Achmad Zaky dan 3 Hal yang Menginspirasi Generasi Muda Dunia

Achmad Zaky adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang bergerak di bidang teknologi internet. Ia merupakan founder sekaligus CEO dari Bukalapak.com, sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yang berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil Menengah.

Karier Zaky berawal dari keaktifannya di dunia teknologi dan entrepreneurship selama bersetatus sebagai mahasiswa. Bermula dari mendapatkan tawaran mengerjakan software quickcount pemilu dengan nilai 1,5 juta untuk sebuah stasiun televisi nasional, ia memberanikan diri mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia.

Bermodal pengalaman membangun sistem IT pada banyak perusahaan besar, Zaky lantas terpikir untuk membuat sesuatu yang lebih besar manfaatnya bagi banyak orang. Dari sinilah, Bukalapak.com mulai dirintis pada tahun 2010.

Pendidikan

Zaky mulai mengenal dunia teknologi sejak sekolah dasar. Pada tahun 1997, salah satu paman Zaky membelikan sebuah komputer dan buku-buku yang berhubungan dengan pemrograman. Ia tumbuh bersama komputer dan buku-buku tersebut.

Ketika mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Solo, dia mendapat kesempatan untuk mewakili sekolahnya di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer dan menang hingga tingkat nasional.

Pada tahun 2004, Zaky melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung. Di bidang akademis, Zaky sempat mendapat IPK 4.00 di semester pertama.

Selain kegiatan akademis, Zaky tercatat pernah mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di ITB. Ia menjadi salah satu penggagas lahirnya cabang ShARE Global Student Think-Tank di ITB. Zaky juga mendirikan Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Ia pun aktif di Amateur Radio Club (ARC) ITB.

Selama berkuliah, Zaky sering menjuarai beberapa kompetisi tingkat nasional, Salah satunya adalah juara II pada Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Ia membuat perangkat lunak yang disebut MobiSurveyor. Perangkat ini berguna untuk melakukan perhitungan cepat dalam sebuah survei. Zaky juga mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Zaky sempat meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat selama dua bulan pada tahun 2008. Selain itu, ia juga pernah mewakili ITB dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

Gelar Kehormatan: Satya Lencana Wira Karya

Satyalancana Wira Karya, adalah sebuah tanda penghargaan yang dikeluarkan dan diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah sangat berjasa dan berbakti kepada bangsa dan negara. Penghargaan dapat diberikan secara anumerta.

Perusahaan

1. Bukalapak, Founder dan CEO

Bukalapak merupakan salah satu pasar daring terkemuka di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual – beli daring dengan model bisnis customer-to-customer, Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun.

2. Suitmedia, CEO

Suitmedia adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang konsultan teknologi dan pemasaran digital terpadu. Kegiatan usaha Suitmedia meliputi strategi digital, desain dan pengembangan situs, pengembangan aplikasi seluler, pemasaran media sosial, serta periklanan digital.

Suitmedia berkantor pusat di Jakarta dan memiliki cabang di Bandung, serta memiliki lebih dari 50 pekerja kreatif di antaranya seperti designer, web developer dan mobile developer. Suitmedia juga aktif melakukan penelitian dan pengembangan, serta telah menghasilkan beberapa perusahaan Internet baru.

3. Deft Technology, Founder

Menyediakan layanan konsultasi untuk perusahaan besar di seluruh dunia. Berfokus utama Deft pada pusat data komputasi, penyimpanan, jaringan, keamanan, XaaS, VMware, OpenStack dan solusi SDN seperti Cisco ACI, VMware NSX serta membantu perusahaan mengembangkan lingkungan DevOps.

Deft telah memberikan panduan arsitektur dan desain bersama dengan implementasi dan dukungan untuk banyak perusahaan menengah dan besar, termasuk yang ada di daftar Fortune 100.

Hal Besar yang dapat kita pelajari

Sebagai tokoh teknologi dan interprenership, tentunya Achmad Zaky memiliki banyak hag dapat menginspirasi generasi muda yang sedang membangun potensi diri.

1. Think Tank

Berawal dari kamar kos, Bukalapak membawa misi besar untuk membantu UMKM dari seluruh penjuru Indonesia menjangkau pelanggan secara nasional.

2. Memiliki kemampuan yang spesifik dan pengetahuan yang luas

Sebagai ahli teknologi perdagangan elektronik, tidak cukup membuat seorang Achmad Zaky memiliki kemampuan membangun perusahaan yang besar tanpa pengataguan yang luas. Bgitupun dikehidupan kita, 2 hal ini sangat urgent untuk kita miliki dalam kehidupan.

3. Small Sharing, Big Learning

Banyak CEO yang lebih hebat dari Achamd Zaky, namun CEO yang menyempatkan waktu untuk berbagi hal-hal simpel melalui Instagram dapat dihitung dengan jari, khususnya di Indonesia.

4. Peduli potensi generasi muda

Kultur employee development yang tidak main-main pada Bukalapak dan Suitmedia sangat terasa. 2 perusahaan yang didirikan Achamd Zaky ini sangat mengutamakan pengembangan karyawan dari pada mengembangkan aset fisik.

Dibuktikan dari banyaknya kursus internasional gratis bagi karyawan yang memiliki potensi. Selain itu Bukalapak kerap mengadakan even besar yang sangat bermanfaat bagi kemajuan SDM di Indonesia seperti Bukalapak Programming Contest, #Bukapotensi dan masih banyak lagi.

Achmad Zaky dan 3 Hal yang Menginspirasi Generasi Muda Dunia
Kasih bintang berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *