Curug Cimahi Bandung

Warna Warni Pelangi di Curug Cimahi

Hai sobat sukagitu, ketemu lagu sama sukagitu setelah beberapa hari gak posting ragara capek habis liburan ke Curug Cimahi, Jawa Barat. hahay

“Pelangi-pelangi alangkah indahmu, merah kuning hijau di langit yang biru”

Tahu kan lagu yang barusan diatas? Kalo kamu pernah nyanyiin lagu itu waktu masih kecil, berarti masa kecil kamu bahagia. Wkwk

Ngemeng-ngemeng soal pelangi, kali ini sukagitu akan membahas tentang pelangi di malam hari. Loh kok bisa? Bukannya pelangi itu adanya di siang atau sore hari setelah hujan yak? Hmm.. bingung kan? Makanya pelototin trus ni huruf ampe habis.

Pelangi di Rainbow Waterfall Curug Cimahi

Proses terjadinya pelangi yaitu karena pembiasan sinar matahari. Tapi, disini kamu akan menikmati pelangi di malam hari. Kok bisa? Kan gada sinar matahari (mikir keras).

Oke deh, sebelum kamu jatuh sakit karena terlalu mikir keras, sukagitu bakal jelasin. Jadi, pelangi disini yaitu aneka warna warni air terjun cimahi yang bisa kamu nikmati di malam hari.

Curug Cimahi

Suasana malam hari. Foto: infobdg.com

Warna warni seperti pelangi ini berasal dari lampu yang diletakan dibelakang air terjun tersebut dengan panjang lampu 70 meter. Sehingga ketika pukul 5 sore, kamu akan melihat pemandangan yang berbeda dari air terjun tersebut.

Air terjun dengan ketinggian 87 meter tersebut akan berubah menjadi warna merah, kuning, hijau, jingga, layaknya pelangi. Itu sebabnya Curug Cimahi kini diberi nama Rainbow Waterfall Curug Cimahi.

Sebenarnya, dulu tempat wisata ini bernama Curug Cimahi. Hanya saja Perhutani membuat inovasi baru, yaitu dengan dibuatnya Rainbow Waterfall Cimahi dengan tujuan agar meningkatkan para wisatawan untuk berkunjung ke curug kebanggaan warga CImahi ini.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Rainbow Waterfall Curug Cimahi

Curug atau air terjun biasanya menyuguhkan pemandangan alam serta jernih dan segarnya air tersebut. Lain dengan primadona wisata cimahi ini, disini kamu akan disuguhkan pesona yang luar biasa indahnya layaknya di air terjun Colorado Amerika.

Selain warna warni curug saat malam hari, di pagi hingga sore hari kamu bisa menikmati panorama alam yang asri, dengan sejuknya udara khas pegunungan.

curug cimahi

Foto: amazingwestjava

Kamu juga bisa melihat pemandangan dari atas lho, benar-benar menakjubkan. Terlihat kelak kelok anak tangga dengan rimbunnya pepohonan disekelilingnya.

Tak hanya menyugugkan eloknya Curug Cimahi di malam hari, sepanjang perjalanan menuju curug, kamu akan disuguhkan keindahan flora dan fauna. Seperti binatang monyet yang dijumpai di kawasan curug ini.

monyet curug cimahi

Foto: makhluklemah.wordpress.com

Dirainbow waterfall ini terdapat dua buah tempat seperti balkon yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar dari ketinggian.

Dirainbow waterfall juga disediakan beberapa kursi dan meja yang dapat digunakan untuk set foto. Menikmati cemilan ringan atau santai sambil ngopi-ngopi asik.

Fasilitas Rainbow Waterfall Curug Cimahi

1. Anak Tangga

Sepanjang menuju curug, kamu akan melewati ratusan anak tangga (hehe lebay). Tapi, jangan khawatir. Jika wisata curug lain hanya mengandalkan bebatuan alam berundak sebagai anak tangga, disini pihak pengelola memberi fasilitas tangga yang aman dan nyaman, terdapat pegangannya juga.

curug cimahi jawa barat

Foto: nativeindonesia.com

2. Toilet dan Mushala

Kebelet saat berwisata di alam bebas? Bukan berarti kamu bebas pipis dimana saja yak. Disini terdapat toilet yang cukup nyaman. Jika waktu ibadah tiba, kamu juga bisa beribadah di mushala yang telah disediakan.

3. Tempat Makan

Capek, energi terkuras gara-gara melewati anak tangga yang begitu banyak? Tenang, disini banyak pedagang makanan kok, yang siap isi perut serta energi kamu.

Lokasi dan Alamat Curug Cimahi

Rainbow Waterfall Curug Cimahi. Jl. Kolonel Masturi No. 325, Kertawangi, Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Lihat di Google Maps.

Rute Menuju Rainbow Waterfall Cimahi

Kendaraan pribadi bisa melalui beberapa jalur berikut:

  • Dari Bandung: Jl. Setiabudhi – Ledeng – Jl. Sersan Badjuri – Jl. Kolonel Masturi – Parongpong – Curug Cimahi
  • Dari Lembang: Dari pertigaan beatrix masuk menuju Jl. Kolonel Masturi – Parongpong – Curug Cimahi
  • Dari Cimahi: Masuk ke Jl. Kolonel masturi arah yang ke Lembang, di pertigaan dusun bambu, belok kanan dan sampai di lokasi Curug Cimahi.

Untuk pengguna angkutan umum:

  • Dari Bandung: Naik Angkot jurusan terminal Ledeng – Dari terminal Ledeng naek angkot jurusan Parompong – dari Terminal Parompong naik Angkot jurusan Cisarua – berhenti di Gerbang Air Terjun Pelangi.
  • Dari Cimahi: Naik Angkot jurusan Pasar Atas turun di simpang Citeureup – Dari Citeurep naik angkot jurusan Cisarua.

Tiket Masuk Curug Cimahi

  • Tiket masuk Rp. 12.000/orang sebelum pukul 17.00
  • Tiket masuk Rp. 15.000/orang dari pukul 17.00 s.d 21.00

Video review: Net News.

Warna Warni Pelangi di Curug Cimahi
Kasih bintang berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *