bukit panguk kediwung bantul daerah istimewa yogyakarta

Bukit Panguk Dlingo: Negeri Diatas Awan – Kediwung Bantul Jogjakarta

Jogja memang nggak ada habisnya jika berbicara tempat wisata. Buat kamu pecinta wisata alam, ada tempat wisata di Jogja yang mesti kamu cobain. Apa itu? Bukit Panguk.

Salah satu objek wisata alam di Mangunan ini lagi hits dikalangan masyarakat Jogja. Letaknya yang berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan sehingga mudah di jangkau dengan sedikit perjuangan.

Tempatnya yang instagramable memang mudah viral di sosial media. Menjadikan tempat wisata baru di Jogja ini ramai pengunjung. Seperti apa sih tempatnya, cek cek.

Aktifitas Seru di Bukit Panguk

Destinasi baru di Dlingo ini baru diresmikan pada bulan Mei 2016. Selain selfi-selfi doang, bayak loh kegiatan seru lainya. Siapkan stamina dan semangatmu disini.

1. Santai menikmati semilir angin

Ada beberapa spot menarik untuk aktifitas ini. Pengelola menyediakan gazebo, gardu pndang dan bangku yang menghadap pemandangan indah. Awas jangan ketiduran dimari.

Buat yang jomblo jangan maksain kesini sendirian ya. hihi

2. Foto ala selebgram

Walaupun disemua tempat wisata ada spot beginian, tapi masing-masing pasti punya ciri berbeda. Foto dari atas menara pandang dengan background perbukitan, bikin fotomu jadi ala adventurer gitu. Dan yang penting jangan alay!

Menara pandang hanya mampu menopang hingga 10 orang, Jangan maksain dan tetap jaga keselamatan diri masing-masing.

bukit panguk dlingo

3. Kulineran

Laperr? ada warung kok. Disini tersedia beberapa kuliner khas Kediwug. Beli disini ya guys, kita bantu perekonomian warga sekitar juga.

Walaupun warung-warung disini dibangun dari kayu dan bmbu, tempatnya terawat dan oke banget. Justru jadi lebih nge-bumi gitu, enggak merusak alam dengan bangunan permanen. Ntap!!

4. Berburu sunrise

Kabarnya sih, pemandangan surise ini merupakan sajian utama yang diburu pengunjung. Menikmati matahari yang nampak malu-malu muncul dari balik perbukitan memang sangat indah disini.

Biasanya saat sunrise pengunjung sangat ramai, terutama di weekend dan musim liburan. Jika cuaca cerah, kamu isa menikmati pemandangan sunrise yang sempurna.

5. Prewedding

Kebayang enggak sih, prewedding unik diatas Bukit Panguk dengan background lembah yang dipenuhi kabut pagi dengan langit sunrise yang keemas-emasan. Boom banget deh, ala-ala kerajaan matahari gitu. hihi

Dengan arahan fotografer handal, pasti tambah dramatis deh hasilnya. Sebelum prewedding tentu harus cari pasangan terlebih dahulu.

6. Lokasi nge-Vlog

Kamu youtuber? atau suka iseng bikin vlog ngaco ala kamu? Coba deh shoting disini, Sekalian promosikan tempat wisata ini biar makin rame.

Indahnya Bukit Panguk dengan perpaduan pemandangan langit, bukit dan sungai wajib ada dalam vlogmu.

rute bukit panguk bukit panguk kediwung dlingo bantul

Fasilitas di Bukit Panguk

Selain menara pandang dan beberapa spot foto yang oke di Bukit Panguk ini tempatnya bersih, warung-warungnya juga.

Tersedia toilet, mushola yang nyaman dan tempat parkir yang sangat lumayan. Gazebo dan bangku-bangkunya pun sangat layak untuk diduduki.

Destinasi wisata alam Jogja lainya:
[Ulasan Lengkap] 10 Wisata Alam Jogja yang Wajib di Kunjungani di 2017

Lokasi Bukit Panguk

Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Indonesia. Google Maps.

Sekitar 25km dari pusat kota Jogja atau 30km dari Bandara Adi Sucipto. Buka 24jam dan 7hari setiap minggunya.

bukit panguk

Tiket masuk Bukit Panguk

Satu lagi yang asik, disini tidak ada tiket masuk. Hanya bayar parkir dengan biaya murah. Selain itu kamu bisa mendonasikan secuil rezeki untuk pengembangan tempat tersebut.

  • Rp. 2000 untuk motor
  • Rp. 5000 untuk mobil
  • Makanan tidak jauh dari Rp. 5000 sampai Rb. 25.000

Rute menuju Bukit Panguk

Rute menuju Bukit Panguk Kediwung terbilang cukup mudah. Dari pusat Kota Jogja dan sekitarnya kamu bisa mengikuti arah ke Kebun Buah Mangunan. Ambil arah ke terminal Giwangan, lurus terus ke arah selatan hingga ke Imogiri.

Sebelum arah Makam raja-raja Imogiri ambil kanan, disitu sudah ada petunjuk menuju ke Kebun Buah Mangunan, ikuti saja petunjuk tersebut.

Jika sudah tiba di kawasan Kebun Buah Mangunan, akan ada petunjuk jalan menuju Bukit Panguk Kediwung Dlingo, dari situ masih sekitar 2 km lagi.

Akses jalan belum dibangun. Jalan menuju Bukit Panguk Kediwung meliuk memaksa pengendara berhati-hari. Turunan dan tanjakan curam menyambut kamu setelah melewati Imogiri.

Meskipun begitu, semua pengorbanan akan terbayar dengan keindahan tempat wisata ini.

Waktu terbaik wisata di Bukit Panguk

Untuk waktu terbaik sebenarnya relatif sih. Tapi jika pengunjung ingin memburu sunrise biasanya datang jam 4-5 pagi. Ingat jangan sampai kesiangan.

Di sore haripun tak kalah indah. Namun matahari akan berada di depan perbukiatan. Untuk foto yang bagus baiknya dipagi hari saat matahari sudah mulai naik keatas bukit.

destinasi wisata jogja

Foto by: Ihsan Photography

Tips keren saat mengunjungi Bukit Panguk

Buat yang pertama kali mengujungi Bukit Panguk Dlingo, tips keren ini akan sangat bermanfaat gais. Simak ya:

  1. Disarankan datang dipagi hari sebelum sunrise jam 4-5 pagi. Karena menurut pengelola, jam 4 pun pegunjung sudah mulai ramai rebutan spot foto 😀
  2. Jika ingin menyendiri, jangan datang di weekend apalagi musim liburan. Karena pasti rame dan bikin si introvert gak nyaman.
  3. Gunakan pakaian yang lebih tebal. Di beberapa momen, lokasi Bukit Panguk dingin loh. Anginnya nggebes.
  4. Katanya sih, disarankan pakai baju yang agak cerah biar kontras sama background saat foto
  5. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Periksa ban, rantai, bensin dan lain-lain agar sampai tujuan tanpa gangguan.
  6. Jangan membuang sampah apapun yak!!! Jaga kebersihan dan kenyamanan!!!
  7. Bawa air minum dari rumah deh, disini agak mahal 😀 Tapi tetap beli makanan dari warung ya


Video liputan Official NET News on Youtube.

Bukit Panguk Dlingo: Negeri Diatas Awan – Kediwung Bantul Jogjakarta
4.3 (85%) 4 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *