dan Joget Bumbung.

Joget Bumbung merupakan sebuah tarian pergaulan. Disini terdapat satu penari wanita menari dan yang membuat pertunjukkan ini lebih menarik yaitu dimana penari wanita ini nantinya akan mengajak penonton satu persatu untuk ikut menari.

Disinilah letak keseruannya, karena beberapa penonton menari dengan gerakan yang begitu lucu.

Belanja dan Mencicipi Makanan di Street Theater

Setelah kenyang menikmati pemandangan dan pertunjukkan seni khas Bali saatnya untuk mengisi perut dan membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Di Street Theater tidak hanya ada pertunjukkan seni saja, namun disini juga terdapat tempat penjualan souvenir dan rumah makan.

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh bisa mampir ke GWK Souvenir Shop atau Bali Art Market disana terdapat beberapa barang dan kerajinan khas Bali.

Bagi kamu yang ingin refleksi disitu juga terdapat tempat pijat dan spa yang tentunya dapat mengendurkan otot-otot kamu yang sudah seharian keliling tempat wisata Garuda Wisnu Kencana. Eits,tidak hanya itu kamu juga dapat membeli produk aromaterapi juga lho disini.

Jika cacing-cacing diperut sudah mulai demo, tak perlu khawatir. Disini terdapat banyak restoran. Bagi kamu yang ingin makan puas ada The Beranda dengan menu All You Can Eat nya yang dapat meredam suara cacing-cacing diperut kamu.

Lokasi Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Wisnu Kencana ini tepatnya beralamat di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Jam Operasional Garuda Wisnu Kencana

Sebelum berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana pastikan kamu tahu jam operasionalnya yak.

  • Garuda Wisnu Kencana mulai beroperasi pukul 08.00 sampai pukul 22.00 WITA.
  • Untuk Bali Parade dapat disaksikan setiap hari pukul 16.00 WITA.
  • Joged Bumbung dapat disaksikan setiap hari pukul 17.00 WITA di Amphitheater.
  • Tari Kecak dapat disaksikan setiap hari pukul 18.15 WITA di Amphitheater.
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *