destinasi wisata tahun baru imlek

Destinasi Wisata Tahun Baru Imlek Yang Bikin Mata Melek

Bulan Desember musim penghujan, tapi jangan mager dan males-malesan ya. Karena Desember merupakan pintu gerbang menuju masa liburan, tentunya bulan yang satu ini menjadi bulan yang diidamkan oleh para karyawan. Dimulai dari Natal, libur tahun baru masehi atau yang biasa dikenal dengan tahun baruan, hingga Tahun Baru Imlek.

Ngomongin soal liburan nih, ada dua hal yang tentunya terbesit dipikiran. Apa itu? Ya, budget/ keuangan serta tempat untuk menghabiskan liburan tentunya.

Nah, kali ini mimin bakal ngebahas salah satu dari dua di atas. Karena mimin bukan orang keuangan, tentunya yang akan kita bahas kali ini yaitu destinasi wisata untuk liburan tahun baru imlek.

Apa Itu Tahun Baru Imlek?

destinasi wisata tahun baru imlek

Setiap agama atau kepercayaan memiliki kalender atau tahunnya sendiri. Seperti Islam sendiri ada Tahun Baru Hijriyah namanya.

Nah, untuk Tahun Baru Imlek sendiri merupakan hari penting atau perayaan pergantian tahun bagi orang Tionghoa. Orang Tionghoa ini memiliki kepercayaan atau agama Kong hu che.

Mereka ini yang biasa disebut kita-kita dengan sebutan orang china. Makanya tidak heran jika ada yang menyebut Tahun Baru Imlek itu sebagai Tahun Baru China.

Destinasi Wisata Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek nggak hanya dirayakan oleh koko-koko atau cici-cici saja, kita yang memiliki kepercayaan yang berbeda pun secara nggak langsung ikut merasakan karena kecipratan hari liburnya. wkwk

Itu dia salah satu keuntungan hidup di negara dengan banyak kepercayaan, jadi makin banyak deh hari liburnya.hehehe becanda gays.

Hari-hari penting bagi setiap kepercayaan tentunya menjadi tanggal merah di kalender alias libur. Hal ini dilakukan untuk menjunjung tinggi toleransi dan saling menghormati antar umat beragama.

Nah, mumpung masih bulan Desember, buat kalian yang berencana ingin piknik menghabiskan waktu libur di tahun baru imlek mulai sekarang agendakan tempat yang hendak dikunjungi serta budget tentunya.

Buat kalian yang bingbing alias bingung mau kemana, tak perlu khawatir agar kalian bisa mlipir, ini dia destinasi wisata yang pas dikunjungi di tahun baru imlek.

Kelenteng Boen Tek Bio

destinasi wisata tahun baru imlek

Bagi warga kota Tangerang, mungkin akan kegirangan karena tak perlu jauh jauh pergi karena Kelenteng Boen Tek Bio ini terletak di Kota Tangerang tepatnya di Jl. Bhakti No 14.

Kelenteng yang satu ini merupakan kelenteng tertua yang ada di Kota Tangerang. Bangunan ini memiliki warna khas China seperti klenteng pada umumnya yaitu merah berpadu kuning keemasan disertai ukiran naga disetiap tiangnya.

Namun ada satu yang menarik di kelenteng ini, apa itu? Semua aksesoris yang ada di klenteng ini semuanya berasal langsung dari China loh. Gimana? Keren bukan?

Lalu, apa sih sebenarnya Boen Tek Bio ini? Secara etimologi Boen Tek Bio ini memiliki arti tempat ibadah bagi umat manusia untuk menjadi insan yang penuh kebajikan dan berintelektual.

Terdiri dari tiga kata yaitu Boen yang berarti intelektual, Tek yang berarti kebajikan serta Bio sendiri memiliki arti yaitu tempat ibadah.

Nah bagi para koko-koko dan cici-cici yang berada di Kota Tangerang, tempat yang satu ini cocok sekali dijadikan tempat perayaan di Tahun Baru Imlek mendatang.

Bagi yang diluar Kota Tangerang, bisa mencoba beribadah ke luar daerah dan beribadah di Kelenteng Boen Tek Bio ini.

Kelenteng Jin De Yuan

destinasi wisata tahun baru imlek

Jika Boen Tek Bio merupakan kelenteng tertua di Tangerang, kelenteng Jin De Yuan sendiri merupakan kelenteng terua di Jakarta.

Kelenteng Jin De Yuan ini beralamat di Jl. Kemenangan III No 13 Petak 9, Glodok. Bangunan yang satu ini memiliki relief yang beragam mulai dari naga, harimau hingga burung.

Di bangunan kelenteng yang satu ini jga terdapat banyak tulisan nama dewa hingga hal hal yang berbau keberuntungan.

Sebagai kelenteng Tri Dharma, tentunya kelenteng yang satu ini memiliki tiga latar untuk tempat ibadah dari tiga penganut yakni Tao, Confucius dan Budha.

Pulo Geulis Bogor

destinas wisata tahun baru imlek

Mendengar namanya saja mungkin kalian sudah bingung. Bagaimana tidak, Bogor yang notabene merupakan kawasan pegunungan yang terkenal dengan sebutan puncak, justru ada sebuah pulo atau pulau yang erat kaitannya dengan laut.

Pulo Geulis ini bukanlah sebuah daratan yang ada diantara atau diapit oleh lautan melainkan diapit oleh Sungai Ciliwung.

Di Pulo Geulis ini terdapat sebuah Wihara sekaligus Kelenteng dimana di bangunan ini terdapat begitu banyak patung dewa dewa menurut kepercayaan Tionghoa.

Uniknya jika kalian berkunjung kesini, tidak hanya ibadah di kelenteng saja tapi juga sambil belajar sejarah dimana disini juga terdapat banyak peninggalan masa kerajaan dulu.

Letak Pulo Geulis ini berada di sebelah selatan Kebun Raya Bogor. Perjalanan menuju ke Pulo Geulis tentunya menyuguhkn pemandangan yang indah dan unik, namun kamu juga harus melewati kawasan perumahan warga atau kawasan padat penduduk.

Kelenteng Sampoo Kong Semarang

destinasi wisata tahun baru imlek

Bagi warga kota Semarang, tempat yang satu ini tidak asing lagi tentunya. Bagi pelancong yang pergi berlibur di Kota Semarang, tempat yang satu ini tentunya menjadi salah satu tempat wisata yang wajib disinggahi.

Sampoo Kong ini merupakan sebuah tempat petilasan Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He atau biasa dikenal dengan sebutan Cheng Ho.

Beliau ini seorang muslim alias beragama Islam, sehingga tidak heran meskipun bangunan ini merupakan Kelenteng yaitu tempat peribadatan orang Tionghoa namun disini terdapat kalimat yang bertuliskan “Marilah Kita Mengheningkan Cipta Dengan Mendengarkan Bacaan Al Qur’an”.

Di Sampoo Kong ini terdapat empat Kelenteng yang wajib kalian kunjungi saat berkunjung disini. Keempat kelenteng tersebut yaitu Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Kyai Jangkar dan Kelenteng Sampoo Tay Djien.

Tempat yang satu ini juga sarat sekali akan sejarah. Jika kalian ingin kesini alamatnya di Jalan Simongan No 129, Bongasari, Semarang Barat.

Tips saat berkunjung kesini yaitu datanglah saat sore hari, karena siang hari lumayan terik sehingga malas untuk berkeliling mengitari kawasan ini.

Jangan lupa abadikan momen kalian saat berkunjung kesini dengan berfoto dengan mengenakan kostum khas China yang bisa disewa disana agar hasil jepretannya jauh lebih menarik.

Pulau Kemaro Palembang

destinasi wisata tahun baru imlek

Jika Bogor punya Pulo Geulis. Palembang juga punya tempat wisata menarik khususnya bagi para etnis Cina atau Tionghoa yaitu Pulau Kemaro namanya.

Memiliki banyak kemiripan, jika Pulo Geulis berada diantara sungai ciliwung, Pulau Kemaro sendiri berada di delta sungai Musi.

Jika dilihat dari jauh, pulau yang satu ini begitu menarik, terlihat dari sebuah pagoda berwarna merah berpadu biru yang seolah melambaikan tangan menyeru kita untuk segera berlabuh.

Sesampainya disana, kita akan disuguhkan dengan bangunan khas Cina, yaitu sebuah pagoda dengan arsitektur yang indah sebagai tempat untuk ibadah.

Pepohonan hijau nan rindang ikut serta menyapa saat kita pertama kali tiba disana. Bagi etnis Tionghoa, mereka percaya bahwa nenek moyang mereka tinggal disana yaitu Tan Bun An.

Untuk lokasi tepatnya Pulau Kamaro ini terletak di tengah Sungai Musi Ilir Timur II, Palembang.

Gimana? destinasi wisata di atas cocok sekali untuk liburan di tahun baru imlek kan? selain bikin mata melek juga bikin kita melek ilmu sejarah, budaya dan tentunya ibadah khususnya bagi kalian yang termasuk etnis Tionghoa.

Nah, rekomendasi tempat wisata udah, tinggal siapin budgetnya jangan lupa. Dan yang penting diinget juga, kalau tempatnya diluar kota, harus beli tiket kereta atau pesawat dari sekarang juga.

Kalau nggak keburu kehabisan dan kecewa karena nggak jadi liburan ujung-ujungnya (pengalaman).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *